Loading...
INDONESIA
Penulis: Claudya Ananda Putri Kawet 11:44 WIB | Senin, 27 Mei 2013

Presiden SBY ke Swedia dan Amerika Serikat Pagi Ini

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono berangkat Senin (27/5) hari ini ke Swedia dan Amerika Serikat dalam rangka kunjungan kenegaraan dan mempererat hubungan bilateral.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 27 Mei hingga 2 Juni 2013 dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Swedia dan Amerika Serikat. SBY berserta rombongan delegasi berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma pada Senin (27/5) hari ini.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Dr. Teuku Faizasyah Staf khusus Presiden Bidang Hubungan International mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk memenuhi undangan Raja Carl XIV Gustav sedangkan kunjungan kerja ke AS adalah untuk menghadiri pertemuan kelima Panel Tingkat Tinggi PBB mengenai Angenda pembangunan pasca 2015.

“Kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Swedia sebagai kunjungan balasan atas kunjungan Raja dan Perdana Menteri Swedia yang mencerminkan hubungan bilateral antar kedua negara dan agar semakin memperkokoh kerjasama yang saling menguntungkan,” ujar Faizasyah.

Dalam kunjungannya SBY didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta sejumlah pejabat antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menperin MS Hidayat, dan Seskab Dipo Alam.

Selama di Swedia Presiden melakukan pertemuan dengan Raja Swedia Y. M. Carl XVI Gustav, melakukan pertemuan bilateral dengan PM Swedia, Y. M. Fredrik Reinfeldt serta Ketua Parlemen Swedia Y. M. Per Westerberg. Dalam rangkaian pertemuan tersebut akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan kedua negara terutama di bidang ekonomi, lingkungan hidup, perubahan iklim, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, riset dan teknologi.  Dalam kunjungannya akan ditandatangani juga sejumlah nota kesepahaman antara lain dibidang ilmu pengetahuan, teknologi , inovasi dan kesehatan.

Menurutnya, selain bertemu dengan pejabat tinggi swedia, SBY juga akan bertemu dengan pemimpin sejumlah perusahaan besar asal Swedia yang merencanakan investasi di Indonesia.

Dari Swedia, SBY berserta delegasi akan bertolak menuju New York, AS untuk menghadiri pertemuan kelima Panel Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa ini merupakan pertemuan terakhir Panel Tingkat Tinggi setelah empat pertemuan sebelumnya, masing–masing di New York, AS (September 2012), London, Inggris (November 2012), Monrovia, Liberia (Februari 2013, dan Bali, Indonesia (Maret 2013).

Presiden SBY akan memimpin pertemuan kelima Panel Tingkat Tinggi dan akan membahas laporan akhir panel serta pengesahan yang selanjutnya akan menyerahkan laporan tersebut kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Bertepatan dengan kunjungannya ke AS, SBY akan menerima penghargaan Wolrs Statesman Award dari organisasi nirlaba Appeal of Conscience Foundation (AoCF). Penghargaan ini diberikan atas berbagai capaian dalam memajukan masyarakat yang demokrati, ikut menciptakan tatanan international yang lebih damai, dan mendorong kemjuan yang lebih besar atas penghormatan HAM, kebebasan beragama dan hubungan antar-peradaban.

Presiden RI dan Ibu Negara beserta delegasi akan meninggalkan New York pada tanggal 31 Mei 2013 dan akan tiba di Tanah Air pada Minggu, 2 Juni 2013 mendatang.

Editor : Wiwin Wirwidya Hendra


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home