Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:30 WIB | Kamis, 19 Maret 2015

Presiden Optmistis E-Filing Tunjang Penerimaan Pajak 2015

Presiden Joko Widodo saat menghadiri upacara Hari Ulang Tahun Korps Pegawari Republik Indonesia ke-43, akhir 2014. (FOto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis dengan sistem pengisian formulir Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak dengan sistem elektronik (e-filing) akan memenuhi target penerimaan pajak tahun 2015 sebesar Rp 1.244,7 triliun.

"Kita optimistis apa yang sudah ditargetkan itu bisa tercapai," kata Presiden Jokowiusai menyerahkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Kamis (19/3).

Jokowi menyebutkan e-filling bisa dikembangkan dan dipertahankan pada masa mendatang. Selama mengunjungi Kantor Pajak, Presiden juga meninjau ruangan khusus untuk analisis pajak. "Saya kira juga sangat komplit dan sistemnya sangat bagus," kata Jokowi.

Mengenai realisasi penerimaan pajak dalam dua bulan terakhir yang belum optimal, Presiden mengatakan bahwa  itu merupakan hal biasa pada awal tahun.

"Biasa di awal-awal bulan seperti ini, nanti akan kelihatan pada bulan-bulan pertengahan. Biasanya kan ramai-ramainya Desember, sekarang sudah dimulai di awal-awal," Jokowi menambahkan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBNP) 2015 menargetkan penerimaan pajak (tanpa PPh minyak dan gas) sebesar Rp1.244,7 triliun, naik sekitar 39 persen dari realisasi tahun 2014 sebesar Rp 895 triliun.

Jika penerimaan PPh minyak dan gas dimasukkan maka target penerimaan pajak 2015 menjadi Rp1.489,3 triliun.

Ia menyebutkan di ruang analisis dapat terlihat jelas realisasi penerimaan pajak secara bulanan.

"Kurangnya berapa kelihatan sekali dari monitor, saya tadi melihat itu di ruangan analisa itu, kelihatan gamblang sekali," dia menambahkan. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home