Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:59 WIB | Jumat, 28 Januari 2022

Puluhan Anggota ISIS Bersenjata Masih Sembunyi di Penjara Hasakah

Puluhan Anggota ISIS Bersenjata Masih Sembunyi di Penjara Hasakah
Helikopter serang Amerika Serikat menembakkan suar di Hassaah, timur laut Suriah, Rabu, 26 Januari 2022. Lusinan militan ISIS bersenjata tetap bersembunyi di bagian terakhir penjara Suriah yang diduduki, kata pasukan pimpinan Kurdi yang didukung AS, Kamis. Kedua belah pihak bentrok sehari setelah Pasukan Demokrat Suriah (SDF) mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan kembali kendali penuh atas fasilitas tersebut. (Foto-foto: AP Photo/Baderkhan Ahmad)
Puluhan Anggota ISIS Bersenjata Masih Sembunyi di Penjara Hasakah
Pejuang Pasukan Demokrat Suriah (SDF) berjalan di sebuah lapangan di Hassakah, timur laut Suriah, Rabu, 26 Januari 2022.

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Puluhan anggota Negara Islam (ISIS) bersenjata tetap bersembunyi di bagian terakhir penjara Suriah yang diduduki, kata pasukan pimpinan Kurdi yang didukung Amerika Serikat, hari Kamis (27/1). Kedua belah pihak bentrok sehari setelah Pasukan Demokrat Suriah (SDF) mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan kembali kendali penuh atas fasilitas tersebut.

Pertempuran antara ekstremis ISIS bersenjata dan pasukan SDF menewaskan sedikitnya dua ekstremis Islam pada Kamis, kata SDF dalam sebuah pernyataan. Dikatakan antara 60 dan 90 anggota ISIS bersembunyi di bagian utara penjara di kota timur laut Hassakah.

SDF mengklaim pada hari Rabu bahwa mereka telah mendapatkan kembali kendali penuh atas penjara - seminggu setelah sejumlah gerilyawan menyerbu fasilitas itu. Para penyerang membiarkan beberapa orang melarikan diri, atau menyandera, termasuk tahanan anak-anak, dan bentrok dengan pejuang SDF dalam kekerasan yang menewaskan puluhan orang.

Serangan selama sepekan di salah satu fasilitas penahanan terbesar di Suriah telah mengubah Hassakah menjadi zona konflik. Pemerintah yang dipimpin Kurdi mengumumkan jam malam dan menutup kota, melarang pergerakan masuk dan keluar.

Pada hari Kamis, pemerintah mengumumkan jam malam penuh hingga 1 Februari di daerah-daerah yang diaturnya di Provinsi Deir el-Zour, Suriah di bagian selatan, dengan alasan masalah keamanan. Hanya layanan penting yang diizinkan beroperasi.

SDF mengatakan sekitar 3.000 narapidana telah menyerah sejak operasinya untuk merebut kembali sayap utara penjara dimulai tiga hari lalu.

Para militan telah menggunakan tahanan anak sebagai tameng manusia untuk memperlambat upaya tersebut. Ada lebih dari 600 tahanan anak di fasilitas yang menampung lebih dari 3.000 narapidana. Pejabat Kurdi belum memberikan jumlah spesifik dari populasi fasilitas tersebut.

Para pejabat Kurdi mengatakan sejumlah besar anak-anak dibebaskan pada hari Rabu tetapi nasib mereka masih belum jelas. Kelompok hak asasi dan setidaknya satu tahanan anak dari dalam penjara mengatakan banyak anak tewas dan terluka dalam bentrokan tersebut. Kelompok hak asasi telah mengkritik SDF karena menahan anak-anak di fasilitas dewasa atau menahan mereka tanpa pengadilan sejak awal.

Dalam sebuah pernyataan, SDF mengatakan anak-anak telah disimpan di asrama terpisah dari orang dewasa, dan ditahan sebagai "tindakan sementara" untuk keselamatan mereka dan keselamatan masyarakat sampai solusi untuk mereka ditemukan.

SDF yang dipimpin Kurdi mengimbau PBB dan negara-negara anggota untuk “mencari solusi sejati dengan memulangkan anak-anak non-Suriah, merehabilitasi mereka.”

Setidaknya 300 tahanan anak asing diyakini ditahan di fasilitas Gweiran. Ribuan lainnya, kebanyakan di bawah usia 12 tahun, ditahan bersama ibu mereka di kamp-kamp terkunci di bagian lain timur laut Suriah, karena dicurigai sebagai keluarga anggota ISIS.

Sebagian besar negara telah menolak untuk memulangkan mereka, dengan hanya 25 dari 60 negara yang mengambil kembali anak-anak mereka, beberapa tanpa ibu mereka.

Dalam sepekan pertempuran, puluhan pejuang dari kedua belah pihak telah tewas, koalisi pimpinan AS telah melakukan hampir selusin serangan udara dan ribuan warga sipil yang tinggal di dekatnya telah mengungsi.

Siamand Ali, juru bicara SDF, mengatakan para militan bersembunyi di ruang bawah tanah bagian utara.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris menyebutkan korban tewas dari perjuangan itu lebih dari 200, termasuk lebih dari 150 militan dan lebih dari 50 pejuang dari pasukan pimpinan Kurdi. Sedikitnya tujuh warga sipil tewas dalam pertempuran, kata Observatorium. SDF mengatakan informasi awal menyebutkan jumlah korban tewas pasukan itu adalah 35 orang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home