Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:07 WIB | Sabtu, 09 Agustus 2014

Piala Dunia Putri U-20: Tiongkok Tahan Jerman 5-5

Piala Dunia Putri U-20: Tiongkok Tahan Jerman 5-5
Zhang Chen (kaus merah, penyerang Tiongkok) menaklukkan Garetha Margar (kaus putih Jerman) dan penjaga gawang Jerman, Mariana Kamper (kaus hijau). (Foto: fifa.com).
Piala Dunia Putri U-20: Tiongkok Tahan Jerman 5-5
Paulina Bremer dan Sara Debritz (kaus putih, Jerman) bergembira usai mencetak gol Jerman.

EDMONTON, SATUHARAPAN.COM – Para penggemar sepak bola di Stadion Commonwealth, Edmonton, Kanada pada Sabtu (9/8) dini hari WIB disuguhi pertandingan dengan hujan gol seperti yang terjadi pada partai penyisihan Grup B Piala Dunia Putri usia di bawah 20 tahun (U-20) antara Tiongkok dan Jerman yang berkesudahan dengan 5-5.

Jerman berada di peringkat teratas grup dengan 4 poin hasil dari dua kali bertanding dan satu kali menang, serta satu kali imbang. Amerika Serikat berada di bawahnya dengan 3 poin hasil satu kali menang dan satu kali kalah. Tiongkok tertahan di peringkat ketiga dengan 2 poin, sementara Brasil berada di urutan paling bawah.

Sedangkan pada Grup A dikuasai Korea Utara dengan 6 poin, diikuti Kanada dengan 3 poin, sementara Ghana berada di peringkat ketiga dengan 3 poin tetapi kalah selisih gol dari tuan rumah. Peringkat terakhir dihuni Finlandia, dan sudah harus angkat kaki dari turnamen ini karena belum meraih satu kemenangan pun setelah dua kali pertandingan.

Pesta gol Jerman dan Tiongkok dimulai menit kesepuluh ketika Rebecca Knaak mengirim bola panjang yang indah ke arah penyerang Jerman Pauline Bremer, dan dengan sekali kontrol bola mengalahkan kiper Tiongkok, Lu Feifei dan menceploskan bola ke gawang yang sudah tanpa pengawalan.

Jerman terus menekan pertahanan Tiongkok karena Theresa Panfil dan Sara Daebritz terus-menerus mengawali serangan dari sisi kanan dan kiri lapangan, sebaliknya Zhong Xiudong dan Tan Ruyin bersusah payah menghalau si kulit bundar dari daerah kotak penalti Tiongkok.  

Lima menit sebelum turun minum, Tiongkok menemukan gol penyeimbang mereka. Tan Ruyin menendang bola dengan arah melengkung, meskipun Meike Kaemper berhasil menebak arah bola tetapi usahanya gagal. Karena bola yang sempat dia kuasai lepas, dan Zhu Beiyan langsung menyambar bola dan menembak bola melepati sang penjaga gawang.

Sara Daebritz menempatkan Jerman unggul satu menit setelah babak kedua dimulai. Bremer sendirian di depan gawang karena lini belakang Tiongkok lengah mengawasi perempuan yang mengenakan kaos nomor 13 tersebut, dan sebelumnya dia mendapat bola dari Rebecca Knaak.

Tang Jiali menyamakan kedudukan menit ke-49, akan tetapi gol cepat bersambut karena Theresa Panfil dari Jerman dan Lei Jiahui saling berbalas gol yang mereka lakukan menit ke-52 dan ke-53 sehingga kedudukan menjadi imbang 3-3 dalam waktu sepersekian detik.
Tiongkok kemudian unggul 4-3   memimpin pertandingan sepuluh menit kemudian dari titik penalti. Penalti diberikan wasit Alvarado Quetzalli asal Meksiko setelah Paulina Bremer, gelandang Jerman, gagal memblokir tendangan bebas Tiongkok dan bola malah menyentuh tangannya, dan hadiah penalti dimanfaatkan dengan baik oleh  Zhu Beiyan.

Dengan 68 menit dimainkan, Jerman menyamakan kedudukan berkat penalti yang kali ini dicetak oleh Sara Daebritz. Setelah upaya awal telah bangkit kembali dari bar, Bremer adalah yang pertama untuk rebound, tapi dia sundulan dihentikan oleh lengan Zhong Xiudong ini. Daebritz melangkah untuk mencetak gol kedua, slotting rendah dan keras hanya di dalam pos kanan untuk meninggalkan Lu dengan tidak ada kesempatan.

Jerman sekali lagi memimpin dan kedudukan berubah menjadi 5-4 setelah Lu tidak bisa menahan bola silang yang dilepaskan gelandang Jerman, Paulina Bremer. Lu Fei Fei sempat menghalau bola akan tetapi si kulit bundar yang dihalau Fei Fei mendarat tepat ke dada Theresa Panfil dan Jerman unggul.

Zhang Chen menyelamatkan Tiongkok dari kekalahan karena gol terjadi pada menit ke-80 lewat serangan balik. Hingga pertandingan berakhir kedudukan tetap 5-5.

Hasil pertandingan lain:

Grup A: Ghana 0-3 Korea Utara, Kanada 3-2 Finlandia.

Grup B: Jerman 5-5 Tiongkok, Amerika Serikat 1-0 Brasil. (fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home