Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:15 WIB | Selasa, 13 Februari 2024

PM India Kunjungi Kuil Hindu Pertama Yang Dibangun di UEA

Biksu Hindu berjalan menuruni tangga kuil Hindu pertama yang dibangun dari batu di Abu Mureikha, 40 kilometer, timur laut Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, hari Senin, 12 Februari 2024. BAPS Hindu Mandir yang akan segera dibuka menandakan seberapa jauh Uni Emirat Arab telah mengakui perbedaan agama di komunitas ekspatriatnya, yang telah lama didominasi oleh orang India yang menggerakkan kehidupan di lokasi konstruksi dan ruang rapat. (Foto: AP/Kamran Jebreili)

ABU MUREIKHA-UEA, SATUHARAPAN.COM-Menara batu pasir merah muda yang dihiasi patung dewa dan orang saleh menjulang tinggi di atas tempat yang dulunya merupakan hamparan gurun tandus antara Abu Dhabi dan Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), sekarang menjadi lokasi kuil Hindu pertama yang dibangun dari batu di Timur Tengah.

BAPS Hindu Mandir yang akan segera dibuka menandakan seberapa jauh Uni Emirat Arab telah mengakui perbedaan agama yang dimiliki komunitas ekspatriat, yang telah lama didominasi oleh orang India di lokasi konstruksi dan ruang rapat. Kuil ini memiliki tujuh menara, yang merupakan jumlah syekh dalam federasi otokratis di Semenanjung Arab.

Hal ini juga merupakan pertanda betapa dekatnya hubungan antara UEA dan India.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, akan tiba pada hari Selasa (13/2) dalam perjalanannya yang ketujuh ke Uni Emirat Arab (UEA) tepat menjelang pemilu di negara demokrasi terbesar di dunia tersebut. Ia berharap dapat mempererat hubungan bisnis, pertahanan, dan budaya sambil memperkuat hubungannya dengan pria yang ia sebut saudaranya, Presiden UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Modi tidak akan melakukan perjalanan jauh sebelum pemilu tahun ini,” kata Viraj Solanki, peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis. “Fakta bahwa dia bersedia pergi ke UEA menunjukkan betapa pentingnya hubungan ini bagi India.”

Hindu Mandir menonjol di antara kekosongan Abu Mureikha, yang juga dikenal sebagai tempat syekh UEA sepakat pada tahun 1976 untuk memiliki militer terpadu. Tak jauh dari jalan raya utama yang menghubungkan Dubai ke Abu Dhabi, kuil ini terbuat dari batu pasir yang diimpor dari negara bagian Rajasthan di India. Di dalamnya, marmer Italia bersinar.

Kuil-kuil yang lebih kecil telah ada selama beberapa dekade di UEA, namun tidak ada yang mengikuti teknik bangunan tradisional Hindu Mandir. Batu-batu berukirnya pas seperti puzzle dan memberikan dukungan tanpa bergantung pada balok baja arsitektur modern.

Diorama batu menghiasi bagian luarnya, dimulai dengan adegan pada tahun 1997 dengan seorang pemimpin Hindu, dinaungi payung, di pasir Sharjah yang menyerukan pembangunan sebuah kuil di Abu Dhabi. Yang terakhir adalah bantuan kecil dari UEA, dengan para pemimpin agama di depan sebuah kuil dan Burj Khalifa di Dubai, gedung tertinggi di dunia.

Hiasan gajah, kijang, dan hewan lainnya berlimpah. Juga terlihat simbol-simbol yang berkaitan dengan Mesir kuno dan Maya serta arsitektur yang mengacu pada Islam, agama resmi UEA. Para pembangun berharap untuk menunjukkan bahwa semua agama diterima di lokasi tersebut, di mana umat Hindu dapat berdoa di hadapan dewa-dewa yang mewakili berbagai denominasi Hindu.

“Harmoni adalah satu-satunya masa depan yang kita miliki,” Pujya Brahmavihari Swami, seorang pemimpin agama yang mengawasi pembangunan, mengatakan kepada The Associated Press. “Jika kita tidak bisa hidup berdampingan di planet kecil yang kita miliki ini, apakah kita punya masa depan?”

Dari lebih dari sembilan juta orang yang tinggal di UEA, India memperkirakan lebih dari 3,5 juta adalah ekspatriat India, menjadikan mereka kelompok masyarakat terbesar di negara tersebut, termasuk warga negara UEA. Meskipun sebagian besar dari mereka adalah buruh bergaji rendah, jumlah pekerja profesional dan beberapa generasi keluarga di India semakin meningkat.

Kunjungan Modi menyoroti hubungan ekonomi dan sejarah yang telah lama terjalin antara kedua negara, mulai dari penjualan rempah-rempah dan penyelundupan emas di tahun-tahun pembentukan UEA hingga perdagangan bilateral tahunan senilai puluhan miliar dolar saat ini.

Kedua negara tersebut menandatangani perjanjian perdagangan bebas pada tahun 2022 yang bertujuan untuk menggandakan perdagangan bilateral mereka menjadi US$ 100 miliar. India tetap menjadi pembeli utama minyak UEA, sementara UEA berharap dapat meningkatkan industri lokalnya. Negara-negara tersebut telah sepakat untuk mengizinkan India menyelesaikan sejumlah pembayaran dalam rupee dibandingkan dolar, sehingga menurunkan biaya transaksi.

Hubungan ini juga menggarisbawahi kebijakan luar negeri realpolitik UEA. UEA menerima Modi karena umat Islam di India semakin banyak diserang oleh kelompok nasionalis Hindu. Modi menerima penghargaan sipil tertinggi dari UEA pada tahun 2019 bahkan ketika ia mencabut status kenegaraan di wilayah Kashmir yang mayoritas penduduknya Muslim.

Kunjungan awal Modi ke UEA pada tahun 2015 adalah yang pertama yang dilakukan perdana menteri India dalam 34 tahun.

Hubungan pribadinya dengan Sheikh Mohammed tampaknya mendorong hubungan yang semakin mendalam, kata Solanki. Pada bulan Januari, tentara India dan Emirat mengadakan latihan militer edisi pertama yang disebut Topan Gurun di India.

“Hal ini hanya memungkinkan tingkat kepercayaan dan kedua belah pihak menjadi lebih bersedia untuk mengatasi isu-isu sensitif ini,” kata Solanki.

Kuil di Abu Mureikha adalah salah satu dari banyak kuil yang dibangun oleh Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha atau BAPS, sebuah organisasi keagamaan dan sipil sedunia dalam sekte Swaminarayan. Modi memiliki hubungan dekat dengan organisasi tersebut dan salah satu pemimpin transformatifnya, Pramukh Swami Maharaj, yang meninggal pada tahun 2016.

Para pejabat memperkirakan harga bahan-bahan untuk bait suci hanya di bawah US$ 100 juta, namun BAPS mengandalkan tenaga kerja sukarela, yang mengaburkan batas antara pekerjaan tanpa kompensasi dan konsep pelayanan tanpa pamrih. Gugatan perdata AS pada tahun 2021 menuduh adanya kerja paksa, upah rendah, dan kondisi kerja yang suram di kuil BAPS di New Jersey. Gugatan itu ditunda hingga tahun akhir-akhir ini menunggu penyelidikan federal AS.

Kunjungan yang dilakukan jurnalis AP pada hari Senin memperlihatkan para sukarelawan mempersiapkan kunjungan Modi ke kuil, dengan para biksu berjubah warna kunyit mulus berjalan di sekitar karangan bunga. Pujya Brahmavihari Swami memuji Syekh Mohammed dan Modi atas kerja sama mereka.

“Kepemimpinan UEA… sangat bermurah hati dan mendukung kami,” katanya. “Kepemimpinan India, sang perdana menteri, tidak hanya memikirkan perdagangan, ia juga berpikir lebih jauh lagi – bahwa pertukaran budaya, pertukaran nilai, sama pentingnya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home