Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Minggu, 19 Februari 2023

Remaja Turki Gunakan Ponsel untuk Merekam Perpisahan dari Bawah Reruntuhan Bangunan

Taha Erdem, 17 tahun, tengah, ibunya Zeliha Erdem, kiri, dan ayahnya Ali Erdem berfoto di samping bangunan yang hancur tempat Tahan terjebak setelah gempa pada 6 Februari, di Adiyaman, Turki, Jumat, 17 Februari, 2023. Taha Erdem, penduduk Adiyaman Turki tenggara, adalah salah satu dari ratusan orang yang selamat yang ditarik keluar dari bangunan yang runtuh setelah gempa kuat 6 Februari. Erdem, yang berusia 17 tahun, memfilmkan dirinya di ponselnya saat terjebak dan terjepit di antara beton yang menurutnya akan menjadi kata-kata terakhirnya. (Foto: AP/Mehmet Mucahit Ceylan)

ADIYAMAN, SATUHARAPAN.COM - Seorang siswa sekolah menengah berusia 17 tahun telah memikat hati orang Turki setelah dia merekam pesan perpisahan kepada orang yang dicintainya saat dia terjebak di bawah reruntuhan rumahnya saat terjadi gempa bumi pekan lalu.

Taha Erdem dan keluarganya sedang tertidur lelap ketika gempa berkekuatan 7,8 melanda kampung halaman mereka di Adiyaman pada dini hari tanggal 6 Februari.

Taha tiba-tiba terbangun oleh getaran hebat yang mengguncang gedung apartemen berlantai empat di lingkungan kerah biru di pusat kota Anatolia. Dalam 10 detik, Taha, ibu, ayah, dan adik laki-laki dan perempuannya terjun ke bawah bersama bangunan tersebut.

Dia mendapati dirinya sendirian dan terjebak di bawah berton-ton puing, dengan gelombang gempa susulan yang kuat menggeser puing-puing, menekan ruangnya di tengah kekacauan beton dan baja bengkok. Taha mengeluarkan ponselnya dan mulai merekam ucapan selamat tinggal terakhir, berharap itu akan diketahui setelah kematiannya.

"Saya pikir ini adalah video terakhir yang akan saya rekam untuk Anda," katanya dari ruang sempit, ponselnya bergetar di tangannya saat getaran mengguncang bangunan yang runtuh.

Menunjukkan ketangguhan dan keberanian yang luar biasa sebagai seorang remaja yang percaya bahwa dia mengucapkan kata-kata terakhirnya, dia menyebutkan luka-lukanya dan berbicara tentang penyesalannya dan hal-hal yang ingin dia lakukan jika dia hidup kembali. Selama video berlangsung, teriakan orang lain yang terjebak juga terdengar dalam rekaman.

“Kami masih gemetar. Kematian, teman-temanku, datang pada saat yang paling tidak terduga.” kata Taha, sebelum membaca doa Muslim dalam bahasa Arab.

“Ada banyak hal yang saya sesali. Semoga Tuhan mengampuni saya dari semua dosa saya. Jika saya keluar dari sini hidup-hidup hari ini ada banyak hal yang ingin saya lakukan. Kami masih gemetar, ya. Tanganku tidak gemetar, itu hanya gempa.”

Remaja itu melanjutkan dengan menceritakan bahwa dia yakin keluarganya telah meninggal, bersama dengan banyak orang lain di kota, dan bahwa dia akan segera bergabung dengan mereka.

Diselamatkan Tetangga

Tapi Taha ditakdirkan untuk menjadi salah satu yang pertama diselamatkan dari bangunan yang hancur. Dia ditarik dari reruntuhan dua jam kemudian oleh tetangga dan dibawa ke rumah bibinya.

Sepuluh jam setelah gempa, orang tua dan saudara kandungnya juga diselamatkan oleh penduduk setempat yang menggali reruntuhan bangunan dengan tangan kosong dan alat apapun yang mereka temukan.

Ketika The Associated Press berbicara kepada keluarga tersebut pada hari Kamis (16/2), mereka tinggal di tenda yang disediakan pemerintah, bersama dengan ratusan ribu orang lainnya yang selamat dari bencana yang melanda Turki selatan dan Suriah utara, menewaskan lebih dari 43.000 orang.

“Ini rumah saya,” kata ibu Taha, Zeliha, 37 tahun, saat dia melihat ekskavator menggali kehidupan lama mereka dan membuangnya ke truk-truk besar.

“Boom-boom-boom, bangunan itu runtuh lantai demi lantai di atas kami,” kenangnya, menggambarkan bagaimana dia terus meneriakkan nama putranya sambil terjebak di bawah puing-puing dengan harapan mereka berlima bisa mati bersama sebagai satu keluarga.

Anak-anak Erdems yang lebih muda - putri Semanur, 13 tahun, dan putra Yigit Cinar yang berusia sembilan tahun - sedang tidur di kamar orang tua mereka ketika gempa terjadi.

Tapi Taha tidak bisa mendengar panggilan ibunya. Dia juga tidak bisa mendengar tangisan putranya dalam kegelapan, dan keduanya percaya yang lain terbaring mati di gedung yang hancur itu.

Hanya ketika Zeliha, suaminya Ali, 47 tahun, seorang pembersih rumah sakit, dan anak-anak lainnya dibawa ke rumah saudara perempuannya, mereka menyadari bahwa Taha selamat. “Dunia adalah milikku saat itu,” kata Zeliha. "Aku tidak punya apa-apa, tapi aku punya anak-anakku."

Mereka Terjebak di Reruntuhan

Kisah keluarga Erdem adalah salah satu dari banyak kisah emosional tentang ketabahan manusia yang muncul dari area bencana yang meluas. Banyak yang dengan jelas menceritakan kengerian terjebak di bawah rumah mereka.

Ibrahim Zakaria, seorang warga Suriah berusia 23 tahun yang diselamatkan di kota pesisir Jableh, Suriah pada 10 Februari, mengatakan kepada AP bahwa dia selamat dengan menjilati air yang menetes ke dinding di sebelahnya, beberapa kali kehilangan kesadaran, dan harapan untuk bertahan hidup di saat-saat terjaga.

“Saya hampir menyerah karena saya pikir saya akan mati,” katanya dari ranjang rumah sakit. "Saya berpikir: 'Tidak ada jalan keluar.'"

Di kota Gaziantep, Turki, Adnan Muhammed Korkut yang berusia 17 tahun, terjebak selama empat hari sebelum diselamatkan. Dia mengatakan kepada kantor berita swasta IHA bahwa dia menjadi sangat haus hingga meminum air kencingnya sendiri.

Muhammet Enes Yeninar, 17 tahun, dan saudara laki-lakinya yang berusia 21 tahun diselamatkan setelah 198 jam di dekat Kahramanmaras.

Dia mengatakan mereka menangis selama dua hari pertama, kebanyakan bertanya-tanya tentang ibu mereka dan apakah dia selamat, lapor IHA. Mereka kemudian mulai menghibur satu sama lain, “berbicara tentang persaudaraan” dan makan bubuk protein.

Juga di Kahramanmaras, Aleyna Olmez, 17 tahun, dibebaskan setelah 248 jam di bawah reruntuhan. “Saya mencoba menghabiskan waktu sendiri,” katanya.

Kisah bertahan hidup yang luar biasa sering muncul selama bencana, terutama setelahnya dalam gempa bumi, ketika media dunia mencatat memudarnya harapan untuk menemukan kembali korban yang selamat seiring dengan berlalunya waktu.

Menyusul gempa di Haiti tahun 2010, seorang gadis berusia 16 tahun diselamatkan di Port-Au-Prince 15 hari setelah gempa bumi menghancurkan kota. Tiga tahun kemudian, seorang perempuan yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan di Dhaka, Bangladesh, berhasil diselamatkan setelah 17 hari. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home