Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:57 WIB | Senin, 25 Maret 2024

Nigeria: 287 Anak Sekolah Yang Diculik Dibebaskan Setelah Dua Pekan Disandera

Para orang tua menunggu berita tentang penculikan siswa Sekolah Dasar dan Menengah LEA Kuriga di Kuriga, Kaduna, Nigeria, pada 9 Maret 2024. Hampir 300 anak sekolah yang diculik dari sekolah mereka di negara bagian Kaduna, Nigeria barat laut, telah dibebaskan, kata gubernur negara bagian tersebut pada Minggu, Maret 24, lebih dari dua minggu setelah anak-anak tersebut ditangkap dari sekolah mereka. (Foto: dok. AP/Minggu Alamba)

ABUJA-NIGERIA, SATUHARAPAN.COM-Sekitar 300 anak sekolah Nigeria yang diculik dibebaskan pada Minggu (24/3), kata pejabat setempat pada hari Minggu, lebih dari dua pekan setelah anak-anak tersebut ditangkap dari sekolah mereka di negara bagian Kaduna di barat laut.

Gubernur negara bagian Kaduna, Uba Sani, tidak memberikan rincian mengenai pembebasan 287 siswa, yang diculik dari sekolah mereka di kota terpencil Kuriga pada tanggal 7 Maret. Dalam sebuah pernyataan, ia berterima kasih kepada Presiden Nigeria, Bola Tinubu “secara khusus memastikan bahwa anak-anak sekolah Kuriga yang diculik dibebaskan tanpa cedera.”

Tinubu telah bersumpah untuk menyelamatkan anak-anak tersebut “tanpa membayar sepeser pun” sebagai tebusan.

Penculikan siswa dari sekolah-sekolah di Nigeria utara adalah hal biasa dan telah menjadi sumber kekhawatiran utama sejak tahun 2014, ketika ekstremis Islam menculik lebih dari 200 siswi di desa Chibok, negara bagian Borno.

Dalam beberapa tahun terakhir, penculikan terkonsentrasi di wilayah barat laut dan tengah negara tersebut, dimana puluhan kelompok bersenjata sering menargetkan penduduk desa dan pelancong untuk mendapatkan uang tebusan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home