Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:26 WIB | Rabu, 01 Juni 2016

Produk Kuliner Kelapa Indonesia Dipromosikan di AS

Ilustrasi: Indonesia menghadirkan produk turunan kelapa, seperti santan, air kelapa, gula kelapa organik, keripik kelapa, dan minyak kelapa. (Foto: Dok. satuharapan.com)

CHICAGO, SATUHARAPAN.COM - Perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri kian gencar mempromosikan produk Indonesia. Pada 21-24 Mei 2016, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago, Amerika Serikat (AS) mempromosikan produk kuliner natural dan organik Indonesia di National Restaurant Association (NRA) Show di McCormick Place, Chicago, AS. NRA adalah asosiasi restoran terbesar di AS.

“Kami ingin banyak restoran Indonesia tumbuh di Amerika. Semakin banyak restoran Indonesia, makin mudah mempromosikan produk-produk kuliner Tanah Air," jelas Kepala ITPC Chicago Wijayanto dalam keterangan tertulis hari Selasa (31/5).

Menurut Wijayanto, jika ingin memperkenalkan produk makanan dan minuman ataupun produk peralatan masak di Amerika, salah satu cara terbaik adalah melalui restoran.

Berkaca dari Thailand, Jepang, dan Tiongkok, produk makanan dan minuman mereka terkenal karena banyaknya restoran dari tiga negara itu di AS.

"Industri kuliner di Amerika saat ini berkembang cukup pesat, dan banyak tumbuh restoran-restoran baru seiring dengan tumbuhnya kultur suka mencoba makanan baru di antara masyarakat Amerika," lanjutnya.

Indonesia menghadirkan produk turunan kelapa, seperti santan, air kelapa, gula kelapa organik, keripik kelapa, dan minyak kelapa.

Selain itu, Indonesia juga menyajikan teh organik, bumbu-bumbu natural, dan sambal spesial yang dibuat khusus oleh restoran Indonesia yang ada di Chicago, Rickshaw Republic.

Perusahaan Indonesia yang ikut serta pada pameran ini antara lain Javara, Tehku, Kara, Glopac, dan Firna Glassware. Produk yang cukup menarik perhatian para buyers adalah produk kelapa.

Wijayanto mengatakan bahwa ada beberapa permintaan terkait produk kelapa seperti gula kelapa dan santan. Selain itu, untuk menarik pengunjung, Paviliun Indonesia mengadakan demo masak yang dilakukan chef muda Indonesia dari Rickshaw Republic, Hans Christian.

Menu yang disajikan adalah mi natural dari perusahaan Javara yang dimasak dengan Sambal Oma dari Rickshaw Republic. Untuk makanan penutup, Chef Hans membuat kolak atau banana foster yang dibuat dari santan Kara dan keripik kelapa dari Javara.

Meskipun Paviliun Indonesia terletak di wilayah khusus produk natural dan organik, Indonesia juga menampilkan produk gelas dari Firna dan juga gelas kertas dari Glopac.

Lebih lanjut Wijayanto mengatakan, industri restoran tidak hanya membutuhkan bahan baku makanan, tetapi juga peralatan masak dan perlengkapan makan dan minum, seperti panci, piring, dan gelas. Tahun depan, kata dia, ITPC Chicago berencana berpartisipasi kembali di NRA Show.

Menurut Wiajayanto, salah satu kriteria penting untuk dapat ikut serta adalah produknya inovatif dan sudah siap masuk pasar AS.

“Kami membuka kesempatan bagi seluruh produsen Indonesia yang memiliki produk barang atau pun jasa terkait restoran untuk ikut serta,” katanya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home