Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 15:31 WIB | Jumat, 10 Desember 2021

Polisi Kembangkan Pelayanan Pajak Kendaraan Bebasis Online

Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto. (Foto: Humas Polri)

KEPULAUAN RIAU, SATUHARAPAN.COM-Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, mengatakan bahwa Polri meningkatkan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dalam rapat pembina nasional yang dihadiri seluruh jajaran Direktorat lalu lintas, Bapenda dan Kepala jasa raharja seluruh provinsi Indonesia, di Kepulauan Riau, Rabu (8/12) dikatakan, pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) berbasis digital, akan menjadi salah satu pelayanan pajak kendaraan bermotor berbasis online.

Dengan sistem itu, Agung mengklaim tak akan ada penyimpangan perilaku koruptif dari oknum soal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Hal ini lantaran sistem pembayarannya yang sudah transparan.

“Kenapa ini penting? Yang pertama tentu secara internal Polri dapat meminimalkan terjadinya penyimpangan, karena masyarakat yang tadinya langsung membayar kepada petugas, tapi bisa melalui perbankan ataupun melalui digital,” tegasnya.

Inovasi dari korps lalu lintas (korlantas) ini hampir 95% sudah bisa dinikmati di wilayah provinsi Indonesia. “Kemudian yang baru-baru ini diluncurkan yaitu samsat digital nasional yang sampai dengan saat ini sudah 29 provinsi terintegrasi dan empat provinsi dalam waktu dekat akan terintegrasi juga,” katanya.

Budi mengatakan, diadakannya rapat tersebut merupakan langkah dari kepolisian khususnya jajaran lalu lintas untuk berkontribusi memulihkan kondisi perekonomian Indonesia di masa pandemi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home