Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 14:19 WIB | Kamis, 25 Januari 2024

India Resmikan Kuil Dewa Ram di Ayodya, Dibangun di Atas Masjid Yang Dihancurkan

India Resmikan Kuil Dewa Ram di Ayodya, Dibangun di Atas Masjid Yang Dihancurkan
Orang-orang mengunjungi peresmian kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Dewa Ram di Ayodya, India, hari Senin (22/1). (Foto-foto: AP Rajesh Kumar Singh)
India Resmikan Kuil Dewa Ram di Ayodya, Dibangun di Atas Masjid Yang Dihancurkan
Para pekerja mendekorasi kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Dewa Ram dengan bunga sehari sebelum peresmian kuil di Ayodhya, India, Minggu, 21 Januari 2024. (Foto-foto: AP Rajesh Kumar Singh)
India Resmikan Kuil Dewa Ram di Ayodya, Dibangun di Atas Masjid Yang Dihancurkan
Perdana Menteri India, Narendra Modi, dalam upacara peresmian kuil Dewa Ram di Ayodya. (Foto: Biro Informasi Iemerintah India via AP)

AYODHYA-INDIA, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 80 penerbangan carteran telah mendarat di bandara internasional baru kota suci Ayodhya di India untuk pembukaan sebagian kuil agung kontroversial yang dipersembahkan untuk salah satu dewa Hindu yang paling dihormati, Dewa Ram (atau di Indonesia disebut Rama), pada hari Senin (22/1).

Bandara Ayodhya hampir tidak mampu menampung masuknya jet pribadi. “Pesawat akan berangkat setelah menurunkan tamu,” kata manajer bandara Saurabh Singh.

Kuil tersebut dibangun di atas sebuah masjid yang hancur, dan sebagian besar pemimpin oposisi politik memboikot pembukaan kuil tersebut, dengan mengatakan bahwa hal tersebut tidak sesuai dengan India yang sekuler.

Namun, yang hadir adalah beberapa orang paling berpengaruh di India: Perdana Menteri Narendra Modi, industrialis Mukesh Ambani dan Gautam Adani, dan superstar Bollywood Amitabh Bachchan.

Legenda Ram, Pangeran Ayodya

Kuil ini akan menjadi tempat tinggal suci salah satu dewa paling populer dalam jajaran Hindu, Ram, yang diyakini umat Hindu lahir tepat di lokasi Ayodhya.

Jutaan umat Hindu memuja Dewa Ram dengan keyakinan yang kuat bahwa menyebut namanya di saat-saat sulit akan membawa kedamaian dan kemakmuran, dan sebagian besar dari mereka yang menganut agama Hindu menyimpan patung Ram di rumah mereka. Festival-festival besar Hindu seperti Dussehra dan Diwali dikaitkan dengan kisah mitologi Ram yang memuji kebajikan, kebenaran, pengorbanan, dan pemerintahan yang etis.

Epik mitologi Hindu “Ramayan”, yang menceritakan kisah perjalanan Ram dari pangeran menjadi raja, sering kali diadaptasi dalam budaya populer. Salah satu acara dongeng yang paling banyak ditonton adalah serial TV “Ramayan” yang dibuat pada tahun 1980-an, yang terus memiliki penonton setia.

Keilahian Ram tidak hanya merupakan kekuatan agama yang dominan di India tetapi juga bagian dari warisan budaya di negara-negara seperti Thailand, india, Myanmar dan Malaysia.

Sebuah Candi Dibangun

Terhampar di lahan seluas hampir tiga hektare, kuil ini, yang masih dalam proses pembangunan, diperkirakan menelan biaya sebesar US$ 217 juta (setara Rp. 3,4 triliun) Itu terbuat dari batu pasir merah muda, dihiasi dengan ukiran rumit, dan memiliki 46 pintu, 42 di antaranya memiliki lapisan emas.

Anil Mishra, anggota lembaga yang mengawasi pembangunan tersebut, mengatakan kuil tersebut memadukan desain tradisional dengan teknologi mutakhir dan “dibuat tanpa menggunakan besi, baja, atau semen.”

Patung batu berwarna gelap setinggi 1,3 meter (4,25 kaki) yang menggambarkan Ram dipasang di bagian dalam kuil untuk konsekrasi hari Senin. Ritual keagamaan “Pran Pratishtha”, yang menandakan pemberian kehidupan kepada berhala, akan dilakukan sesuai dengan kitab suci Hindu Weda. Dewa kemudian dapat menerima dan memberkati para penyembahnya.

Setelah upacara, kuil akan dibuka untuk umum dan diperkirakan 100.000 umat akan mengunjunginya setiap hari, kata pihak berwenang.

Ayodya, Masa Lalu dan Sekarang

Kota yang terkenal dengan jalan sempitnya yang dipenuhi peziarah Hindu dan toko-toko yang menjual miniatur patung dewa Ram, telah direnovasi dengan infrastruktur dan layanan modern. Landasan terbang sederhana di Ayodhya telah berkembang menjadi bandara internasional yang luas dengan landasan pacu sepanjang 2,2 kilometer (sekitar 1,4 mil) pada tahap pertama. Stasiun kereta api bersih ini memiliki kapasitas penumpang harian sekitar 50.000 orang.

“Makna historis dan spiritual dari Ayodhya menjadikannya tujuan wisata yang menarik,” dan diperkirakan akan terjadi lonjakan permintaan yang besar, kata Ravi Singh, perwakilan dari Indian Hotels Company Limited.

Kontroversial Kuil Dewa Ram

Ayodhya telah menjadi pusat pergolakan politik India dan upaya mayoritas Hindu untuk menebus masa lalu agama di negara tersebut selama beberapa dekade. Masa lalu negara ini yang beragam dan multikultural dikalahkan oleh nasionalisme Hindu yang keras setelah massa menghancurkan masjid Babri yang dibangun pada abad ke-16 pada tahun 1992.

Umat ​​Hindu memenangkan pertarungan hukum yang berkepanjangan pada tahun 2019, yang mengizinkan mereka membangun kuil tersebut. Umat ​​Hindu merupakan 80% dari populasi India, namun negara ini juga merupakan rumah bagi sekitar 200 juta umat Islam yang sering diserang oleh kelompok nasionalis Hindu.

Modi telah menjadi wajah dari perpaduan agama dan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan sangat disayangkan, di India dan memimpin upacara peletakan batu pertama kuil tersebut pada tahun 2020.

Para kritikus mengatakan gagasan tentang negara yang beragam dan sekuler secara konstitusional yang menjalankan ritual keagamaan Hindu sangat disayangkan. Sebagian besar pemimpin oposisi menolak undangan tersebut, dengan mengatakan acara tersebut digunakan untuk kampanye politik oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) yang mengusung Modi, yang berjanji akan membangun kuil Ram sebagai bagian dari strategi pemilunya.

Modi telah meminta masyarakat untuk secara terbuka merayakan konsekrasi tersebut dengan menyalakan lampu di rumah dan kuil. Pesannya jelas: Mobilisasi pemilih beragama Hindu akan menjadi isu utama dalam pemilu nasional mendatang seiring dengan upaya Modi untuk memperpanjang masa jabatannya untuk ketiga kalinya berturut-turut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home