Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 05:16 WIB | Minggu, 29 Januari 2023

Perusahaan Jepang Buka Mesin Penjual Daging Paus untuk Mendorong Penjualan

Para konservasionis khawatir akan terjadi peningkatan perburuan paus/
Konomu Kubo, juru bicara Kyodo Senpaku Co. menjelaskan bagaimana daging ikan paus dijual dari mesin penjual otomatis di toko perusahaan, Kamis, 26 Januari 2023, di Yokohama, Jepang. (Foto: AP/Ha Kwyeon)

YOKOHAMA, SATUHARAPAN.COM - Operator perburuan mamalia laut paus dari Jepang, setelah berjuang selama bertahun-tahun untuk mempromosikan produknya di tengah protes dari para konservasionis. Sekarang mereka telah menemukan cara baru untuk meningkatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan mengunakan mesin penjual daging paus.

Toko Kujira (paus), gerai tak berawak yang baru-baru ini dibuka di kota pelabuhan Yokohama dekat Tokyo, memiliki tiga mesin untuk sashimi paus, bacon paus, kulit paus, dan steak paus, serta daging paus kalengan. Harga berkisar dari 1.000 yen (US$7,70 setara Rp 275.000 ) hingga 3.000 yen (US$23 setara Rp 350.000).

Gerai ini menampilkan mesin penjual otomatis berwarna putih yang didekorasi dengan bambar kartun paus dan merupakan lokasi ketiga yang diluncurkan di wilayah ibu kota Jepang. Dibuka pada hari Selasa (24/1) setelah dua lainnya diperkenalkan di Tokyo awal tahun ini sebagai bagian dari dorongan penjualan baru Kyodo Senpaku Co.

Daging ikan paus telah lama menjadi sumber kontroversi tetapi penjualan di mesin penjual otomatis yang baru diam-diam telah dimulai dengan baik, kata operator. Protes anti perburuan paus telah mereda sejak Jepang pada 2019 menghentikan perburuan penelitiannya yang banyak dikritik di Antartika dan melanjutkan perburuan paus komersial di lepas pantai Jepang.

Dikhawatirkan Meningkatkan Perburuan Paus

Konservasionis mengatakan mereka khawatir langkah itu bisa menjadi langkah menuju perburuan paus yang diperluas. “Masalahnya bukan pada mesin penjual otomatis itu sendiri, tetapi apa yang mungkin ditimbulkannya,” kata Nanami Kurasawa, kepala Jaringan Aksi Iruka & Kujira (Dolphin & Whale).

Kurasawa mencatat operator perburuan paus sudah meminta tangkapan tambahan dan memperluas perburuan paus di luar perairan yang ditentukan.

Kyodo Senpaku berharap dapat menyiapkan mesin penjual otomatis di 100 lokasi di seluruh negeri dalam lima tahun, kata juru bicara perusahaan Konomu Kubo kepada The Associated Press. Yang keempat akan dibuka di Osaka bulan depan.

Idenya adalah untuk membuka mesin penjual otomatis di dekat supermarket, di mana daging ikan paus biasanya tidak tersedia, untuk meningkatkan permintaan, sebuah tugas penting untuk kelangsungan hidup industri.

Jaringan supermarket besar sebagian besar menjauhi daging ikan paus untuk menghindari protes oleh kelompok anti perburuan paus dan tetap berhati-hati meskipun pelecehan dari para aktivis telah mereda, kata Kubo.

“Akibatnya, banyak konsumen yang ingin memakannya tidak bisa menemukan atau membeli daging ikan paus. Kami meluncurkan mesin penjual otomatis di toko tak berawak untuk orang-orang itu,” katanya.

Pejabat perusahaan mengatakan penjualan di dua gerai Tokyo secara signifikan lebih tinggi dari yang diharapkan, membuat staf sibuk mengisi ulang produk.

Di toko di distrik Motomachi di Yokohama, area perbelanjaan mewah dekat Chinatown, Mami Kashiwabara, pelanggan berusia 61 tahun, langsung membeli bacon ikan paus, favorit ayahnya. Kekecewaannya itu terjual habis, dan dia memilih onomi beku, daging ekor yang dianggap sebagai makanan lezat yang langka.

Kashiwabara mengatakan dia menyadari kontroversi perburuan paus tetapi daging ikan paus itu membawa kembali kenangan masa kecilnya saat memakannya saat makan malam keluarga dan makan siang sekolah.

“Menurutku tidak baik membunuh paus tanpa arti. Tapi daging ikan paus adalah bagian dari budaya makanan Jepang dan kita bisa menghormati kehidupan ikan paus dengan menghargai dagingnya,” kata Kashiwabara. "Aku akan senang jika aku bisa memakannya."

Kashiwabara mengatakan dia berencana untuk membagi pembeliannya sebesar 3.000 yen ($ 23) potongan ukuran praktis, dibungkus rapi dalam tas freezer, dengan suaminya demi sake. Dagingnya sebagian besar berasal dari ikan paus yang ditangkap di lepas pantai timur laut Jepang.

Jepang melanjutkan perburuan paus komersial pada Juli 2019 setelah menarik diri dari Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional, mengakhiri 30 tahun apa yang disebut perburuan paus penelitian, yang telah dikritik oleh konservasionis sebagai kedok untuk perburuan komersial yang dilarang oleh IWC pada tahun 1988.

Di bawah perburuan paus komersial di zona ekonomi eksklusif Jepang, Jepang tahun lalu menangkap 270 paus, kurang dari 80% dari kuota dan lebih sedikit dari jumlah yang pernah diburu di Antartika dan Pasifik barat laut dalam program penelitiannya.

Penurunan tersebut terjadi karena berkurangnya paus minke yang ditemukan di sepanjang pantai. Kurasawa mengatakan alasan tangkapan yang lebih kecil harus diperiksa untuk melihat apakah itu terkait dengan perburuan berlebihan atau perubahan iklim.

Sementara kelompok konservasi mengutuk dimulainya kembali perburuan paus komersial, beberapa melihatnya sebagai cara untuk membiarkan program perburuan paus pemerintah yang diperangi dan mahal beradaptasi dengan perubahan waktu dan selera.

Untuk menunjukkan tekad agar industri perburuan paus tetap hidup dalam beberapa dekade mendatang, Kyodo Senpaku akan membangun kapal induk baru senilai 6 miliar yen (US$46 juta) yang akan diluncurkan tahun depan untuk menggantikan Nisshin Maru yang menua.

Tapi ketidakpastian tetap ada. Perburuan paus kehilangan dukungan di negara-negara pemburu paus lainnya seperti Islandia, di mana hanya tersisa satu pemburu paus.

Paus mungkin juga menjauh dari pantai Jepang karena kelangkaan saury, makanan pokok mereka, dan ikan lain yang mungkin karena dampak perubahan iklim, kata Kubo.

Impor Daging Paus dari Islandia

Penangkapan ikan paus di Jepang hanya melibatkan beberapa ratus orang dan satu operator dan terhitung lebih dari 0,1% dari total konsumsi daging dalam beberapa tahun terakhir, menurut data Badan Perikanan.

Namun, anggota parlemen konservatif dengan gigih mendukung perburuan paus komersial dan konsumsi daging sebagai bagian dari tradisi budaya Jepang.

Konservasionis mengatakan daging ikan paus tidak lagi menjadi makanan sehari-hari di Jepang, terutama bagi generasi muda.

Daging paus adalah sumber protein yang terjangkau selama tahun-tahun kekurangan gizi Jepang setelah Perang Dunia II, dengan konsumsi tahunan mencapai puncaknya pada 233.000 ton pada tahun 1962.

Paus dengan cepat digantikan oleh daging lainnya. Pasokan daging paus turun menjadi 6.000 ton pada tahun 1986, setahun sebelum moratorium perburuan paus komersial yang diberlakukan oleh IWC melarang perburuan beberapa spesies paus.

Di bawah penelitian perburuan paus, yang dikritik sebagai kedok perburuan komersial karena dagingnya dijual di pasaran, Jepang menangkap sebanyak 1.200 paus setiap tahunnya. Sejak itu secara drastis mengurangi tangkapannya setelah protes internasional meningkat dan pasokan serta konsumsi daging paus merosot di dalam negeri.

Pasokan daging tahunan berfluktuasi dalam kisaran 3.000-5.000 ton, termasuk impor dari Norwegia dan Islandia. Jumlah tersebut semakin turun pada tahun 2019 menjadi 2.000 ton, atau 20 gram (kurang dari 1 ons) daging ikan paus per orang per tahun, menurut statistik Badan Perikanan.

Pejabat pemburu paus mengaitkan penyusutan pasokan dalam tiga tahun terakhir dengan tidak adanya impor karena pandemi, dan berencana untuk menggandakan pasokan tahun ini dengan impor lebih dari 2.500 ton dari Islandia.

Jepang berhasil mendapatkan satu-satunya pemburu paus yang tersisa di Islandia untuk berburu paus sirip secara eksklusif untuk dikirim ke Jepang, kata pejabat perburuan paus. Islandia hanya menangkap satu paus minke pada musim 2021, menurut IWC.

Mengkritik ekspor Islandia ke Jepang, Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan mengatakan "menentang semua perburuan paus komersial karena pada dasarnya kejam".

Minta Tambah Kuota Tangkapan

Dengan prospek impor yang tidak pasti, Kyodo Senpaku ingin pemerintah menaikkan kuota tangkapan tahunan Jepang ke tingkat yang dapat memasok sekitar 5.000 ton, yang digambarkan Kubo sebagai ambang batas untuk mempertahankan industri.

“Dari perspektif jangka panjang, menurut saya akan sulit mempertahankan industri pada tingkat pasokan saat ini,” kata Kubo. "Kita harus memperluas penawaran dan permintaan, yang keduanya telah menyusut."

Dengan pasokan yang sangat terbatas, pengolahan daging paus tidak bisa menjadi bisnis yang layak dan mungkin tidak akan bertahan untuk generasi berikutnya, tambahnya.

Yuki Okoshi, yang mulai menyajikan hidangan daging ikan paus di restoran makanan laut gaya Jepangnya tiga tahun lalu ketika daging ikan paus berkualitas lebih tinggi tersedia di bawah penangkapan ikan paus komersial, mengatakan dia berharap pasokan daging ikan paus akan stabil.

Okoshi mengatakan “masa depan industri ikan paus bergantung pada apakah pelanggan membutuhkan kami” dan bahwa restoran daging ikan paus dapat menjadi kunci untuk bertahan hidup.

“Perburuan paus bisa menjadi isu politik, tapi hubungan antara restoran dan pelanggan kami sangat sederhana,” kata Okoshi. “Kami menyajikan makanan enak dengan harga terjangkau dan pelanggan senang. Hanya itu yang ada untuk itu.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home