Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 11:13 WIB | Minggu, 15 Mei 2016

Presiden Jokowi Hari Ini Akan Kunjungi Korea Selatan dan Rusia

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. (Foto: setkab.go.id)

BALI, SATUHARAPAN.COM –  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi hari Minggu (5/5) ini akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Seoul, Republik Korea dan kunjungan kerja ke Sochi, Federasi Rusia.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, mengatakan bahwa dalam kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan ini adalah untuk memenuhi undangan dari Presiden Park Geun-hye.

“Pertemuan dengan Presiden Park, Presiden akan mengajak Korea Selatan yang telah menjadi salah satu mitra strategis Indonesia untuk menjadi mitra dalam Akselerasi Industrialisasi Indonesia,” kata Ari Dwipayana di Bali hari Minggu (15/5).

Selain pertemuan dengan Presiden Park, kata Ari Dwipayana Presiden akan bertemu dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, bertemu dengan pemilik dan CEO perusahaan besar Korea, serta menjadi pembicara kunci dalam Asian Leaders Conference.

Menurut Ari agenda Presiden yang  utama di Rusia, bertemu dengan Presiden Putin dan Hadiri KTT Asean –Rusia

Sementara itu, di Sochi, Rusia, agenda utama Presiden adalah pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

Sebelumnya Indonesia dan Rusia adalah negara besar anggota G20 dan  Russia  merupakan mitra strategis Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Presiden Putin, Presiden akan membahas langkah untuk mempererat hubungan kerja sama bilateral, khususnya melalui kerja sama ekonomi dan pertahanan, mendorong diversifikasi investasi Russia di Indonesia ke sektor infrastruktur dan energi, membahas upaya bersama untuk menghadapi berbagai tantangan keamanan di kawasan dan global.

“Dalam KTT ASEAN-Rusia, Indonesia akan mengangkat beberapa isu strategis yang menjadi kepentingan nasional kita, yakni arsitektur dan keamanan kawasan; peningkatan kerja sama people to people contact; peningkatan kerjasama konektivitas, energi, dan UMKM,” kata dia.

Selain itu, kata Ari tema KTT ASEAN-Rusia yang diusung kali ini adalah “Moving toward a Strategic Partnership for mutual benefit”. KTT ini juga sekaligus merupakan Commemorative Summit, memperingati 20 tahun hubungan Rusia dan ASEAN.

“Dari kunjungan ke dua negara ini, Presiden berharap akan memberikan manfaat nyata yang bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan juga rakyat Korea Selatan dan Rusia,” kata dia.

Menurut Ari Presiden akan bertolak ke Seongnam Air Base Seoul, Korea Selatan dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, hari Minggu 15 Mei 2016 pukul 09.25 WITA dan diperkirakan tiba di Seoul pada pukul 17.20 Waktu Setempat (WS). Presiden dan rombongan berada di Seoul hingga pada hari Rabu pagi, 18 Mei 2016.

“Dari Seoul, Presiden akan menuju Sochi Rusia. Presiden akan kembali ke tanah air pada Jumat sore, 20 Mei 2016 dari Sochi Rusia dan diperkirakan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Sabtu siang, 21 Mei 2016,” kata dia.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Seoul, Korea Selatan adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Hadi Tjahjanto dan Staf Khusus Presiden Johan Budi.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home