Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:10 WIB | Kamis, 30 Maret 2023

Presiden Menjajal Naik Kereta Api Trans Sulawesi di Maros

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo berbincang bersama para siswa saat menjajal Kereta Api Lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros menuju Stasiun Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, pada Rabu, 29 Maret 2023. Foto: BPMI Setpres

MAROS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menjajal Kereta Api Lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros menuju Stasiun Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Tidak lama setelah berangkat, kereta tersebut berhenti sejenak di Stasiun Maros. Di sana, sejumlah anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) ikut menaiki kereta dan duduk di gerbong yang sama dengan Presiden dan Ibu Iriana.

Presiden dan Ibu Iriana menghampiri mereka. “Sudah pernah naik kereta?,” tanya Presiden.

“Belum, Pak,” jawab anak sekolah serentak.

Izza, siswi kelas 8 SMP mengaku senang bisa menaiki kereta bersama Presiden. “Senang (naik kereta),” kata Izza.

Jokowi berharap kereta api pertama yang ada di pulau Sulawesi tersebut dapat berkembang lebih baik lagi. “(Semoga) jauh lebih berkembang baik,” katanya.

Presiden Jokowi juga memberikan sejumlah sepeda kepada beberapa anak sekolah yang berhasil menjawab pertanyaan. Salah satunya Raihan, siswa kelas 6 SD, yang berhasil menjawab pertanyaan matematika dari Presiden.

“Terima kasih Pak Presiden atas sepedanya,” kata Raihan.

Bagian Kerata Api Trans Sulawesi

Presiden juga meninjau fasilitas di Stasiun Rammang-Rammang, dan menyampaikan bahwa kereta api tersebut merupakan bagian dari pekerjaan besar untuk pembangunan Trans-Sulawesi.

“Ini memang bagian dari pekerjaan besar kita untuk trans lintas Sulawesi dari Selatan, di Makassar, sampai nanti di Utara, di Manado, Sulawesi Utara,” kata Presiden usai meninjau fasilitas Stasiun Rammang-rammang.

Kereta api tersebut merupakan kereta api pertama di Sulawesi. Dengan dukungan fasilitas yang baik, Presiden berharap masyarakat dapat memanfaatkan moda transportasi kereta api untuk mengurangi kemacetan.

“Pekerjaan ini masih panjang sekali dan ini adalah kereta api pertama di Sulawesi, sehingga kita harapkan orang tidak lagi berbondong-bondong semuanya memakai mobil pribadi, memakai kendaraan pribadi. Tapi karena kereta apinya bagus, nyaman, dingin, bersih, orang akan berpindah, sehingga jalanan tidak macet,” tutur Presiden.

Setelah menjajal kereta api lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros tersebut, Kepala Negara mengatakan bahwa kereta api tersebut memiliki fasilitas yang bagus dan nyaman untuk digunakan oleh masyarakat. “Tadi saya mencoba dari Maros ke Rammang-Rammang keretanya bagus dan nyaman,” tutur Presiden.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home