Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:13 WIB | Minggu, 10 Desember 2023

Peristiwa Penting Selama 24 Tahun Putin Berkuasa di Rusia

Peristiwa Penting Selama 24 Tahun Putin Berkuasa di Rusia
Patriark Ortodoks Rusia, Alexi II, kanan, menyapa Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat mantan Presiden Boris Yeltsin melihatnya, di Kremlin Moskow pada 7 Mei 2000. (Foto: dok. Sputnik, Kremlin/pool via AP)
Peristiwa Penting Selama 24 Tahun Putin Berkuasa di Rusia
Polisi menyelidiki jenazah Boris Nemtsov, seorang pemimpin oposisi dan mantan wakil perdana menteri, dengan latar belakang Katedral St. Basil dan Lapangan Merah di Moskow, Rusia pada 28 Februari 2015. Nemtsov, seorang tokoh penting dalam politik Rusia, ditembak mati di sebuah jembatan di sebelah Kremlin. Nemtsov sedang mengerjakan laporan tentang tentara Rusia di Ukraina timur. (Foto: dok. AP/Pavel Golovkin)
Peristiwa Penting Selama 24 Tahun Putin Berkuasa di Rusia
Natali Sevriukova bereaksi di samping rumahnya menyusul serangan roket di kota Kiev, Ukraina, pada 25 Februari 2022. Invasi ke Ukraina dimulai, yang menurut Putin sebagai “operasi militer khusus” yang diperlukan untuk melindungi keamanan Rusia. (Foto: dok. AP/Emilio Morenatti)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia akan mengadakan pemilihan presiden pada 17 Maret, dan tampaknya itu akan memberikan “jalan mulus” bagi Vladimir Putin untuk terus berkuasa sejak 1999, bahkan diperkirakan dia dapat berkuasa hingga tahun 2036, setelah dia mengubah konstitusi Rusia.

Putin sedniri sudah menyatakan akan maju dalam pemilihan itu, dan tampknya tidak ada kandidat lain yang bisa mengimbanginya, terutama setelah sejumlah tokok oposisi dibungkam dengan cara dipenjarakan. Berikuti ini tanggal dan peristiwa peting selama kekuasaan Putin di Rusia dalam 24 tahun:

31 Desember 1999: Dalam pidatonya yang mengejutkan, Presiden Boris Yeltsin mengumumkan pengunduran dirinya dan menjadikan Vladimir Putin, perdana menteri yang ditunjuknya empat bulan sebelumnya, sebagai penjabat presiden.

7 Mei 2000: Setelah memenangkan pemilu dengan sekitar 53% suara, Putin dilantik untuk masa jabatan empat tahun pertamanya.

11 Mei 2000: Polisi pajak menggerebek kantor NTV, sebuah lembaga penyiaran independen populer yang terkenal karena liputan kritisnya terhadap Kremlin. Ini adalah serangan pertama terhadap media independen terkemuka yang menjadi ciri era Putin.

12 Agustus 2000: Kapal selam Kursk tenggelam di Laut Barents dengan 118 orang di dalamnya, memicu kritik luas pertama terhadap Putin, yang tetap berlibur pada awal krisis dan menunggu lima hari sebelum menerima tawaran bantuan dari Barat.

23 Oktober 2002: Militan dari wilayah Chechnya di Rusia menyandera sekitar 850 orang di sebuah teater Moskow. Tiga hari kemudian, pasukan khusus Rusia memompa gas tak dikenal ke dalam teater untuk mengakhiri krisis, menewaskan sedikitnya 130 sandera bersama dengan para militan. Putin membela operasi tersebut karena telah menyelamatkan ratusan nyawa.

25 Oktober 2003: Taipan minyak Mikhail Khodorkovsky, yang merupakan orang terkaya di Rusia dan dipandang sebagai calon penantang Putin, ditangkap dan kemudian dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena penggelapan pajak dan penipuan. Perusahaan minyaknya dibongkar, sebagian besar diakuisisi oleh perusahaan minyak negara Rosneft. Sejak itu ia menjadi tokoh oposisi di pengasingan.

14 Maret 2004:  Putin terpilih untuk masa jabatan presiden kedua.

1 September 2004 : Militan Islam merebut sebuah sekolah di selatan kota Beslan, dan lebih dari 300 orang tewas dalam ledakan kacau dan baku tembak yang mengakhiri pengepungan dua hari kemudian. Putin menyalahkan ketidakmampuan para pemimpin daerah dan mengumumkan bahwa gubernur akan ditunjuk secara figuratif, bukan dipilih.

25 April 2005: Putin mengejutkan para pengamat internasional dengan menggambarkan runtuhnya Uni Soviet sebagai “bencana geopolitik terbesar abad ini.”

10 Februari 2007: Dalam pidatonya di sebuah konferensi di Munich, Putin secara radikal menolak upaya-upaya sebelumnya untuk mengembangkan hubungan yang lebih erat dengan Amerika Serikat.

8 Mei 2008: Dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga berturut-turut, Putin ditunjuk sebagai perdana menteri oleh Presiden baru, Dmitry Medvedev, namun secara efektif tetap menjadi pemimpin politik Rusia.

8-12 Agustus 2008: Rusia berperang singkat dengan Georgia, memperoleh kendali penuh atas wilayah separatis Abkhazia dan Ossetia Selatan.

4 Maret 2012: Putin terpilih untuk masa jabatan presiden baru, yang kini berlangsung selama enam tahun berdasarkan perubahan konstitusi yang ia rekayasa. Protes yang dilakukan oleh puluhan ribu orang sebelum pemungutan suara dan pada malam pelantikannya menyebabkan undang-undang memperketat hukuman bagi protes politik yang tidak sah.

6 Juni 2013:  Putin mengumumkan di televisi pemerintah bahwa dia dan istrinya, Lyudmila, akan bercerai.

7 Februari 2014:  Putin membuka Olimpiade Musim Dingin di Sochi, sebuah proyek prestise yang mahal dan ia berperan penting dalam kemenangannya bagi Rusia.

18 Maret 2014: Menyusul penggulingan presiden Ukraina yang bersahabat dengan Rusia di tengah protes di Kiev, Moskow mencaplok Krimea setelah Kremlin mengirimkan pasukan tanpa lambang. Referendum cepat diadakan untuk memisahkan semenanjung dari Ukraina. Putin mengakui setahun kemudian bahwa dia merencanakan aneksasi beberapa pekansebelumnya.

April 2014: Pertempuran antara pasukan Ukraina dan pemberontak separatis yang didukung Rusia dimulai di Ukraina timur.

27 Februari 2015: Boris Nemtsov, tokoh penting oposisi politik Rusia, ditembak mati di sebuah jembatan di sebelah Kremlin. Nemtsov sedang mengerjakan laporan tentang tentara Rusia di Ukraina timur.

30 September 2015: Rusia memulai serangan udara di Suriah, yang menurut Putin diperlukan untuk menghancurkan kelompok teroris. Tindakan ini membantu Presiden Suriah Bashar Al Assad, sekutu lamanya, untuk tetap berkuasa.

15 Mei 2018: Putin membuka jembatan sepanjang 18 kilometer (12 mil) dari Rusia ke Krimea, memperkuat aneksasi Moskow. Jembatan tersebut kemudian menjadi sasaran serangan saat perang dengan Ukraina.

16 Juli 2018: Putin dan Presiden Donald Trump bertemu di pertemuan puncak di Helsinki, di mana Trump ditanya tentang tuduhan bahwa Rusia telah ikut campur dalam pemilu tahun 2016 yang membawanya ke tampuk kekuasaan. Dia menolak klaim tersebut dan mengatakan Putin “sangat kuat dan tegas dalam penyangkalannya.”

1 Juli 2020:  Referendum menyetujui perubahan konstitusi yang diusulkan Putin, yang memungkinkannya mencalonkan diri untuk dua periode lagi mulai tahun 2024.

20 Agustus 2020: Pemimpin oposisi Alexei Navalny jatuh sakit parah saat mengorganisir oposisi politik terhadap Putin di Siberia dan kemudian diterbangkan ke Jerman, di mana ia didiagnosis menderita keracunan zat saraf. Navalny menyalahkan Kremlin, namun membantahnya.

22 Desember 2020: Putin menandatangani rancangan undang-undang yang memberikan kekebalan seumur hidup bagi mantan presiden.

17 Januari 2021: Navalny ditangkap di bandara Moskow setelah kembali dari Jerman. Dia kemudian divonis bersalah atas beberapa dakwaan dan dijatuhi hukuman 19 tahun i n penjara.

Juli 2021:  Putin menerbitkan artikel yang menyatakan “persatuan historis” Rusia dan Ukraina, sebuah cikal bakal invasi Moskow.

24 Februari 2022: Invasi ke Ukraina dimulai, yang menurut Putin sebagai “operasi militer khusus” yang diperlukan untuk keamanan Rusia.

4 Maret 2022: Putin menandatangani undang-undang yang menuntut hukuman hingga 15 tahun penjara karena menyebarkan informasi palsu atau memfitnah tentang militer.

30 September 2023: Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan dakwaan kejahatan perang terhadap Putin, menuduhnya melakukan deportasi dan pengangkutan anak-anak dari zona perang Ukraina ke Rusia secara tidak sah.

23 Juni 2023: Pemimpin tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang menuduh para pejabat menolak amunisi dan dukungan kepada para pejuangnya di Ukraina, melancarkan pemberontakan di mana pasukannya mengambil kendali markas militer Rusia di selatan dan menuju ke Moskow. Pemberontakan berakhir keesokan harinya, namun melemahkan citra kekuasaan Putin. Prigozhin terbunuh tepat dua bulan setelah pemberontakan dalam kecelakaan pesawat misterius. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home