Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:00 WIB | Kamis, 23 Mei 2024

Ratusan Dibebaskan dari Ekstremis Boko Haram di Nigeria, setelah Berbulan-bulan Disandera

Perempuan dan anak-anak yang ditawan oleh ekstremis Islam, Boko Haram, dan diselamatkan oleh tentara Nigeria, terlihat setibanya di Maiduguri, Nigeria, hari Senin, 20 Mei 2024. Ratusan sandera sebagian besar adalah anak-anak yang ibunya ditawan dan dinikahkan secara paksa oleh ekstremis Islam di Nigeria bagian timur laut telah diselamatkan dari kawasan hutan utama mereka dan diserahkan kepada pihak berwenang, kata tentara negara Afrika Barat itu pada Senin malam. (Foto: AP/Jossy Olatunji)

MAIDUGURI-NIGERIA, SATUHARAPAN.COM-Ratusan sandera, sebagian besar anak-anak dan perempuan, yang disandera selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun oleh ekstremis Boko Haram di timur laut Nigeria telah diselamatkan dari kawasan hutan dan diserahkan kepada pihak berwenang, kata tentara.

Sebanyak 350 sandera ditahan di Hutan Sambisa, tempat persembunyian kelompok ekstremis yang melancarkan pemberontakan pada tahun 2009, kata Mayor Jenderal Ken Chigbu, seorang perwira senior militer Nigeria, pada  hari Senin (20/5) malam saat menyerahkan mereka kepada pihak berwenang di Borno, di mana sandera tersebut berada.

Ke-209 anak-anak, 135 perempuan dan enam laki-laki tampak kelelahan dengan pakaian lusuh. Beberapa dari anak perempuan tersebut diyakini memiliki bayi yang dilahirkan dari perkawinan paksa, seperti yang sering terjadi pada perempuan korban yang diperkosa atau dipaksa menikah dengan militan saat berada di penahanan.

Salah satu sandera memiliki tujuh anak dan menceritakan bagaimana dia dan orang lain tidak dapat melarikan diri karena anak-anak mereka.

“Saya selalu ingin melarikan diri tetapi tidak bisa karena anak-anak,” kata Hajara Umara yang berhasil diselamatkan bersama anak-anaknya. “Jika mereka memergoki Anda mencoba melarikan diri, mereka akan menyiksa Anda dan memenjarakan Anda tanpa batas waktu.”

Pihak militer mengatakan para sandera tersebut diselamatkan dalam operasi militer selama berhari-hari di Hutan Sambisa, yang dulunya merupakan hutan lindung yang ramai dan membentang di sepanjang perbatasan dengan Kamerun dan Niger, namun kini berfungsi sebagai daerah kantong tempat Boko Haram dan faksi-faksi yang memisahkan diri melakukan serangan yang juga menargetkan masyarakat dan pasukan keamanan di negara-negara tetangga.

Para sandera yang dibebaskan diangkut dengan truk ke kantor pemerintah negara bagian Borno, di mana pihak berwenang akan menjaga mereka sampai mereka pulang.

Beberapa ekstremis tewas dalam operasi penyelamatan dan rumah darurat mereka dihancurkan, kata militer.

Boko Haram, pemberontak jihad lokal di Nigeria, melancarkan pemberontakannya pada tahun 2009 untuk menegakkan hukum Syariah Islam di negara tersebut. Setidaknya 35.000 orang telah terbunuh dan 2,1 juta orang mengungsi akibat kekerasan ekstremis tersebut, menurut badan-badan PBB di Nigeria.

Setidaknya 1.400 siswa telah diambil dari sekolah-sekolah Nigeria sejak penculikan 276 siswi pada tahun 2014 oleh militan Boko Haram di desa Chibok di negara bagian Borno yang mengejutkan dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, penculikan terkonsentrasi di wilayah barat laut dan tengah yang dilanda konflik, di mana puluhan kelompok bersenjata sering menargetkan penduduk desa dan pelancong untuk mendapatkan uang tebusan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home