Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:53 WIB | Jumat, 28 Januari 2022

AS Siapkan 8.500 Pasukan Tanggapi Kemungkinan Rusia Serang Ukraina

AS Siapkan 8.500 Pasukan Tanggapi Kemungkinan Rusia Serang Ukraina
Juru bicara Pentagon, John Kirby, berbicara selama pengarahan di Pentagon di Washington, Senin, 24 Januari 2022. Pentagon mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah menempatkan sekitar 8.500 tentara dalam siaga tinggi, sehingga mereka akan siap untuk dikerahkan jika diperlukan untuk meyakinkan. Sekutu NATO dalam menghadapi agresi Rusia yang sedang berlangsung di perbatasan Ukraina. (Foto: AP/Manuel Balce Ceneta)
AS Siapkan 8.500 Pasukan Tanggapi Kemungkinan Rusia Serang Ukraina
Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg, kedua kiri, menyapa Menteri Luar Negeri Siprus Ioannis Kasoulides, kanan, selama pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussels, Senin, 24 Januari 2022. Para menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin bertujuan untuk menunjukkan tampilan baru dari tekad dan persatuan dalam mendukung Ukraina, di tengah ketidakpastian yang mendalam tentang apakah Presiden Vladimir Putin berniat untuk menyerang tetangga Rusia atau mengirim pasukannya melintasi perbatasan. (Foto: AP/Virginia Mayo)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pentagon memerintahkan 8.500 tentara dalam siaga lebih tinggi pada hari Senin (24/1) untuk kemungkinan dikerahkan ke Eropa sebagai bagian dari "pasukan tanggapan" NATO di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa Rusia dapat segera melakukan tindakan militer di Ukraina.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, berkonsultasi dengan para pemimpin utama Eropa, menggarisbawahi solidaritas AS dengan sekutu di sana.

Menempatkan pasukan yang berbasis di AS dalam kewaspadaan tinggi untuk Eropa menunjukkan berkurangnya harapan bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, akan mundur dari apa yang dikatakan Biden sendiri sebagai ancaman untuk menyerang negara tetangganya, Ukraina.

Yang dipertaruhkan, di luar masa depan Ukraina, adalah kredibilitas aliansi NATO yang merupakan pusat strategi pertahanan AS, tetapi Putin memandangnya sebagai peninggalan Perang Dingin dan ancaman bagi keamanan Rusia.

Bagi Biden, krisis tersebut merupakan ujian besar atas kemampuannya untuk membentuk sikap sekutu yang bersatu melawan Putin.

Sekretaris pers Pentagon, John Kirby, mengatakan sekitar 8.500 tentara yang berbasis di AS sedang disiagakan untuk kemungkinan penempatan, bukan ke Ukraina tetapi ke wilayah NATO di Eropa Timur sebagai bagian dari kekuatan aliansi yang dimaksudkan untuk menandakan komitmen terpadu untuk mencegah agresi Putin yang lebih luas.

Rusia membantah sedang merencanakan invasi. Dikatakan tuduhan Barat hanyalah kedok untuk provokasi yang direncanakan NATO sendiri.

Beberapa hari terakhir telah terlihat diplomasi berisiko tinggi yang gagal untuk mencapai terobosan, dan pemain kunci dalam drama membuat langkah yang menunjukkan ketakutan akan perang yang akan segera terjadi.

Biden telah berusaha untuk mencapai keseimbangan antara tindakan yang dimaksudkan untuk mencegah Putin dan tindakan yang mungkin memberi pemimpin Rusia itu kesempatan untuk menggunakan kekuatan besar yang telah ia kumpulkan di perbatasan Ukraina.

Biden mengadakan pembicaraan video 80 menit dengan beberapa pemimpin Eropa tentang pembangunan militer Rusia dan tanggapan potensial terhadap invasi. "Saya mengadakan pertemuan yang sangat, sangat, sangat baik -- kebulatan suara total dengan semua pemimpin Eropa," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih. “Kita akan membicarakannya nanti.”

Sehari sebelumnya, Departemen Luar Negeri telah memerintahkan keluarga semua personel Amerika di Kedutaan Besar AS di Kiev untuk meninggalkan negara itu, dan dikatakan bahwa staf kedutaan yang tidak penting dapat pergi dengan biaya pemerintah AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, mengatakan bahwa keputusan AS adalah "langkah prematur" dan tanda "kehati-hatian yang berlebihan." Dia mengatakan Rusia menabur kepanikan di antara orang Ukraina dan orang asing untuk mengacaukan Ukraina.

Inggris juga mengatakan telah menarik beberapa diplomat dari Kedutaan Besar Kiev. Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan invasi tidak bisa dihindari tetapi "intelijen cukup suram."

Dalam sebuah pernyataan sebelum pengumuman Kirby, NATO mengatakan Belanda berencana untuk mengirim dua pesawat tempur F-35 ke Bulgaria pada bulan April dan menempatkan sebuah kapal dan unit berbasis darat dalam keadaan siaga untuk Pasukan Respon NATO.

NATO belum membuat keputusan untuk mengaktifkan Response Force, yang terdiri dari sekitar 40.000 tentara dari berbagai negara. Kekuatan itu ditingkatkan pada tahun 201, ketika Rusia merebut Semenanjung Krimea Ukraina dan campur tangan untuk mendukung separatis pro-Rusia di Ukraina timur, dengan menciptakan “kekuatan ujung tombak” sekitar 20.000 tentara dalam siaga ekstra tinggi dalam Pasukan Respons yang lebih besar.

Jika NATO memutuskan untuk mengaktifkan Pasukan Respons, Amerika Serikat akan menyumbangkan sejumlah unit militer, kata Kirby.

"Ini adalah seruan NATO," kata Kirby. “Bagi kami, kami ingin memastikan bahwa kami siap jika panggilan itu datang. Dan itu berarti memastikan bahwa unit yang akan berkontribusi untuk itu siap secepat mungkin dalam waktu sesingkat mungkin.”

Rusia telah mengumpulkan sekitar 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina, menuntut agar NATO berjanji tidak akan pernah mengizinkan Ukraina untuk bergabung dan bahwa tindakan lain, seperti menempatkan pasukan aliansi di negara-negara bekas blok Soviet, dibatasi.

NATO mengatakan bahwa pihaknya memperkuat pencegahan di wilayah Laut Baltik. Aliansi akan "mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi dan membela semua sekutu," kata Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg. “Kami akan selalu menanggapi setiap kerusakan lingkungan keamanan kami, termasuk melalui penguatan pertahanan kolektif kami.”

Di Moskow, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan NATO dan AS-lah yang berada di balik meningkatnya ketegangan, bukan Rusia. “Semua ini terjadi bukan karena apa yang kami, Rusia, lakukan. Ini terjadi karena apa yang NATO, AS lakukan,” kata Peskov kepada wartawan.

Pengumuman NATO disampaikan ketika para menteri luar negeri Uni Eropa berusaha untuk menunjukkan persatuan mereka sendiri untuk mendukung Ukraina, dan tentang kekhawatiran terjadi perpecahan serta cara terbaik untuk menghadapi setiap agresi Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, para menteri mengatakan Uni Eropa telah meningkatkan persiapan sanksi, dan mereka memperingatkan bahwa "setiap agresi militer lebih lanjut oleh Rusia terhadap Ukraina akan memiliki konsekuensi besar dan biaya yang parah." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home