Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:42 WIB | Sabtu, 08 April 2023

Pertempuran Tentara dan Pemberotak, 5.000 Warga Myanmar Melarikan Diri ke Thailand

Warga dari Myanmar timur terlihat setelah melarikan diri ke Provinsi Tak Thailand dari distrik Myawaddy Myanmar, Kamis, 6 April 2023. Lebih dari 5.000 orang telah melarikan diri dari Myanmar timur ke Thailand dalam beberapa hari terakhir saat pertempuran antara tentara Myanmar dan sekutunya melawan kelompok perlawanan bersenjata telah meningkat di daerah perbatasan, kata media dan pejabat Thailand, hari Kamis. (Foto: AP/Chiravuth Rungjamratratsami)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 5.000 orang melarikan diri dari Myanmar timur ke Thailand dalam beberapa hari terakhir karena terjadi pertempuran antara tentara Myanmar dan kelompok perlawanan bersenjata yang meningkat di daerah perbatasan, kata media dan pejabat Thailand, hari Kamis (6/4).

Setidaknya 5.428 warga sipil, termasuk lebih dari 800 anak-anak, melintasi perbatasan pada hari Rabu malam dari distrik Myawaddy Myanmar untuk mencari perlindungan di Provinsi Tak, Thailand, lapor penyiar publik Thai PBS, mengutip seorang pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya.

Dikatakan mereka melarikan diri sebagai pemberontak etnis dari minoritas Karen, bersekutu dengan gerilyawan Pasukan Pertahanan Rakyat pro demokrasi, menyerang dua pos terdepan pemerintah Myanmar di dekat perbatasan. Prajurit reguler tentara dibantu oleh anggota Pasukan Penjaga Perbatasan, yang terdiri dari milisi kelompok etnis minoritas yang bersekutu dengan pemerintah militer.

Etnis minoritas Myanmar telah memperjuangkan otonomi yang lebih besar selama beberapa dekade, tetapi konflik bersenjata di negara tersebut meningkat tajam setelah tentara Myanmar menggulingkan pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada Februari 2021, sebagai kekuatan pro demokrasi yang bergandengan tangan dengan beberapa kelompok etnis minoritas bersenjata.

Bentrokan dan serangan udara di sepanjang perbatasan telah memicu eksodus penduduk desa Myanmar secara sporadis ke provinsi perbatasan Thailand, di mana mereka sering ditawari perlindungan sementara sebelum dipulangkan. India juga melihat aliran pengungsi dari Myanmar barat.

Seorang pejabat dari distrik perbatasan Thailand, Mae Sot, mengatakan kepada The Associated Press bahwa bentrokan di sisi perbatasan Myanmar berlanjut pada hari Kamis dan tembakan terdengar dari sisi Thailand. Pejabat itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena tidak berwenang untuk memberikan informasi, memperkirakan jumlah pengungsi yang saat ini berada di bawah perawatan otoritas Thailand setidaknya mencapai 5.000 orang.

“Kami menyediakan tempat tinggal, makanan, dan air untuk mereka atas dasar kemanusiaan,” katanya. “Kami akan menunggu sampai situasi mereda. Ketika bentrokan berhenti, kami akan mengirim mereka kembali.”

Surat kabar Bangkok Post mengatakan lebih dari 1.000 orang melarikan diri melintasi perbatasan ke Thailand di dua lokasi pada hari Kamis.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan sehari sebelumnya oleh Pusat Komando Perbatasan Thailand-Myanmar Thailand mengatakan pihak berwenang di Provinsi Tak telah menyediakan 10 tempat penampungan sementara untuk menampung pengungsi di dua distrik perbatasan, termasuk Mae Sot, titik penyeberangan utama.

Departemen Hubungan Masyarakat Provinsi Tak mengatakan di Facebook bahwa bentrokan terjadi di dua lokasi di dalam Provinsi Myawaddy sekitar enam kilometer dari perbatasan, menyebabkan "beberapa tentara terluka dan tewas di kedua sisi."

Situs web Grup Media Myanmar melaporkan bahwa menurut sumber di pihak Thailand, lebih dari 3.000 orang telah melarikan diri menyeberangi Sungai Moei, yang menandai perbatasan, untuk menghindari pertempuran pada hari Rabu.

Dikatakan mereka mencoba melarikan diri dari pertempuran di wilayah Shwe Kokko Myanmar, yang menampung zona ekonomi semi-otonom yang menampung kasino dan dugaan operasi kriminal di mana orang-orang yang telah ditipu untuk bekerja dipekerjakan dalam penipuan internet berskala besar.

Laporannya mengatakan putaran pertempuran saat ini di daerah itu dimulai pada 25 Maret. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home