Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 11:48 WIB | Kamis, 23 Juli 2015

Ramos Horta: Papua Bagian dari RI, Tidak Perlu Merdeka

Mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, dalam wawancara dengan televisi ABC mengatakan Papua adalah bagian dari Indonesia dan tidak perlu merdeka. (Foto: ramoshorta.com)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM – Mantan presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, mengatakan  kampanye Papua merdeka tidak akan berhasil.

"Saya tidak percaya itu," kata dia, kepada televisi ABC, sebagaimana dilansir oleh abc.net.au, Rabu (22/7). Ramos Horta kini adalah wakil khusus PBB.

"Ya,semuanya memang mungkin di dunia ini," tambahnya, "tapi saya tidak akan menganjurkan itu."

"Hal ini (Papua) sangat jelas (merupakan)  bagian dari Republik Indonesia."

Ia menambahkan bahwa "Solusi untuk kemajuan rakyat Papua, adalah pengakhiran setiap pelanggaran hak asasi manusia, ekonomi, pengucilan sosial dari orang Papua Barat  harus direalisasikan dalam konteks kedaulatan Indonesia."

Komentar Ramos Horta ini berlawanan dengan seruan pendukung kemedekaan Papua yang berusaha memisahkan diri dari wilayah Indonesia.

Timor Leste berjuang selama puluhan tahun untuk kemerdekaan sendiri yang dicapai pada tahun 2002.

"Saya percaya bahwa jika ada orang yang bisa berhasil membantu mengatasi tantangan dan masalah di Papua adalah Presiden Joko Widodo," kata Ramos Horta.

"Saya akan mendesak para elit Papua  untuk memanfaatkan kesempatan dengan presiden baru untuk menemukan kemungkinan kesepakatan terbaik antara Jakarta dan Papua."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home