Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:11 WIB | Sabtu, 18 Juni 2022

Petugas Medis Yang Selundupkan Video Perang Ukraina Dibebaskan Rusia

Petugas Medis Yang Selundupkan Video Perang Ukraina Dibebaskan Rusia
Foto oleh Tim Invictus Games Ukraina ini menunjukkan Yuliia Paievska, yang dikenal sebagai Taira, seorang petugas medis Ukraina terkenal yang menggunakan kamera tubuh untuk merekam pekerjaannya di Mariupol saat kota pelabuhan itu dikepung Rusia. (Tim Invictus Games Ukraina via AP)
Petugas Medis Yang Selundupkan Video Perang Ukraina Dibebaskan Rusia
Yuliia Paievska, yang dikenal sebagai Taira, melihat ke cermin dan mematikan kameranya di Mariupol, Ukraina, pada 27 Februari 2022. (Foto: Yuliia Paievska via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Seorang petugas medis Ukraina yang terkenal karena rekamannya diselundupkan keluar dari kota Mariupol yang terkepung, kepada tim Associated Press dibebaskan oleh pasukan Rusia pada hari Jumat (17/6), tiga bulan setelah dia ditawan.

Yuliia Paievska yang dikenal di Ukraina sebagai Taira, nama panggilan yang dia pilih dalam video game World of Warcraft. Menggunakan kamera tubuh, dia merekam 256 gigabyte upaya timnya selama dua pekan untuk menyelamatkan yang terluka, termasuk tentara Rusia dan Ukraina.

Dia mentransfer klip video itu ke tim Associated Press, jurnalis internasional terakhir di kota Mariupol Ukraina, salah satunya melarikan diri file video itu disembunyikan dalam tampon pada 15 Maret.

Taira dan rekannya ditawan oleh pasukan Rusia pada 16 Maret, pada hari yang sama serangan udara Rusia menghantam sebuah teater di pusat kota Mariupol, menewaskan sekitar 600 orang, menurut penyelidikan Associated Press.

“Itu adalah perasaan lega yang luar biasa. Itu tidak terdengar seperti kata-kata biasa, dan saya bahkan tidak tahu harus berkata apa,”kata  suaminya, Vadim Puzanov, mengatakan kepada The Associated Press Jumat malam, sambil menarik napas dalam-dalam untuk menahan emosinya.

Puzanov mengatakan dia berbicara melalui telepon dengan Taira, yang sedang dalam perjalanan ke rumah sakit Kiev, dan mengkhawatirkan kesehatannya.

Awalnya keluarga itu diam, berharap negosiasi akan mengambil jalan pembebasan mereka. Namun The Associated Press berbicara dengannya sebelum merilis video selundupan, yang pada akhirnya memiliki jutaan pemirsa di seluruh dunia, termasuk di beberapa jaringan terbesar di Eropa dan Amerika Serikat. Puzanov mengucapkan terima kasih atas liputan tersebut, yang menunjukkan Taira berusaha menyelamatkan tentara Rusia serta warga sipil Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymir Zelenskyy, mengumumkan pembebasan Taira dalam pidato nasional. “Saya berterima kasih kepada semua orang yang bekerja untuk hasil ini. Taira sudah pulang. Kami akan terus bekerja untuk membebaskan semua orang,” katanya.

Ratusan orang Ukraina terkemuka telah diculik atau ditangkap, termasuk pejabat lokal, jurnalis, aktivis dan pembela hak asasi manusia.

Rusia menggambarkan Taira bekerja untuk Batalyon Azov yang nasionalis, sejalan dengan narasi Moskow bahwa mereka berusaha untuk "mendenazifikasi" Ukraina. Tetapi AP tidak menemukan bukti seperti itu, dan teman-teman serta rekan-rekannya mengatakan dia tidak memiliki hubungan dengan Azov, yang membuat pendirian terakhir di pabrik baja Mariupol sebelum ratusan pejuangnya ditangkap atau dibunuh.

Rekaman itu sendiri merupakan bukti mendalam atas upayanya untuk menyelamatkan yang terluka di kedua sisi.

Sebuah klip yang direkam pada 10 Maret menunjukkan dua tentara Rusia dibawa keluar dari ambulans oleh seorang tentara Ukraina. Salah satunya di kursi roda. Yang lainnya berlutut, tangan terikat di belakang punggungnya, dengan cedera kaki yang jelas. Mata mereka ditutupi oleh topi musim dingin, dan mereka memakai ban lengan putih.

Seorang tentara Ukraina mengecam salah satu dari mereka. "Tenang, tenang," kata Taira padanya. Seorang perempuan bertanya padanya, "Apakah Anda akan menolong orang Rusia?"

"Mereka tidak akan sebaik kita," jawabnya. “Tapi aku tidak bisa melakukan sebaliknya. Mereka adalah tawanan perang.”

Taira adalah anggota Ukraina Invictus Games untuk veteran militer, di mana dia akan berkompetisi dalam panahan dan renang. Invictus mengatakan dia adalah seorang petugas medis militer dari 2018 hingga 2020 tetapi sejak itu telah didemobilisasi.

Dia menerima kamera tubuh pada tahun 2021 untuk syuting serial dokumenter Netflix tentang tokoh-tokoh inspirasional yang diproduksi oleh Pangeran Harry dari Inggris, yang mendirikan Invictus Games. Tetapi ketika pasukan Rusia menyerbu, dia menggunakannya untuk merekam adegan warga sipil dan tentara yang terluka sebagai gantinya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home