Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:50 WIB | Kamis, 16 Februari 2023

Petugas Pajak Kembali Geledah Kantor BBC India

Diduga pemerintah marah atas tayangan film dokumenter yang mengritik PM Narendra Modi.
Seorang petugas keamanan bersenjata berjaga di gerbang sebuah gedung yang menampung kantor BBC di New Delhi, India, Rabu, 15 Februari 2023. Pejabat pajak India menggeledah kantor BBC di India selama dua hari berturut-turut pada hari Rabu untuk menanyai staf tentang operasi bisnis organisasi di negara ini, kata anggota staf. (Foto: AP/Altaf Qadri)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Pejabat pajak India menggeledah kantor BBC di India selama dua hari berturut-turut pada hari Rabu (15/2) untuk menanyai staf tentang operasi bisnis organisasi di negara tersebut, kata beberapa anggota staf.

Manajemen BBC mengatakan kepada redaksi dan anggota staf lainnya untuk bekerja dari rumah setelah mereka dapat meninggalkan kantor pada Selasa malam, kata staf yang berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Pencarian dilakukan beberapa pekan setelah BBC menayangkan film dokumenter yang mengkritik Perdana Menteri Narendra Modi di Inggris.

Tidak ada istirahat semalam dalam pencarian dan penyelidik memindai desktop beberapa karyawan yang sebelumnya diberitahu untuk tidak menggunakan ponsel mereka dan mengesampingkannya, kata anggota staf.

Pejabat pajak penghasilan India belum membuat pernyataan apa pun sejak penggeledahan diluncurkan di kantor BBC di New Delhi dan Mumbai pada Selasa pagi.

Kantor berita Press Trust of India (PTI) mengatakan para pejabat membuat salinan data keuangan elektronik dan berbasis kertas dari organisasi tersebut. Kelompok HAM dan politisi oposisi mengecam langkah Departemen Pajak Pendapatan India sebagai upaya untuk mengintimidasi media.

Lembaga penyiaran nasional Inggris yang didanai publik mengatakan pihaknya bekerja sama sepenuhnya dengan pihak berwenang dan berharap “situasi ini diselesaikan secepat mungkin.” Larut malam, BBC mengatakan para pejabat masih berada di dua kantor tersebut.

“Banyak staf sekarang telah meninggalkan gedung tetapi beberapa telah diminta untuk tetap tinggal dan terus bekerja sama dengan penyelidikan yang sedang berlangsung,” katanya, menambahkan: “Pemberitaan dan kerja jurnalisme kami berlanjut seperti biasa.”

Meskipun sejauh ini belum ada pernyataan pemerintah Inggris, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Ned Price, mengatakan pada hari Selasa: "Kami mengetahui penggeledahan kantor BBC di Delhi oleh otoritas pajak India."

“Kami mendukung pentingnya kebebasan pers di seluruh dunia. Kami terus menyoroti pentingnya kebebasan berekspresi dan kebebasan beragama atau berkeyakinan sebagai hak asasi manusia yang berkontribusi pada penguatan demokrasi di seluruh dunia. Ini telah memperkuat demokrasi di negara ini. Itu telah memperkuat demokrasi India,” kata Price kepada wartawan di Washington.

Asosiasi Penyiar Berita dan Digital India mengkritik "survei" pajak penghasilan di kantor BBC.  Sementara asosiasi “bertahan bahwa tidak ada institusi yang kebal hukum, asosiasi mengutuk setiap upaya untuk memberangus dan mengintimidasi media dan mengganggu kebebasan fungsi jurnalis dan organisasi media,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Gaurav Bhatia, juru bicara Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi, mengatakan BBC tidak perlu takut jika mengikuti hukum India. Namun dia menambahkan bahwa sejarah penyiar itu “tercemar” dan “penuh kebencian” untuk India dan menyebutnya korup, tanpa menjelaskan secara spesifik.

Film dokumenter, “India: The Modi Question,” disiarkan di Inggris bulan lalu, memeriksa peran perdana menteri dalam kerusuhan anti Muslim tahun 2002 di negara bagian barat Gujarat, di mana dia menjadi menteri utama saat itu. Lebih dari 1.000 orang tewas dalam kekerasan itu.

Modi membantah tuduhan bahwa pihak berwenang di bawah pengawasannya mengizinkan dan bahkan mendorong pertumpahan darah, dan Mahkamah Agung mengatakan tidak menemukan bukti untuk menuntutnya. Tahun lalu, pengadilan menolak petisi yang diajukan oleh seorang korban Muslim yang mempertanyakan pembebasan Modi.

Bagian kedua dari film dokumenter dua bagian itu memeriksa “rekam jejak pemerintahan Narendra Modi setelah pemilihannya kembali pada tahun 2019,” menurut situs web BBC.

Program tersebut mendapat reaksi langsung dari pemerintah India, yang menerapkan kekuatan darurat di bawah undang-undang teknologi informasinya untuk memblokirnya agar tidak ditayangkan di negara tersebut. Otoritas lokal bergegas untuk menghentikan pemutaran yang diselenggarakan di universitas India, dan platform media sosial termasuk Twitter dan YouTube memenuhi permintaan pemerintah untuk menghapus tautan ke film dokumenter tersebut.

BBC mengatakan pada saat itu bahwa film dokumenter itu "diteliti dengan cermat" dan melibatkan banyak suara dan opini. “Kami menawarkan kepada Pemerintah India hak untuk membalas masalah yang diangkat dalam serial tersebut – ia menolak untuk menanggapi,” kata pernyataannya.

Kementerian Luar Negeri India menyebut film dokumenter itu sebagai "bagian propaganda yang dirancang untuk mendorong narasi yang sangat terdiskreditkan" yang kurang objektivitas.

Kebebasan pers di India terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini turun delapan peringkat, menjadi 150 dari 180 negara, dalam Indeks Kebebasan Pers 2022 yang diterbitkan oleh Reporters Without Borders. Kelompok pengawas media menuduh pemerintah Modi membungkam kritik di media sosial di bawah undang-undang internet yang menempatkan platform digital termasuk Twitter dan Facebook di bawah pengawasan langsung pemerintah.

Beberapa media outlet yang kritis terhadap pemerintah telah mengalami penggeledahan pajak. Pihak berwenang menggeledah kantor situs web sayap kiri NewsClick dan portal media independen Newslaundry pada hari yang sama di tahun 2021.

Pejabat pajak juga menuduh surat kabar Dainik Bhaskar melakukan penggelapan pajak pada tahun 2021 setelah menerbitkan laporan tentang pembakaran massal dan mayat mengambang yang menantang pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Pada tahun 2017, biro investigasi pemerintah mengatakan sedang menyelidiki kasus-kasus gagal bayar ketika menggerebek kantor Televisi New Delhi, yang terkenal dengan pandangan liberalnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home