Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:03 WIB | Minggu, 14 Januari 2024

Presiden Terpilih Taiwan Janji Pertahankan Demokrasi dan Hadapi Intimidasi China

Presiden terpilih Taiwan, Lai Ching-te, dari Partai Progresif Demokratik (DPP) memberi isyarat saat ia menghadiri rapat umum menyusul kemenangan dalam pemilihan presiden, di Taipei, Taiwan, pada 13 Januari 2024. (Foto: Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Presiden terpilih Taiwan, Lai Ching-te, pada hari Sabtu (13/1) berjanji untuk berdiri “di sisi demokrasi” dan membela pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut dari “intimidasi” dari China, yang telah mencapnya sebagai ancaman terhadap perdamaian di wilayah yang menjadi titik konflik tersebut.

Lai meraih masa jabatan ketiga berturut-turut untuk Partai Progresif Demokratik (DPP) yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah kampanye yang riuh di mana ia menyatakan dirinya sebagai pembela cara hidup demokratis Taiwan.

Komunis China mengklaim Taiwan yang demokratis, yang dipisahkan dari daratan oleh selat sepanjang 180 kilometer (110 mil), sebagai miliknya dan mengatakan pihaknya tidak akan mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mewujudkan “unifikasi,” bahkan jika konflik tampaknya tidak akan terjadi.

Beijing di masa lalu telah mengecam Lai, wakil presiden saat ini, sebagai seorang “separatis” yang berbahaya dan menjelang pemungutan suara, kementerian pertahanannya berjanji untuk “menghancurkan” segala upaya menuju kemerdekaan Taiwan.

Berbicara kepada para pendukungnya setelah kedua lawannya mengakui kekalahan, Lai berterima kasih kepada rakyat Taiwan karena “menulis babak baru dalam demokrasi kita.”

“Kami menyampaikan kepada komunitas internasional bahwa antara demokrasi dan otoritarianisme, kami akan berpihak pada demokrasi,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia juga akan mencoba melakukan pertukaran dengan China.

“Saya akan bertindak… dengan cara yang seimbang dan mempertahankan status quo lintas selat,” katanya.

Namun dia juga berjanji “untuk melindungi Taiwan dari ancaman dan intimidasi yang berkelanjutan dari China.”

Periode Ketiga

Menjelang pemungutan suara pada hari Sabtu (13/1), pihak berwenang telah berulang kali memperingatkan adanya campur tangan dari China, merujuk pada perjalanan berbayar ke daratan bagi para pemilih dan menandai adanya disinformasi yang memberikan kesan negatif pada Lai.

Setelah kemenangannya, Lai mengatakan bahwa pulau tersebut “berhasil menolak upaya kekuatan eksternal untuk mempengaruhi Pemilu ini.”

Kemenangan ini memperpanjang kekuasaan DPP setelah delapan tahun di bawah kepemimpinan Presiden Tsai Ing-wen, yang menjabat maksimal dua kali masa jabatan empat tahun.

Namun dalam Pemilu legislatif yang diadakan bersamaan dengan pemungutan suara presiden, DPP kehilangan mayoritas di parlemen yang memiliki 113 kursi.

Menurut data resmi dari Komisi Pemilihan Umum Pusat Taiwan, Lai memperoleh 40,1 persen suara dengan surat suara dihitung dari 99 persen TPS.

Saingan utamanya Hou Yu-ih dari oposisi Kuomintang (KMT) berada di posisi kedua dengan 33,5 persen.

“Ketika rakyat telah mengambil keputusan, kami menghadapinya dan mendengarkan suara rakyat,” kata Hou kepada para pendukungnya.

Hou dari KMT mendukung hubungan yang lebih hangat dengan China dan menuduh DPP memusuhi Beijing dengan pendiriannya bahwa Taiwan “sudah merdeka.”

Ko Wen-je, yang meraih 26,5 persen suara dengan tawaran anti kemapanan berupa “cara ketiga” untuk keluar dari kebuntuan dua partai, mengatakan hasil tersebut menempatkan Partai Rakyat Taiwan (TPP) yang dipimpinnya dalam peta sebagai “kunci” kekuatan oposisi.”

“Ko Wen-je tidak akan menyerah dalam membangun Taiwan menjadi negara yang berkelanjutan dan saya ingin mengimbau Anda untuk tidak menyerah juga,” katanya kepada para pendukungnya.

Selama masa kampanye, KMT dan TPP mencoba mencapai kesepakatan untuk bergabung melawan DPP, namun kemitraan tersebut gagal karena kepahitan publik mengenai siapa yang akan memimpin calon presiden.

Pemilu ini diawasi dengan ketat oleh Beijing dan Washington, mitra militer utama Taiwan, ketika kedua negara adidaya tersebut berebut pengaruh di wilayah yang secara strategis penting tersebut.

Ancaman China

Terletak di pintu gerbang maritim utama yang menghubungkan Laut Cina Selatan ke Samudra Pasifik, Taiwan adalah rumah bagi industri semikonduktor pembangkit tenaga listrik yang memproduksi microchip berharga, sumber kehidupan perekonomian global yang menggerakkan segala hal mulai dari ponsel pintar, mobil hingga rudal.

China telah meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan dalam beberapa tahun terakhir, yang secara berkala memicu kekhawatiran tentang potensi invasi.

Presiden China, Xi Jinping, mengatakan dalam pidato Tahun Baru baru-baru ini bahwa “penyatuan” Taiwan dengan China “tidak dapat dihindari.”

Setelah beberapa pekan retorika yang kuat mengenai pemungutan suara Taiwan dari Beijing, tetapi hanya sedikit liputan di media pemerintah China untuk khalayak domestic, acara pada pukul 19:00 siaran berita televisi pemerintah Xinwen Lianbo tidak menyebutkan pemungutan suara tersebut.

Pesawat tempur dan kapal angkatan laut China hampir setiap hari menyelidiki pertahanan Taiwan dan Beijing juga telah melakukan latihan perang besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, mensimulasikan blokade terhadap pulau tersebut dan mengirimkan rudal ke perairan sekitarnya.

Militer China mengatakan pada malam sebelum pemungutan suara bahwa mereka akan “mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menghancurkan segala bentuk upaya ‘kemerdekaan Taiwan’.”

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, bertemu dengan seorang pejabat senior Chinadi Washington beberapa jam sebelum pemungutan suara dan menekankan pentingnya “menjaga perdamaian dan stabilitas” di Selat Taiwan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home