Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:48 WIB | Sabtu, 31 Desember 2022

Putin dan Xi Jinping Sepakat Perkuat Kerja Sama Kedua Negara

Presiden Rusia, Vladimir Putin, berbicara selama pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping, terlihat di layar, melalui konferensi video di Kremlin di Moskow, Rusia, Jumat, 30 Desember 2022. (Foto: Mikhail Klimentyev/Sputnik/pool via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan pemimpin China, Xi Jinping, berjanji pada hari Jumat (30/12) untuk memperdalam kerja sama bilateral mereka dengan latar belakang perang 10 bulan Moskow di Ukraina, yang melewati malam serangan pesawat tak berawak dan roket menyusul rudal skala besar pengeboman.

Putin dan Xi tidak secara langsung menyebut Ukraina dalam pidato pembukaan mereka melalui konferensi video, yang disiarkan secara publik, sebelum melakukan pembicaraan pribadi. Tetapi mereka memuji penguatan hubungan antara Moskow dan Beijing di tengah apa yang mereka sebut "ketegangan geopolitik" dan "situasi internasional yang sulit", dengan Putin mengungkapkan keinginannya untuk memperluas kerja sama militer.

“Dalam menghadapi meningkatnya ketegangan geopolitik, signifikansi kemitraan strategis Rusia-China tumbuh sebagai faktor stabilisasi,” kata Putin, yang invasi ke negara tetangganya terhalang oleh perlawanan sengit Ukraina dan bantuan militer Barat.

Pemimpin Rusia itu mengatakan dia mengharapkan Xi untuk mengunjungi Moskow pada musim semi. Perjalanan seperti itu “akan menunjukkan kepada seluruh dunia kekuatan hubungan Rusia-China dalam isu-isu utama, akan menjadi acara politik utama tahun ini dalam hubungan bilateral,” katanya.

Putin mengatakan kerja sama militer memiliki “tempat khusus” dalam hubungan antar negara mereka. Dia mengatakan Kremlin bertujuan untuk “memperkuat kerja sama antara angkatan bersenjata Rusia dan China.”

Respons Xi Jinping

Xi, pada gilirannya, mengatakan melalui seorang penerjemah bahwa “dalam menghadapi situasi internasional yang sulit dan jauh dari langsung,” Beijing siap “untuk meningkatkan kerja sama strategis dengan Rusia, saling memberikan peluang pembangunan, menjadi mitra global untuk kepentingan rakyat negara kita dan demi kepentingan stabilitas di seluruh dunia.”

Dalam laporannya tentang pertemuan tersebut, penyiar negara China CCTV menggambarkan peristiwa di Ukraina sebagai "krisis". Istilah tersebut menandai penyimpangan dari referensi biasa China ke "situasi Ukraina", dan perubahan tersebut mungkin mencerminkan kekhawatiran China yang meningkat tentang arah konflik.

“Xi Jinping menekankan bahwa China telah mencatat bahwa Rusia tidak pernah menolak untuk menyelesaikan konflik melalui negosiasi diplomatik, yang mana (China) menyatakan apresiasinya,” lapor CCTV.

Hubungan antara Moskow dan Beijing semakin kuat sejak Putin mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari. Baru pekan lalu, Moskow dan Beijing mengadakan latihan angkatan laut bersama di Laut China Timur. Putin dan Xi juga berbicara melalui tautan video Desember lalu.

China, yang telah menjanjikan persahabatan "tanpa batas" dengan Rusia, dengan tegas menolak mengkritik tindakan Moskow di Ukraina, menyalahkan Amerika Serikat dan NATO karena memprovokasi Kremlin, dan mengecam sanksi hukuman yang dijatuhkan pada Rusia.

Rusia, pada gilirannya, sangat mendukung China di tengah ketegangan dengan AS terkait Taiwan.

Rusia dan China sama-sama menghadapi kesulitan domestik. Putin berusaha mempertahankan dukungan domestik untuk perang yang telah berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan, sementara lonjakan kasus COVID-19 telah membuat rumah sakit di China kewalahan.

Serangan Rusia ke Ukraina Berlanjut

Di Ukraina, pihak berwenang meninjau jumlah korban dari serangan rudal Rusia yang meluas di pembangkit listrik dan infrastruktur penting lainnya pada hari Kamis yang merupakan pemboman terbesar dalam beberapa pekan. Empat warga sipil tewas dalam serangan itu, menurut Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor presiden Ukraina.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan dalam pembaruan hari Jumat paginya bahwa pasukan Rusia telah melepaskan total 85 rudal dan 35 serangan udara ke sasaran di seluruh Ukraina dalam 24 jam sebelumnya. Rusia juga melancarkan 63 serangan dari berbagai sistem peluncuran roket, kata laporan militer itu.

Menyusul gelombang pertama rudal pada Kamis pagi, pasukan Rusia menyerang Ukraina dengan drone Shahed-131/136 buatan Iran pada Kamis malam dan Jumat dini hari, yang semuanya ditembak jatuh, kata angkatan udara Ukraina.

Beberapa ditujukan ke Kiev, kata Walikota Vitali Klitschko, hari Jumat. Dari tujuh drone yang meledak diluncurkan ke ibu kota Ukraina, dua ditembak jatuh saat mendekati kota dan lima di atas Kiev sendiri, menurut Klitschko.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam pidato video malamnya bahwa Rusia belum meninggalkan rencana untuk merebut seluruh Donetsk, yang bertujuan untuk mencapai tujuan pada Hari Tahun Baru. Zelenskyy juga memperingatkan Ukraina bahwa mungkin ada serangan udara luas lainnya.

“Ada dua hari tersisa di tahun ini. Mungkin musuh akan mencoba sekali lagi membuat kita merayakan Tahun Baru dalam kegelapan. Mungkin, para penghuni berencana membuat kami menderita dengan serangan berikutnya di kota-kota kami,” katanya. “Tapi apa pun yang mereka rencanakan, kami tahu satu hal tentang diri kami: kami akan bertahan. Kami akan (bertahan). Kami akan mengusir mereka. Tidak diragukan lagi. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home