Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:24 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

Piala Amerika: Ekuador Tak Mampu Halangi Bolivia Raih Kemenangan

Para pemain Boliva (kaus putih) bersuka cita setelah gol kedua ke gawang Ekuador. (Foto: fifa.com).

VALPARAISO, SATUHARAPAN.COM – Ekuador tidak mampu menghalangi kesebelasan Bolivia meraih kemenangan dengan skor 2-3 pada laga penyisihan Grup A Piala Amerika (Copa America) 2015 yang berlangsung di Stadion Elias Figueroa Brander, Valparaiso, Cile, Selasa (16/6) pagi WIB.

Seperti diberitakan ca2015.com, Bolivia untuk sementara menempati peringkat pertama dengan nilai 4 dari 2 pertandingan dengan hasil satu kemenangan, dan satu hasil imbang. Di sisi lain, Ekuador ada di peringkat terbawah dengan nilai 0 dari dua pertandingan yang semuanya menelan kekalahan.

Bolivia tampil mengejutkan karena mencetak gol pada menit ketiga. Keunggulan tersebut diperoleh lewat sebuah eksekusi bola tendangan penjuru Martin Smedberg. Bola yang dieksekusi Smedberg sempat mengenai pemain Ekuador, Walter Ayovi, namun kembali direbut pemain Bolivia, Ronald Raldes dengan sundulan kepala yang akurat hingga menjebol gawang Ekuador, sementara kiper Ekuador, Alexander Dominguez Carabali telat bereaksi menyelamatkan gawangnya.  

Ekuador tidak tinggal diam. Mereka memiliki kesempatan menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas dari luar kotak penalti yang dieksekusi Pedro Quinones. Bola eksekusi Quinones menciptakan kemelut di kotak penalti Bolivia, namun berhasil dihalau bek Bolivia, Damian Lizio.   

Ekuador yang mencoba terus menyerang menyamakan kedudukan malah melupakan lini belakang mereka. Akibatnya kesalahan gelandang Ekuador, Walter Ayovi, yang tidak sempurna menggiring bola, dapat direbut pemain Bolivia, Ricardo Pedriel yang kemudian menggiring bola hingga kotak penalti Ekuador, dan memberi bola ke Smedberg. Bek kiri Bolivia ini menjebol gawang Ekuador.

Bolivia menutup babak pertama dengan satu gol lagi yang diciptakan Marcelo Moreno menit ke-42, striker Bolivia ini melepaskan bola dari 32 meter dari luar kotak penalti Ekuador dan tidak terduga barisan belakang Ekuador.

Ekuador bangkit babak kedua lewat gol Enner Valencia, gol berawal dari serangan yang digalang para pemain tengah Ekuador, Pedro Quinones, Fidel Martinez dan Milier Bolanos sebelum akhirnya bola mengarah ke Enner Valencia yang berada dalam posisi bebas dan menaklukkan penjaga gawang Bolivia, Romel Quinonez.

Romel Quinonez yang di babak pertama belum terlihat banyak bekerja keras mengamankan gawang Bolivia, di babak kedua tercatat beberapa kali kiper Bolivia ini berjibaku jatuh bangun menyelamatkan gawangnya seperti terjadi pada menit ke-62 saat dia menyelamatkan bola sundulan gelandang Ekuador, Alejandro Morales.

Sebuah gol dari gelandang Ekuador, Milier Bolanos di menit ke-84 tidak mampu menyelamatkan Ekuador dari kekalahan atas Bolivia dengan skor 2-3.

Susunan Pemain:

Ekuador: Alexander Dominguez Carabali, Gabriel Eduardo Achilier Zurita, Walter Ayovi, Juan Paredes, Fricson Erazo, Cristian Noboa, Pedro Quinones, Fidel Martinez Tenorio, Milier Bolanos, Jefferson Montero, Enner Valencia.

Bolivia: Romel Quinonez, Ronald Raldes, Edward Zenteno, Alejandro Morales, Martin Smedberg, Damian Lizio, Miguel Hurtado, Alejandro Chumacero, Danny Bejarano,  Marcelo Moreno, Ricardo Pedriel. (soccerway.com/ca2015.com).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home