Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:15 WIB | Rabu, 02 Maret 2022

Terbaru Invasi Rusia: Ukraina Dapat Sumbangan US$ 33,8 Juta dalam Mata Uang Digital

Terbaru Invasi Rusia: Ukraina Dapat Sumbangan US$ 33,8 Juta dalam Mata Uang Digital
Asap mengepul dari dalam gedung olah raga yang rusak setelah penembakan di Kiev, Ukraina, hari Rabu, 2 Maret 2022. Pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka ke kota-kota padat penduduk yang disebut pemimpin Ukraina sebagai kampanye teror terang-terangan. (Foto-foto: AP/Efrem Lukatsky)
Terbaru Invasi Rusia: Ukraina Dapat Sumbangan US$ 33,8 Juta dalam Mata Uang Digital
Seorang perempuan menggendong bayinya yang baru lahir di ruang bawah tanah rumah sakit bersalin yang diubah menjadi bangsal medis dan digunakan sebagai tempat perlindungan bom selama peringatan serangan udara, di Kiev, Ukraina, hari Rabu, 2 Maret 2022.

BOSTON, SATUHARAPAN.COM-Sebuah perusahaan yang melacak transaksi cryptocurrency mengatakan US$ 33,8 juta dalam mata uang digital telah disumbangkan ke pemerintah Ukraina dan organisasi non-pemerintah sejak dimulainya invasi Rusia, hampir sepertiganya pada hari Selasa (2/3).

Kepala Ilmuwan Tom Robinson dari Elliptic mengatakan sebagian besar donasi hingga saat ini berupa bitcoin dan eter. Beberapa orang mengirim token yang tidak dapat dipertukarkan, atau NFT, ke akun ethereum pemerintah Ukraina.

Ukraina mengeluarkan permohonan untuk kontribusi di Twitter pekan lalu. Hingga saat ini, ethereum telah menerima 30.000 donasi, termasuk US$5,8 juta dari Gavin Wood, programmer Inggris yang ikut mendirikan ethereum. Ada beberapa sumbangan lain lebih dari US$ satu juta.

Elliptic juga memperingatkan scammers yang menipu pemegang cryptocurrency yang tidak curiga yang ingin menyumbang untuk tujuan Ukraina.

Elliptic adalah salah satu perusahaan yang membantu penegakan hukum melacak cryptocurrency untuk memerangi pencucian uang.

 

AS Usahakan Rusia Tak Bisa Gunakan Cryptocurrency

WASHINGTON, Pemerintahan Biden sedang mengerjakan “strategi taktis terfokus” untuk memastikan bahwa cryptocurrency tidak menjadi mekanisme yang dapat digunakan Moskow untuk mencegah sanksi, menurut seorang pejabat senior administrasi.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas langkah yang belum diumumkan, tidak merinci garis waktu yang tepat kapan langkah-langkah baru pada cryptocurrency akan diluncurkan. Tetapi mengatakan area tersebut adalah salah satu dari beberapa ruang yang pejabat administrasi Biden sedang mencari upaya untuk memastikan bahwa sanksi terhadap Rusia memiliki dampak maksimal.

Pejabat itu mengatakan pengalaman masa lalu di Iran dan Venezuela dengan penghindaran sanksi memberi tahu upaya pemerintah. Kontrol ekspor tambahan dan target sanksi baru juga diharapkan akan diumumkan dalam beberapa hari dan pekanke depan untuk melawan upaya penghindaran sanksi Rusia, kata pejabat itu.

Para pejabat telah mencari-cari penggunaan dan penciptaan perusahaan-perusahaan terdepan dan lembaga keuangan alternatif yang mungkin coba digunakan Moskow untuk mengatasi sanksi.

 

Swasta Jepang Bantu Kemanusiaan untuk Ukraina

TOKYO, Sony menyumbangkan US$2 juta sebagai bantuan kemanusiaan ke Ukraina melalui Badan Pengungsi PBB dan kelompok bantuan Save the Children.

Perusahaan elektronik dan hiburan Jepang telah mengatakan akan menghentikan rilis teater di Rusia. Film yang akan datang termasuk Morbius, yang dibintangi pahlawan komik Marvel.

"Pikiran dan doa kami bersama semua orang yang terkena dampak dan berharap krisis ini akan diselesaikan dengan cepat," kata Sony Pictures dalam sebuah pernyataan.

Awal pekan ini, Mickey Mikitani, kepala eksekutif pengecer online Jepang Rakuten, menyumbangkan 1 miliar yen (US$8,7 juta) kepada pemerintah Ukraina melalui kedutaan di Jepang.

Secara terpisah, Kementerian Luar Negeri mengatakan kedutaan Jepang di Kiev ditutup sementara, dengan operasi dialihkan ke kantor di Lviv, di Ukraina barat.

 

Boeing Tunda Layanan Suku Cadang Pesawat untuk Rusia

CHICAGO, Pabrikan pesawat Boeing mengatakan telah menangguhkan operasi besar di Moskow dan menutup sementara kantornya di Kiev.

Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga menangguhkan layanan suku cadang, perawatan dan dukungan teknis untuk maskapai Rusia.

“Seiring konflik berlanjut, tim kami fokus untuk memastikan keselamatan rekan satu tim kami di wilayah tersebut,” kata pernyataan itu.

 

Belarusia Kirim Pasukan ke Ukraina, Bantu Rusia

KIVE, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan memiliki bukti bahwa Belarusia, sekutu Rusia, sedang bersiap untuk mengirim pasukan ke Ukraina.

Pernyataan kementerian, yang diposting di Facebook pada tengah malam, mengatakan pasukan Belarusia telah dibawa ke kesiapan tempur dan terkonsentrasi di dekat perbatasan utara Ukraina.

“Selama 24 jam terakhir, menurut temuan intelijen, telah terjadi aktivitas pesawat yang signifikan. Selain itu, telah terjadi pergerakan kolom kendaraan dengan makanan dan amunisi mendekati perbatasan, kata pernyataan itu.

 

ExxonMobil Hentikan Investasi di Rusia

IRVING, TEXAS, ExxonMobil mengatakan tidak akan berinvestasi dalam pembangunan baru di Rusia karena serangan militer Rusia di Ukraina.

Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mendukung rakyat Ukraina ketika mereka berusaha untuk "mempertahankan kebebasan mereka dan menentukan masa depan mereka sendiri sebagai sebuah bangsa."

ExxonMobil mengoperasikan proyek Sakhalin-1 atas nama konsorsium internasional perusahaan Jepang, India dan Rusia. Perusahaan itu mengatakan bahwa dalam menanggapi peristiwa baru-baru ini, mereka memulai proses untuk menghentikan operasi dan mengembangkan langkah-langkah untuk keluar dari usaha Sakhalin-1.

 

Rusia Serang Perumahan di Zhytomyr

KIEV, Sebuah serangan udara Rusia menghantam daerah perumahan di dekat sebuah rumah sakit pada hari Selasa (2/3) malam di Zhytomyr, sebuah kota sekitar 140 kilometer sebelah barat ibu kota Ukraina, kata Walikota, Serih Sukhomlin, dalam sebuah video Facebook.

Layanan darurat Ukraina mengatakan serangan itu menewaskan sedikitnya dua orang, membakar tiga rumah dan memecahkan jendela di rumah sakit.

Zhytomyr adalah rumah dari Brigade Serangan Udara ke-95 elite, yang mungkin menjadi sasaran yang dituju.

 

United Airlines Tak Lagi Gunakan Wilayah Udara Rusia

CHICAGO, United Airlines pada hari Rabu (2/3) mengatakan telah berhenti menggunakan wilayah udara Rusia untuk penerbangan antara AS dan Mumbai serta Delhi di India.

Seorang juru bicara maskapai menyebut langkah itu "sementara," tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

American Airlines telah menghindari wilayah udara Rusia untuk penerbangan antara Delhi dan New York dengan terbang ke selatan Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home