Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:42 WIB | Kamis, 03 Maret 2022

Puluhan Ribu Relawan Ukraina Bangkit Menghadang Invasi Rusia

Puluhan Ribu Relawan Ukraina Bangkit Menghadang Invasi Rusia
Andrey Goncharuk, 68 tahun, seorang anggota pertahanan teritorial, berjalan di halaman belakang sebuah rumah yang rusak akibat serangan udara Rusia, menurut penduduk setempat, di Gorenka, di luar ibu kota Kiev, Ukraina, hari Rabu, 2 Maret 2022.(Foto: AP/Vadim Ghirda)
Puluhan Ribu Relawan Ukraina Bangkit Menghadang Invasi Rusia
Guru bahasa Prancis, Pjotr Vyerko, 81 tahun, memegang senapan di rumahnya yang rusak akibat gelombang kejut serangan udara Rusia di Gorenka, di luar ibu kota Kiev, Ukraina, Rabu, 2 Maret 2022. Vyerko mengatakan kepada Associated Press bahwa dia siap untuk menggunakan senapannya untuk menembak penjajah karena dia memiliki seorang putri dan cucu. "Jika mereka datang ke sini, saya akan menusuk mereka dengan garpu rumput jika saya tidak punya senjata -- tapi saya punya senjata," katanya. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Puluhan Ribu Relawan Ukraina Bangkit Menghadang Invasi Rusia
Seorang perempuan menangis di luar sebuah rumah yang rusak akibat serangan udara Rusia, menurut penduduk setempat, di Gorenka, di luar ibu kota Kyiv, Ukraina, Rabu, 2 Maret 2022.(Foto: AP/Vadim Ghirda)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Andrey Gonchruk bertugas bersama tentara Rusia saat Ukraina menjadi bagian dari Uni Soviet dan menyebut mereka bersaudara. Tetapi pada hari Rabu (2/3), pria berusia 68 tahun itu menyeka wajahnya dengan satu tangan dan memegang senapan dengan tangan lainnya, siap untuk melawan invasi Rusia ke negaranya.

“Ini adalah serangan kilat,” kata Gonchruk. Dia berdiri di puing-puing sebuah rumah yang baru saja dihancurkan oleh apa yang disebut penduduk sebagai serangan udara Rusia di Gorenka, sebuah desa di pinggiran ibu kota Ukraina yang telah menjadi arena baku tembak ketika Moskow mencoba untuk mengambil Kiev.

Pensiunan berjanggut putih adalah satu dari puluhan ribu orang Ukraina yang secara sukarela mempertahankan Tanah Air mereka dari Rusia. Dia dan putranya, Kostya, mempersenjatai diri setelah invasi pekan lalu. Bersama-sama, mereka berpatroli di desa.

Di antara mereka yang berpatroli adalah Pjotr ​​Vyerko, 81 tahun, seorang guru Prancis yang kehilangan istrinya, Lidya, karena kanker kulit akibat bencana nuklir Chernobyl. Vyerko mengatakan dia siap menggunakan senapannya untuk menembak penjajah karena dia memiliki seorang putri dan cucu. Tapi dia juga mempertimbangkan apa yang akan dia lakukan tanpa senjata apinya.

“Jika mereka datang ke sini, saya akan menusuk mereka dengan garpu rumput jika saya tidak memiliki senjata, tetapi saya memiliki senjata,” katanya.

Para relawan pembela juga berbagi rasa sakit kehilangan. Penduduk mengatakan setidaknya dua orang dari Gorenka telah tewas dalam serangan Rusia yang telah berlangsung selama sepekan dan belasan lainnya terluka. Beberapa rumah hancur pada hari Rabu. Perempuanberdiri di reruntuhan dan menangis. “Ada banyak kerusakan,” kata Gonchruk. "Tapi orang-orang di sini bertahan dengan baik." Banyak pria di desa memiliki pengalaman militer, seperti dia.

Tentara Ukraina telah mendistribusikan senjata kepada siapa saja yang ingin membela negara dan telah mengerahkan ribuan tentara cadangan. Di seluruh Kiev, warga sipil dengan jeans dan mantel musim dingin, mengenakan ban lengan kuning, berjongkok di balik tumpukan ban di pos pemeriksaan atau berjaga-jaga di sudut jalan.

Mereka kalah jumlah, tapi "kami akan mencoba untuk mendapatkan (lebih banyak) senjata" bahkan jika tidak ada yang dipasok, kata Gonchruk. “Kami akan melakukannya sendiri. Kami akan membunuh musuh dan mengambil senjata mereka," tambahnya.

Di masa sebagai anggota tentara Uni Soviet, Gonchruk melihat Rusia sebagai saudara seperjuangan. Sekarang, itu telah berubah. “Setiap orang yang datang ke wilayah kami adalah musuh. Tidak ada yang mengundang mereka ke sini,” katanya. “Mungkin ada orang baik di antara mereka, tapi itu tidak masalah bagiku. Mereka datang untuk membunuh orang-orangku.”

Gonchruk terkejut dengan invasi Moskow. Dia berasumsi bahwa Rusia pada akhirnya akan mengambil alih wilayah separatis di Ukraina timur, tetapi dia tidak pernah mengharapkan serangan skala penuh yang melanda jantung kota-kota seperti Kharkiv dan menyebabkan ratusan ribu orang melarikan diri melintasi perbatasan.

Yang lain menuju ke tempat perlindungan bom, dengan meningkatnya kemarahan di Rusia. “Kami tidak perlu dibebaskan. Tinggalkan kami sendiri!” kata warga Gorenka lainnya, Larissa Lipatova, yang melarikan diri ke ruang bawah tanah di tengah serangan pada hari Rabu dan meringkuk di bawah selimut di tengah wadah acar tomat dan selai.

Dengan pandangan seorang veteran dan terlepas dari puing-puing di kakinya, Gonchruk sangat bangga dengan kemunduran nyata yang dihadapi Rusia dalam sepekan sejak invasi mereka ketika Ukraina melawan.

“Mereka pikir mereka bisa datang ke sini dan, dalam satu atau dua hari, mereka akan merebut Kiev, tapi lihat bagaimana mereka melakukannya sejauh ini!” dia berkata.

Di tempat lain di pinggiran ibu kota, pembela relawan lain membantu orang-orang menyeberangi sisa-sisa jembatan yang hancur dalam perjalanan mereka ke kota. Dengan pistol tersampir di dadanya, pria itu memegang tangan anak laki-laki kecil, yang memberinya senyum.

Yang lain, satu per satu, beringsut menyeberangi sungai di atas pipa terbuka di tengah salju yang turun. Penduduk setempat mengatakan jembatan itu dihancurkan untuk menghalangi kemajuan Rusia.

Beberapa penduduk Kiev yang kelelahan merayakan kemenangan terkecil sekalipun. Seseorang, yang hanya memberikan nama depannya, Roza, memamerkan belanjaan yang baru dibelinya. “Ada segalanya: pisang, mentega, bahkan croissant segar,” katanya.

Seperti Gonchruk, dia telah memutuskan untuk tinggal daripada melarikan diri, hanya dipersenjatai dengan tekad karena perang yang hanya sedikit orang bayangkan memasuki pekan kedua. “Kami berlari ke ruang bawah tanah, gemetar, dan khawatir, tetapi kami percaya pada kemenangan,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home