Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 09:41 WIB | Rabu, 18 November 2015

Prospek Ekonomi Jerman Tetap Cerah Pasca Teror Paris

Ilustrasi. Pesimisme ekonomi di Jerman tidak akan meningkat pascaserangan di Paris akhir pekan lalu. (Foto: gogermany.about.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Pascaserangan yang terjadi di Paris akhir pekan lalu nampaknya tak membuat sentimen investor menjadi negatif terhadap investasi dan perekonomian di Jerman. Sebaliknya, sentimen investor Jerman rebound (naik) pada November setelah sebelumnya mengalami penurunan beruntun.

Indeks kepercayaan investor yang dihitung institut ekonomi ZEW naik menjadi 10,4 poin dari 1,9 poin sebulan sebelumnya, menurut pernyataan lembaga kajian strategis itu.

“Prospek perekonomian Jerman cerah hingga akhir tahun ini,” menurut pernyataan presiden ZEW Profesor Clemens Fuest pada Selasa (17/11).

“Pesisimisme ekonomi tampaknya tidak akan meningkat setelah serangan teror di Paris,” tambahnya, merujuk pada data yang diterima sejak teror Paris pada Jumat malam.

“Tingkat konsumsi yang tinggi saat ini di Jerman, penurunan terbaru dalam nilai eksternal euro, dan pemulihan yang sedang berlangsung di Amerika Serikat kemungkinan akan menyokong peningkatan kuat ekonomi Jerman.”

Demi penyusunan survei itu, ZEW menanyakan kepada para analis dan investor lembaga mengenai penilaian terbaru mereka atas situasi perekonomian di Jerman, serta perkiraan mereka dalam beberapa bulan mendatang. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home