Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:11 WIB | Senin, 05 Februari 2024

Prof Dr.-Ing Herman Parung, Rektor Baru Ukrida Jakarta

Prof. Dr. -Ing. Herman Parung, M. Eng. (Foto: Ukrida)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta dipimpin oleh rektor baru, Prof. Dr. -Ing. Herman Parung, M. Eng., seorang ahli teknil sipil yang meraih gelar studi doktoralnya di Technische Hochshule Darmstadt, Germany tahun 1998.

Herman Parung mulai memimpin Ukrida pada 31 Januari 2024  untuk masa bakti 2024-2028. Dia akademiki kelahiran tanggal 29 Juli 1962, di Rantepao, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Pendidikan sampai SMA ditempuh di di Rantepao, kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Hasanuddin, Makassar, mengambil program studi Teknik Sipil. Pendidikan lanjutan ditempuh di University of Auckland, New Zealand, dan meraih Master of Engineering tahun 1992.

Sekembali dari Selandia Baru kembali ke almamater, Universitas Hasanuddin sebagai dosen, demikian juga setelah menyelesaikan studi doktoral di Jerman. Panggilan tugasnya sebagai dosen terus ditekuni, dan pada tanggal 1 Apri l 2006 ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Teknik Sipil Universitas Hasanuddin, Makassar.

Herman Parung, selain sebagai dosen, juuga menjalankan profesinya sebagai ahli teknil sipil, termasuk pasca tsunami Aceh di tahun 2004, untuk selama enam tahun ia mengunjungi Aceh sebulan sekali untuk mengecek proyek yang juga dipercayakan kepadanya sebagai tugas kemanusiaan dari Palang Merah Indonesia, yang berafiliasi dengan Palang Merah Internasional.

Selain menjalankan tugas sebagai dosen juga dipercayakan sebagai Reviewer di berbagai universitas di dalam dan luar negeri. Tugas sebagai Assessor dilaksanakan karena ia sudah menjalankan tugas menjadi Reviewer.

Dia tercatat dalam berbagai jabatan akademik dan bidang tugas lainnya yangdipercayakan kepadanya di antaranya: Head Master's Program Civil Engineering Faculty of Engineering UNHAS , Head of Earthquake Engineering Lab, Civil Engineering UNHAS, Vice Director for Cooperation, Graduate Program UNHAS, Vice Dean for Academic, Research and Publication, Graduate School UNHAS

Dia juga mengemban tugas sebagai Assessor for LAM Teknik, ranging from Bachelor to Doctorate Program, Lead Assessor for AUN QA –ASEAN University Network Quality Assurance, Assessor for BANPT – nasional Accreditation Board for Higher Education, Riviewer of DIKTI for various Grant, seperti TPSDP, PKKM/MBKM, Kedaireka/Matching Fund, Hibah PPTS, dan Akselerasi Penyatuan dan Penggabungan PTS.

Beberapa buku yang ditulisnya adalah: Seismic Design of Buildings – Effects of Earthquake and Design Provision (tahun 2012 – dalam Bahasa Inggris), Composite Structures – Behavior Under Earthquake Loading (tahun 2016 – dalam Bahasa Inggris), Dynamics of Structure and Earthquake Engineering (tahun 2023 – balam Bahasa Indonesia).

Herman Parung menilai kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai upaya menjembatani kebutuhan dunia industri atau dunia kerja dengan kompetensi keterampilan mahasiswa. Karena itu salah satu dalam program MBKM adalah magang mahasiswa di dunia kerja, dan ternyata pemahaman mahasiswa tentang teori dan praktik menjadi lebih baik. Memang program MBKM ini dalam implementasinya perlu terus dicerma agar sesuai dengan tujuan kebijakan itu.

Mulai 31 Januari 2024 ini Prof. Dr. -Ing. Herman Parung, M. Eng., resmi memimpin Ukrida dalam jabatan Rektor untuk masa bak 2024 – 2028. Ukrida sebagai tempat pengabdian baru, bukan jenis profesi baru. Herman Parung menjadi bagian dari Ukrida, berkarya bersama Ukrida dalam naungan motto Lead To Impact, yang terus memberi dampak baik bagi masyarakat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home