Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:34 WIB | Senin, 14 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia, Presiden Ukraina: Ini Hari Yang Kelam

Perkembangan Invasi Rusia, Presiden Ukraina: Ini Hari Yang Kelam
Seorang perempuan terluka dibawa di atas tandu di sebuah rumah sakit lokal di Novoiavorisk, Ukraina barat, Minggu, 13 Maret 2022. Gelombang rudal Rusia menghantam pangkalan pelatihan militer dekat perbatasan barat Ukraina dengan anggota NATO, Polandia. (Foto: AP/Bernat Armangue)
Perkembangan Invasi Rusia, Presiden Ukraina: Ini Hari Yang Kelam
Seorang perempuan berjalan melewati gedung yang rusak akibat penembakan, di Kharkiv, Ukraina, Minggu, 13 Maret 2022. (Foto: AP/Andrew Marienko)

LVIV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan ini adalah “hari  yang kelam” setelah Rusia menembaki sebuah pangkalan militer di bagian barat negaranya.

Zelenskyy mengatakan dalam pidato malamnya pada hari Minggu (13/3) bahwa Rusia menembakkan 30 roket ke pangkalan militer Yavoriv. Dia mengatakan serangan itu menewaskan 35 orang dan melukai 134 lainnya.

Pangkalannya kurang dari 25 kilometer dari perbatasan Polandia.

Zelenskyy mengatakan dia telah memberi tahu para pemimpin Barat "peringatan yang jelas" tentang bahaya di pangkalan itu. Dia meminta para pemimpin NATO lagi untuk menetapkan zona larangan terbang di atas Ukraina. Dia memperingatkan "hanya masalah waktu" sebelum rudal Rusia jatuh di wilayah NATO.

Analis militer mengatakan Amerika Serikat, Inggris, dan sekutu Eropa mereka tidak mungkin memberlakukan zona larangan terbang karena mereka yakin hal itu dapat meningkatkan perang di Ukraina menjadi konfrontasi nuklir antara NATO dan Rusia.

 

Ukraina dan Rusia Akan Lanjutkan Negosiasi

LVIV, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia akan melanjutkan negosiasi dengan Rusia dan menunggu pertemuan dengan Vladimir Putin.

Zelenskyy telah berulang kali menyerukan pertemuan dengan Putin. Namun sejauh ini, permintaannya tidak dijawab oleh Kremlin. Zelenskyy mengatakan pada hari Minggu (13/3) dalam pidato malamnya kepada negara bahwa delegasinya memiliki "tugas yang jelas" untuk melakukan segalanya untuk memastikan pertemuan antara kedua presiden.

Zelenskyy mengatakan pembicaraan diadakan setiap hari antara kedua negara melalui konferensi video. Dia mengatakan pembicaraan diperlukan untuk membangun gencatan senjata dan lebih banyak koridor kemanusiaan.

Dia mengatakan koridor itu telah menyelamatkan lebih dari 130.000 orang dalam enam hari.

Konvoi kemanusiaan ke kota Mariupol yang terkepung diblokir pada hari Minggu oleh pasukan Rusia. Zelenskyy mengatakan mereka akan mencoba lagi hari Senin ini.

 

Palang Merah Internasional: Situasi Buruk di Mariupol

JENEWA, Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan "skenario terburuk" bagi ratusan ribu warga sipil di kota Mariupol, Ukraina yang terkepung kecuali para pihak setuju untuk memastikan keselamatan dan akses mereka ke bantuan kemanusiaan.

Kepala Komite Palang Merah Internasional, Peter Maurer, mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Minggu (13/3) bahwa penduduk Mariupol "telah mengalami mimpi buruk hidup dan mati selama berminggu-minggu."

Badan kemanusiaan yang berbasis di Jenewa mengatakan ratusan ribu orang di kota itu "menghadapi kekurangan kebutuhan dasar yang ekstrem atau total seperti makanan, air, dan obat-obatan."

“Mayat, warga sipil dan kombatan, tetap terperangkap di bawah puing-puing atau tergeletak di tempat terbuka di mana mereka jatuh,” tambah ICRC. “Cedera yang mengubah hidup dan kondisi kronis yang melemahkan tidak dapat diobati. Penderitaan manusia sangat besar.”

Palang Merah meminta para pihak untuk menyetujui persyaratan gencatan senjata, rute untuk perjalanan yang aman, dan untuk memastikan kesepakatan itu dihormati. Ini menawarkan untuk bertindak sebagai perantara netral dalam negosiasi.

 

596 Warga Sipil Ukraina Tewas oleh Invasi Rusia

JENEWA, Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan sedikitnya 596 warga sipil telah tewas di Ukraina sejak awal perang, dan sedikitnya 1.067 terluka.

Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan hari Minggu bahwa 43 dari mereka yang tewas adalah anak-anak, sementara 57 terluka.

Kantor yang berbasis di Jenewa telah mendokumentasikan 579 kematian warga sipil dan 1.002 terluka sehari sebelumnya.

Dikatakan sebagian besar korban sipil yang tercatat disebabkan "oleh penggunaan senjata peledak dengan area dampak yang luas," seperti penembakan dari artileri berat dan serangan rudal.

Para pejabat PBB mengatakan mereka yakin jumlah korban sebenarnya “jauh lebih tinggi” daripada yang tercatat sejauh ini karena penerimaan informasi telah tertunda dan banyak laporan masih perlu dikuatkan.

 

Warga Serbia Ujuk Rasa Pro Rusia

BELGRADE, Puluhan mobil melewati ibu kota Serbia, Beograd pada hari Minggu (13/3) untuk mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Para penghuninya mengibarkan bendera Rusia dan Serbia, membunyikan klakson dan meneriakkan slogan-slogan pro Putin. Beberapa mobil memiliki huruf Z yang dicat di atasnya, simbol dukungan untuk presiden Rusia.

Aksi unjuk rasa tersebut diorganisir oleh sebuah kelompok kecil sayap kanan.

Serbia telah menolak untuk bergabung dengan sanksi internasional terhadap sekutunya Rusia meskipun secara resmi mencari keanggotaan UE dan memberikan suara mendukung resolusi PBB yang mengutuk agresi Moskow.

Media dominan Serbia yang dikendalikan negara setiap hari membawa propaganda perang Moskow, menciptakan suasana pro Putin yang kuat di antara kelompok ultranasionalis dan sayap kanan Serbia.

 

Warga Rusia di Siprus Protes Invasi ke Ukraina

LIMASSOL, Puluhan warga negara Rusia bergabung dengan warga Ukraina di kota resor pesisir Limassol, rumah bagi komunitas ekspatriat Rusia yang cukup besar, untuk memprotes perang di Ukraina.

Sekitar 50 orang Rusia berkumpul di kawasan pejalan kaki Limassol sebelum bergabung dengan pengunjuk rasa lainnya pada Minggu (13/3) untuk meneriakkan slogan-slogan termasuk “Hentikan perang, hentikan Putin” dan “Rusia tanpa Putin.”

Mereka mengibarkan bendera biru putih yang mereka sebut sebagai bendera nasional Rusia tanpa garis merah yang melambangkan “darah dan kekerasan”.

Pengunjuk rasa Evgeniya Shlykova, yang telah tinggal dan bekerja di Siprus selama lima tahun, mengatakan kepada The Associated Press bahwa meskipun ada propaganda Rusia, Ukraina “tidak pantas menerima tindakan ini dari pemerintah kami” dan bahwa para pengunjuk rasa menuntut segera diakhirinya perang, “(invasi) itu kami tidak mendukung.”

“Saya percaya bahwa orang yang paling membuat Rusia lemah dan tidak bersatu adalah Putin sendiri,” kata Shlykova, yang menyalahkan presiden Rusia dan para pendukungnya karena membawa kemarahan dunia pada Rusia yang bangga dengan nilai-nilai dan budaya humanistiknya.

“Tapi sekarang Rusia adalah agresor bagi seluruh dunia, dan kami memprotesnya,” kata Shlykova. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home