Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:33 WIB | Minggu, 29 Juni 2014

Prediksi Piala Dunia 2014: Kosta Rika vs Yunani

Babak 16 Besar Piala Dunia 2014, Kosta Rika vs Yunani (Foto: dok. satuharapan.com)

SATUHARAPAN.COM – Tim kejutan yang mampu lolos dari Grup D dengan mengatasi perjuangan tiga juara dunia, Kosta Rika, akan melanjutnya kiprahnya di Piala Dunia 2014. Kali ini pada babak 16 Besar mereka akan ditantang tim Negeri Seribu Dewa, Yunani di Arena Pernambuco, Recife, Brasil, Senin (30/6), pukul 03.00 WIB.

Tampil impresif di babak penyisihan grup, La Sele-julukan tim sepak bola Kosta Rika, mampu meraih tujuh poin hasil dua kemenangan, atas Uruguay dan Italia, serta satu hasil imbang ketika berhadapan dengan Inggris.

Tidak banyak orang memperhitungkan tim ini dapat lolos ke fase gugur, bahkan Roy Hodgson-pelatih tim nasional Inggris, sempat mengatakan bahwa ia dan timnya akan menghadapi dua pertandingan berat di awal penyisihan grup, lalu bermain di laga pemanasan kala bertemu Kosta Rika, sebelum ke babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Namun bola tetap bundar, fakta di atas lapangan berbeda dengan apa yang diperkirakan orang lewat perhitungan di atas kertas. Dalam tiga laga penyisihan grup, La Sele berhasil mencetak empat gol dan hanya satu kali kebobolan.

Hasil tersebut menunjukkan ketangguhan pertahanan Kosta Rika, mereka mampu meredam beberapa penyerang kelas dunia yang memborbardir pertahanan mereka seperti Cavani (Uruguay), Rooney (Inggris), dan Balotelli (Italia). Dari ketiga nama tersebut, hanya Cavani yang mampu merobek gawang Navas-penjaga gawang Kosta Rika, itu pun dari titik 12 pas.

Di lini depan, pengetahuan Campbell tentang sepak bola Yunani diharapkan dapat bermanfaat. Pemain berusia 22 tahun ini pernah merumput bersama salah satu klub di Negeri Seribu Dewa, yakni Olympiakos. Ia sukses menorehkan delapan gol dari 32 kali penampilannya.

Tapi jangan lupakan nama sang kapten Bryan Ruiz. Eks pemain Fulham yang kini bermain di PSV Eindhoven ini merupakan jendral lapangan tengah, sekaligus second striker Kosta Rika.

Dari kubu Yunani, kemungkinan tidak menampilkan penjaga gawang utama, Orestis Karnezis, dan gelandang, Panagiotis Kone, karena keduanya mengalami cedera pada pertandingan kontra Pantai Gading. Posisi mereka pun diprediksi akan digantikan oleh Glykos di posisi penjaga gawang, dan Samaris pada lini tengah The Pirate Ship-julukan tim sepak bola Yunani.

Bila melihat dari torehan Yunani di babak penyisahan grup, tim ini sebenarnya tidak memperoleh hasil yang baik. Dari tiga laga yang dilakoni, mereka hanya meraih empat poin, hasil sebuah kemenangan, satu hasil imbang, dan sekali kekalahan. Bahkan catatan selisih gol mereka pun buruk, yakni minus dua. Gawang tim besutan Fernando Santos ini berhasil dirobek sebanyak empat kali, sementara mereka hanya mencetak dua gol ke jala lawan.

Dengan kondisi seperti ini, satuharapan.com memprediksi pertandingan Kosta Rika vs Yunani akan berakhir dengan skor 2-1, bagi kemenangan La Sele.

Perkiraan Susunan Pemain (Kosta Rika vs Yunani)

Kosta Rika (5-3-2): Navas (penjaga gawang), Gamboa, Diaz Campbell, Miller, Gonzalez, Duarte, Ruiz, Borges, Campbell, Tejeda Valverde, Brenes

Pelatih: Jorge Pinto (Kolombia)

Yunani (4-5-1): Glykos (penjaga gawang), Torosidis, Holebas, Karagounis, Manolas, Papastathopoulos, Salpingidis, Maniatis, Samaras, Samaris, Christodoulopoulos

Pelatih: Fernando Santos (Portugal)

Wasit: Benjamin Williams (Australia)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home