Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:55 WIB | Sabtu, 18 November 2023

Putin Cari Keuntungan Politik dan Ekonomi dari Perang Israel dengan Hamas

Warga Palestina memegang foto Presiden Rusia, Vladimir Putin, saat protes mendukung rakyat Gaza, saat konflik antara Israel dan Hamas berlanjut, di Hebron di Tepi Barat yang diduduki Israel, pada 20 Oktober 2023. (Foto: dok. Reuters/Yosri Aljamal)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, menunggu tiga hari sebelum mengomentari pembantaian warga Israel oleh Hamas, yang kebetulan terjadi pada ulang tahunnya yang ke-71 pada 7 Oktober. Ketika dia melakukannya, dia justru menyalahkan Amerika Serikat, bukan Hamas.

“Saya pikir banyak orang akan setuju dengan saya bahwa ini adalah contoh nyata dari kegagalan kebijakan Amerika Serikat di Timur Tengah, yang mencoba memonopoli proses penyelesaian,” kata Putin kepada perdana menteri Irak.

Enam hari kemudian, Putin berbicara dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk menyampaikan belasungkawa atas pembantaian sekitar 1.200 warga Israel (sebelumnya disebutkan 1.400). Sepuluh hari setelah itu, Rusia mengatakan delegasi Hamas berada di Moskow untuk melakukan pembicaraan.

Putin, kata pakar kebijakan Rusia dan Barat, sedang mencoba menggunakan perang Israel melawan Hamas sebagai peluang untuk meningkatkan apa yang ia anggap sebagai pertempuran eksistensial dengan Barat demi terciptanya tatanan dunia baru yang akan mengakhiri dominasi AS dan mendukung sistem multilateral, yang  diyakini sudah mulai terbentuk.

“Rusia memahami bahwa AS dan Uni Eropa telah sepenuhnya mendukung Israel, namun AS dan UE kini merupakan perwujudan kejahatan dan sama sekali tidak bisa benar,” tulis Sergei Markov, mantan penasihat Kremlin, dalam blognya, menjelaskan pernyataan Putin yang perlu membedakan dirinya.

“Oleh karena itu, Rusia tidak akan satu kubu dengan AS dan UE. Sekutu utama Israel adalah Amerika Serikat, musuh utama Rusia saat ini. Dan sekutu Hamas adalah Iran, sekutu Rusia.”

Moskow mempunyai hubungan yang semakin erat dengan Teheran, yang mendukung Hamas dan Washington menuduh memasok drone ke Rusia untuk perang di Ukraina, yang sedang berperang melawan Rusia.

Hanna Notte, pakar kebijakan luar negeri Rusia yang berbasis di Berlin, mengatakan kepada Carnegie Russia Eurasia Center bahwa dia mengira Moskow telah melepaskan posisinya yang lebih awal dan lebih seimbang di Timur Tengah dan mengadopsi “posisi pro Palestina yang cukup terang-terangan”.

“Dalam melakukan semua ini, Rusia memahami betul bahwa mereka menyelaraskan diri dengan konstituen di Timur Tengah dan bahkan lebih jauh lagi, di negara-negara Selatan, dalam pandangan mereka mengenai masalah Palestina di mana perjuangan Palestina terus bergema,” katanya.

Justru konstituen itulah yang ingin dimenangkan oleh Putin dalam upayanya menciptakan tatanan dunia baru yang akan melemahkan pengaruh AS.

“Cara paling penting bagi Rusia untuk mengambil manfaat dari krisis di Gaza ini adalah dengan memenangkan opini publik global,” kata Notte.

Standar Ganda

Politisi Rusia dengan tegas membandingkan apa yang mereka sebut sebagai wewenang penuh (carte blanche) yang diberikan Washington kepada Israel untuk membom Gaza dengan tanggapan hukuman Washington terhadap perang yang dilakukan Rusia di Ukraina, di mana Rusia mengatakan bahwa pihaknya tidak dengan sengaja menargetkan warga sipil meskipun ribuan warga sipil telah terbunuh.

Senator Alexei Pushkov mengatakan bahwa negara-negara Barat telah jatuh ke dalam perangkap yang mereka buat sendiri dengan memperlihatkan standar ganda mereka sendiri mengenai cara negara-negara tersebut memperlakukan negara-negara lain berdasarkan preferensi politik mereka yang hanya mementingkan kepentingan pribadi mereka.

“Dukungan tegas Amerika Serikat dan Barat terhadap tindakan Israel telah memberikan pukulan telak terhadap kebijakan luar negeri Barat di mata dunia Arab dan seluruh negara-negara Selatan,” tulis Pushkov di Telegram.

Rusia juga melihat krisis ini sebagai peluang bagi Moskow untuk mencoba mengembangkan pengaruhnya di Timur Tengah dengan menjadikan dirinya sebagai potensi pembawa perdamaian yang memiliki hubungan dengan semua pihak, kata mantan penasihat Kremlin, Markov.

Moskow telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri regional dan Putin mengatakan bahwa Rusia siap membantu.

“Kami memiliki hubungan yang sangat stabil dan bersifat bisnis dengan Israel, kami telah menjalin hubungan persahabatan dengan Palestina selama beberapa dekade, teman-teman kami mengetahui hal ini. Dan Rusia, menurut pendapat saya, juga dapat memberikan kontribusinya sendiri, kontribusinya sendiri terhadap proses penyelesaian,” Putin mengatakan kepada saluran TV Arab pada bulan Oktober.

Ada juga potensi manfaat ekonomi, kata Markov, dan bonus tambahan berupa penarikan sumber daya keuangan dan militer Barat dari Ukraina.

“Rusia mendapat keuntungan dari kenaikan harga minyak akibat perang ini,” kata Markov. “(Dan) Rusia mendapat keuntungan dari konflik apa pun yang harus dikerahkan oleh AS dan UE karena mereka mengurangi sumber daya untuk rezim anti Rusia di Ukraina.”

Alex Gabuev, direktur Carnegie Russia Eurasia Center, mengatakan dia yakin Moskow telah mengubah kebijakan Timur Tengahnya karena perang di Ukraina.

“Penjelasan saya adalah karena perang menjadi prinsip pengorganisasian kebijakan luar negeri Rusia dan (karena) hubungan dengan Iran, yang membawa perlengkapan militer ke meja perundingan. Upaya perang Rusia lebih penting daripada, misalnya, hubungan dengan Iran, dan Israel."

Dasi Yang Makin Jelek

Hubungan Rusia dengan Israel, yang biasanya erat dan pragmatis, kini menjadi buruk.

Penerimaan delegasi Hamas oleh Moskow kurang dari dua pekan setelah pembantaian 7 Oktober membuat marah Israel, mendorong negara tersebut memanggil duta besar Rusia, Anatoly Viktorov, karena mengirimkan "pesan yang melegitimasi terorisme".

Ketidakpuasannya saling menguntungkan; Alexander Ben Zvi, duta besar Israel, telah dipanggil untuk melakukan pembicaraan dengan Kementerian Luar Negeri Rusia setidaknya dua kali dan utusan kedua negara di PBB saling melontarkan kata-kata kasar setelah perwakilan Moskow mempertanyakan ruang lingkup hak Israel untuk membela diri.

Mikhail Bogdanov, salah satu wakil menteri luar negeri Rusia, mengatakan bahwa Yerusalem telah berhenti memperingatkan Moskow terlebih dahulu mengenai serangan udara terhadap sekutu Rusia, Suriah.

Ketika seorang menteri muda Israel yang sudah diberhentikan dari jabatannya tampak menyatakan keterbukaan terhadap gagasan Israel melakukan serangan nuklir di Gaza, Rusia mengatakan bahwa pernyataan tersebut menimbulkan “sejumlah besar pertanyaan” dan mempertanyakan apakah pernyataan tersebut merupakan pengakuan resmi dari Israel bahwa mereka melakukan hal tersebut dan memiliki senjata nuklir.

Amir Weitmann, ketua kaukus libertarian di partai Likud pimpinan Netanyahu, mengatakan suatu hari Israel akan menghukum Moskow atas sikapnya.

“Kami akan menyelesaikan perang ini (dengan Hamas)… Setelah ini, Rusia akan menanggung akibatnya,” kata Weitmann dalam wawancara bulan Oktober yang penuh gejolak dengan lembaga penyiaran pemerintah Rusia, RT.

"Rusia mendukung musuh-musuh Israel. Setelah itu kami tidak akan melupakan apa yang Anda lakukan. Kami akan datang, kami akan memastikan Ukraina menang," katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home