Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Selasa, 13 Juni 2023

Pria Inggris Ditangkap di Korea Selatan Karena Panjat Gedung Pencakar Langit

Foto dari Kantor Pusat Manajemen Bencana dan Kebakaran Metropolitan Seoul, menunjukkan seorang pria Inggris tak dikenal memanjat Menara Lotte World, gedung pencakar langit tertinggi di negara itu, di Seoul, Korea Selatan, Senin, 12 Juni 2023. Pria Inggris itu ditahan setelah mendaki lebih dari setengah jalan gedung pencakar langit tertinggi kelima di dunia di Seoul hanya dengan tangan kosong pada hari Senin, kata pihak berwenang. (Foto: Kantor Pusat Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Metropolitan Seoul, via AP).

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria Inggris ditahan setelah memanjat lebih dari setengah jalan gedung pencakar langit tertinggi kelima di dunia di Seoul, Korea Selatan, hanya dengan tangan kosong pada hari Senin (12/6), kata pihak berwenang.

Lebih dari 90 personel darurat, polisi, dan personel lainnya dikerahkan ke Lotte World Tower setinggi 123 lantai setinggi 555 meter (1.820 kaki), setelah pria itu terlihat memanjat gedung pada hari Senin pagi, kata dinas pemadam kebakaran Seoul dalam sebuah pernyataan.

Pria itu, berusia 20-an, mencapai lantai 72, yang tingginya sekitar 310 meter (1.020 kaki), sebelum petugas membawanya ke lift gondola dan memindahkannya ke dalam gedung, kata pernyataan itu.

Media Korea Selatan mengidentifikasi pria itu sebagai pendaki bebas George King-Thompson. Laporan mengatakan dia membawa parasut dan mengatakan kepada polisi bahwa dia ingin BASE-melompat dari atas gedung.

Otoritas pemadam kebakaran dan polisi tidak segera mengkonfirmasi nama atau motif pria tersebut.

King-Thompson ditangkap pada tahun 2019 setelah memanjat Shard di London, gedung pencakar langit tertinggi di Inggris dengan ketinggian 310 meter (1.017 kaki), setelah pemilik gedung mengajukan tuntutan terhadapnya karena masuk tanpa izin. Dia dijatuhi hukuman enam bulan penjara dan menjalani tiga bulan.

Pada tahun 2021, dia mendaki Menara Stratosphere 36 lantai, sebuah blok perumahan di lingkungan Stratford London timur dan mencapai puncaknya dalam waktu kurang dari setengah jam. Ia mengatakan memilih gedung tersebut karena terkejut dengan banjir bandang yang baru-baru ini melanda wilayah tersebut dan ingin meningkatkan kesadaran akan keseriusan perubahan iklim.

Polisi mengkonfirmasi mereka menahan pria itu tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Lotte Property & Development, yang mengoperasikan menara tersebut, mengatakan pria itu tidak mengalami luka serius. Pernyataan pemadam kebakaran mengatakan dia menderita luka di kulitnya di lutut kanan.

Pada tahun 2018, pendaki Prancis Alain Robert, yang dikenal sebagai "Spiderman" karena aksinya yang berani, juga ditahan setelah mendaki lantai 75 Menara Lotte World. Pejabat Lotte mengatakan mereka mendengar dia akhirnya dibebaskan dan meninggalkan Korea Selatan setelah mereka memberi tahu polisi bahwa mereka tidak ingin mengajukan tuntutan atas gangguan atau pelanggaran.

Lotte Property & Development mengatakan pejabat perusahaan diharapkan untuk mendiskusikan apa yang harus dilakukan dengan pria Inggris itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home