Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:56 WIB | Senin, 31 Januari 2022

Presiden Israel Kunjungi UEA Pererat Hubungan Kedua Negara

Foto disediakan oleh Kantor Pers Pemerintah Israel, Presiden Israel, Isaac Herzog, tengah, dan Ibu Negara Michal Herzog diterima oleh Menteri Luar Negeri UEA, Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan, di Abu Dhabi, hari Minggu, 30 Januari 2022. (Foto: Amos Ben Gershom/GPO via AP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Presiden Israel bertemu dengan putra mahkota Abu Dhabi Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Minggu (30/1) pada kunjungan resmi pertama ke negara itu. Ini tanda terbaru dari upaya memperdalam hubungan antara kedua negara sementara ketegangan meningkat di wilayah tersebut.

UEA dan Israel menormalkan hubungan pada musim gugur 2020, bagian dari serangkaian kesepakatan diplomatik yang ditengahi Amerika Serikat antara Israel dan negara-negara Arab yang telah lama menghindari hubungan formal dengan Israel selama konflik puluhan tahun dengan Palestina.

Presiden Israel, Isaac Herzog, bertemu dengan pejabat tinggi UEA termasuk Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, pemimpin de facto Emirat. Kantor berita WAM yang dikelola negara UEA menggambarkan sambutan kerajaan untuk pemimpin Israel di istana, dengan lagu kebangsaan Israel menggema dan tembakan meriam penghormatan.

Herzog juga bertemu dengan anggota komunitas ekspatriat Yahudi yang kecil tetapi berkembang di negara itu dan pada hari Senin mengunjungi Expo 2020, pameran dunia di Dubai, di mana Israel telah menyelenggarakan serangkaian acara di paviliun nasionalnya.

Presiden memainkan peran seremonial sebagai pemersatu nasional dalam sistem parlementer Israel, di mana perdana menteri memegang kekuasaan paling besar. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett bulan lalu melakukan kunjungan resmi pertamanya ke UEA dan membahas penguatan hubungan di sejumlah bidang dengan Sheikh Mohammed.

Liputan media tentang perjalanan Herzog dan Bennett ke UEA yang otokratis telah dikontrol dengan ketat. Otoritas UEA belum mengundang wartawan ke istana tempat pertemuan diadakan, atau merencanakan konferensi pers apa pun. Berita dari kunjungan tersebut hanya muncul melalui pernyataan hati-hati di media yang dikelola pemerintah. Israel, negara demokrasi parlementer, tidak membawa jurnalis yang berbasis di Israel untuk bergabung dalam perjalanan kedua pemimpin tersebut.

Sesaat sebelum lepas landas, Herzog mengatakan dia berusaha untuk membawa pada kunjungannya “pesan perdamaian dari Israel ke Uni Emirat Arab, dan untuk semua orang di kawasan itu.”

Kerja sama Israel-Emirat datang pada saat yang sulit bagi Timur Tengah. Pertempuran dalam perang saudara tujuh tahun Yaman telah meningkat, meluas hingga mencapai tanah UEA untuk pertama kalinya bulan ini.

Pemberontak Houthi yang didukung Iran yang memerangi koalisi pimpinan Arab Saudi mengklaim serangan udara terhadap Abu Dhabi, satu roket yang menewaskan tiga pekerja di kawasan industri dan lainnya yang dicegat dan menyebarkan pecahan rudal di atas ibu kota.

Serangan itu mengejutkan penduduk, merusak rasa aman yang meresap di pusat bisnis global di kawasan itu. Houthi telah mengancam serangan lebih lanjut pekan ini.

Sementara itu, negosiasi di Wina antara kekuatan dunia dan Iran untuk mencegah program nuklir Teheran terhenti pada hari Jumat. Permusuhan bersama Iran dan ketakutan bersama atas program nuklirnya membantu mendorong UEA dan Israel untuk meresmikan hubungan setelah bertahun-tahun menjalin hubungan rahasia.

Para pemimpin Palestina telah mengutuk kesepakatan normalisasi sebagai pengkhianatan terhadap tujuan mereka untuk kenegaraan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home