Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 20:01 WIB | Sabtu, 19 Agustus 2023

Piala Dunia Sepak Bola Wanita: Swedia Juara Tiga, Kalahkan Australia 2-0

Pemain Swedia, Fridolina Rolfo, merayakan golnya ke gawang Australia pada pertandingan perebutanm posisi ketia Piala Dunia sepak bola wanita di Brisbane, Australia, hari Sabtu (19/8). (Foto: AP/ Tertius Picard)

BRISBANE, SATUHARAPAN.COM-Tidak ada yang mengalahkan Swedia setelah bangkit dari kekalahan di semifinal sepak bola Piala Dunia Wanita. Bahkan tuan rumah turnamen pun tidak.

Perempuan Swedia memperpanjang rekor sempurna mereka di pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Dunia menjadi empat, dengan Fridolina Rolfo dan Kosovare Asllani mencetak gol pada hari Sabtu (19/8) dalam kemenangan klinis 2-0 atas Australia.

“Rasanya luar biasa. Kami menunjukkan sejak menit pertama, kami adalah tim yang lebih baik,” kata Rolfo. "Kami pantas mendapatkan medali ini."

Itu adalah penyelesaian yang mengecewakan bagi Matildas, yang memikat negara mereka saat melaju ke semifinal untuk pertama kalinya.

Turnamen yang diselenggarakan bersama oleh Australia dan Selandia Baru telah mencetak rekor kehadiran, dan dua pertandingan Australia menjadi program yang paling banyak ditonton di TV komersial domestik dalam 20 tahun.

Dengan Sydney Opera House menyala dalam warna hijau-dan-emas Australia dan pendukung berduyun-duyun ke zona penggemar untuk menonton di layar raksasa di kota-kota di seluruh negeri, masih ada harapan semacam medali untuk Matildas.

Pada akhirnya, itu berakhir dengan kekalahan beruntun dari tim peringkat No.3 dan No.4 di dunia bahkan dengan striker bintang Sam Kerr kembali ke lineup awal.

“Kami ingin menang, kami ingin memiliki beberapa perangkat keras untuk dibawa pulang. Seharusnya tidak,” kata Kerr. Tapi, “cara para penggemar mendukung kami, cara para gadis membawa diri mereka sendiri, saya pikir kami telah membuktikan kepada dunia bahwa kami adalah negara sepakbola.

“Kami tidak bisa menyelesaikannya malam ini, tapi mudah-mudahan kami telah menginspirasi orang-orang selama bertahun-tahun yang akan datang.”

Juara Eropa Inggris dan Spanyol bertemu di final di Sydney pada hari Minggu (20/8), dan kemenangan Swedia berarti negara-negara Eropa akan finis di urutan pertama, kedua dan ketiga.

Swedia mendominasi sebagian besar pertandingan, tetap kompak dan terorganisir serta mengeksploitasi lubang di pertahanan.

Rolfo mengonversi dari titik penalti dengan tembakan kaki kiri melengkung yang rendah pada menit ke-30 setelah bek Australia, Clare Hunt, dihukum setelah tinjauan VAR karena menjegal Stina Blackstenius.

Tendangan tepat waktu Asllani untuk menyelesaikan serangan balik jarak jauh Swedia di menit ke-62 memastikan kemenangan.

Penjaga gawang Zecira Musovic mempertahankan clean sheet lainnya di turnamen yang luar biasa untuk Swedia, memblokir tendangan kaki kanan miring Kerr di menit akhir babak pertama dan sekali lagi menghentikan tembakan Clare Polkinghorne dari tepat di depan pada menit ke-70.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, berada di antara pejabat di podium untuk menyerahkan medali perunggu kepada para pemenang. Dan dia kemudian bersimpati dengan Matildas di lapangan.

“Menyedihkan karena ini akan segera berakhir. Ini adalah empat pekan terbaik dalam karir kami, ”kata Kerr tentang Piala Dunia Wanita pertama yang diadakan di Belahan Bumi Selatan. “Akan menyenangkan untuk pergi ke tempat yang tinggi. Tapi kita harus merenungkan dan memikirkan betapa menakjubkannya ini.

“Kami belum pernah berada di urutan keempat sebelumnya. Meskipun mengecewakan (sekarang), kami akan mengingat kembali hal ini dalam beberapa minggu dan sangat bangga dengan apa yang telah kami lakukan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home