Loading...
INDONESIA
Penulis: Sotyati 15:17 WIB | Kamis, 22 Oktober 2015

Presiden Jokowi dan Ratu Denmark Berbicara Batik

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan Kepala Negara Denmark, Ratu Margrethe II, dan Pangeran Consort. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo dan Ratu Denmark Margrethe II dari Denmark lebih banyak berbicara tentang batik dalam pertemuan kunjungan kenegaraan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (22/10).

"Tadi, kita banyak berbicara tentang batik. Beliau memang senang sekali pada batik dan lukisan," kata Presiden Joko Widodo didampingI Ibu Iriana seusai menerima kunjungan Ratu Denmark Margrethe II dan rombongan.

Presiden mengungkapkan Ratu Margrethe II sangat senang berbicara tentang batik dan menanyakan waktu dibutuhkan dalam membuat warisan budaya Indonesia ini.

"Saya sampaikan, kalau yang motif lereng, waktu pembuatannya hingga enam bulan. Kalau motif lain, kombinasi batik lereng dan motif lain, sekitar empat bulan. Memang berbeda-beda. Penjelasan seperti itu, yang saya sampaikan," kata Jokowi.

Dalam kunjungannya, Ratu Margrethe II dan Presiden juga menyaksikan empat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Denmark di bidang transportasi, energi, kebudayaan, dan kemaritiman.

Presiden mengatakan, kerja sama dengan Denmark ini akan dibicarakan lebih konkret oleh para menteri dari kedua negara. "Lebih konkretnya nanti, setelah menteri-menteri terkait sudah berbicara," kata Presiden.

Dalam menerima kunjungan kenegaraan Ratu Denmark ini, Presiden didampingi beberapa menteri, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Kooordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Pada kunjungannya pertama kali ke Indonesia kali ini, Ratu Denmark yang didampingi suaminya Pangeran Consort dan rombongan ini rencananya akan menghabiskan waktu dua hari di Tanah air. Usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Ratu Margrethe II menuju ke Pelabuhan Tanjung Priuk.

Dalam kunjungan ke Indonesia ini, Ratu Denmark juga akan melakukan kunjungan ke Yogyakarta untuk menghadiri  sejumlah perhelatan budaya seperti wayang hingga pameran kuliner dan ke Surabaya berkunjung ke pabrik sepatu.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home