Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:59 WIB | Sabtu, 18 Februari 2023

Situasi Korban Pasca Gempa Bumi di Turki dan Suriah

Seorang pria melangkah keluar dari green house pertanian tempat dia dan kerabatnya tinggal setelah gempa bumi di Samandag, Turki selatan, Kamis, 16 Februari 2023. (Foto: AP/Francisco Seco)

KAHRAMANMARAS, SATUHARAPAN.COM - Tim penyelamat telah mengevakuasi lebih banyak korban selamat dari puing-puing gempa bumi pada 6 Februari yang menghancurkan sebagian Turki dan Suriah, bahkan saat jendela untuk menemukan orang yang masih hidup semakin tipis.

Berikut adalah perkembangan utama pada hari Jumat (17/2) setelah gempa bumi.

Korban Meninggal meningkat

Badan penanggulangan bencana Turki telah memperbarui jumlah korban tewas akibat gempa kuat di Turki menjadi 38.044, meningkatkan jumlah keseluruhan kematian di Turki dan Suriah menjadi 41.732 jiwa.

Jumlah korban tewas pasti akan meningkat lebih lanjut karena tim pencari mengambil lebih banyak mayat di tengah kehancuran.

Gempa berkekuatan 7,8 yang kuat telah menjadi bencana paling mematikan di Turki dalam sejarah modern.

Lebih Banyak Korban Selamat Ditemukan

Lebih dari 10 hari setelah gempa kuat terjadi, tim penyelamat dalam semalam mengeluarkan seorang anak, seorang perempruan dan dua pria hidup-hidup dari reruntuhan.

Penyelamatan terbaru terjadi saat para kru mulai membersihkan puing-puing di kota-kota yang hancur akibat gempa.

Neslihan Kilic, ibu dua anak berusia 29 tahun, dikeluarkan dari puing-puing sebuah bangunan di Kahramanmaras, setelah terperangkap selama 258 jam, lapor kantor berita swasta DHA Kamis malam.

Di kota Antakya, petugas penyelamat polisi menemukan Osman yang berusia 12 tahun masih hidup setelah mengambil 17 mayat dari bangunan yang runtuh.

“Tepat ketika harapan kami berakhir, kami mencapai saudara kami Osman pada jam ke-260,” kata pemimpin tim penyelamat polisi, Okan Tosun, kepada DHA.

Satu jam kemudian, kru mencapai dua pria di dalam puing-puing rumah sakit yang runtuh di Antakya.

Salah satunya, Mustafa Avci, menggunakan ponsel penyelamat untuk menelepon saudaranya dan menanyakan anggota keluarga.

“Apakah mereka semua selamat? Dia bertanya. "Biarkan aku mendengar suara mereka."

Bantuan PBB Melintasi Suriah

Sebanyak 143 truk yang membawa bantuan dari Turki ke Suriah barat laut telah melintasi perbatasan sejak 9 Februari, kata seorang pejabat PBB.

Jens Laerke, juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, mengatakan truk-truk tersebut membawa "banyak" barang dari enam badan PBB - termasuk tenda, kasur, selimut, pakaian musim dingin, alat uji kolera, obat-obatan esensial, dan makanan, dari Program Pangan Dunia (WFP). Mereka melintasi gerbang perbatasan Bab al-Hawa dan Bab al-Salameh, katanya.

Sementara itu, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, FAO, mengatakan sedang bekerja sama dengan Turki untuk menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk merehabilitasi infrastruktur di sektor pertanian yang rusak akibat gempa, termasuk sistem irigasi, jalan, pasar, dan kapasitas penyimpanan.

“Di Suriah, penilaian cepat oleh FAO terhadap daerah yang terkena gempa menunjukkan gangguan besar pada kapasitas produksi tanaman dan ternak, mengancam ketahanan pangan jangka pendek dan jangka panjang,” kata badan yang berbasis di Roma itu dalam sebuah pernyataan.

Kembali ke Suriah

Setidaknya 1.522 jenazah warga Suriah telah dibawa kembali ke Suriah dari Turki untuk dimakamkan melintasi perbatasan Bab al-Hawa, kata seorang pejabat di perlintasan itu. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah pemantau perang yang berbasis di Inggris, melaporkan bahwa ketika jumlah dari penyeberangan lain yang lebih kecil dihitung, jumlah total jenazah yang dibawa kembali ke Suriah untuk dimakamkan adalah 1.745.

Para penyintas Suriah juga mulai menyeberang kembali dari Turki. Sekitar 1.795 warga Suriah menyeberang dari Turki ke Suriah pada Rabu, hari pertama setelah Turki mengeluarkan keputusan yang mengizinkan pengungsi Suriah yang terkena dampak gempa untuk kembali ke negara mereka sementara tanpa kehilangan status perlindungan mereka di Turki, seorang pejabat di perbatasan Bab al-Hawa dikatakan.

Keputusan tersebut memungkinkan pemegang kartu perlindungan sementara Turki yang berada di daerah yang rusak akibat gempa untuk menyeberang ke Suriah tanpa harus mendapatkan izin perjalanan dari otoritas Turki.

Biasanya jika warga Suriah yang berstatus dilindungi masuk ke Suriah tanpa izin, mereka akan dianggap oleh otoritas Turki telah melepaskan status mereka sebagai pencari suaka dan akan diminta untuk menyerahkan kartu perlindungan mereka dan dilarang masuk kembali selama lima tahun.

Spanyol Akan Menerima 100 Pengungsi Suriah

Spanyol mengatakan akan menerima sekitar 100 pengungsi Suriah di Turki yang menderita akibat gempa. Menteri Migrasi José Luis Escrivá mengatakan para pengungsi adalah mereka yang dianggap paling rentan dan terkena dampak parah akibat gempa tersebut.

Membuat pengumuman pada hari Kamis malam, Escrivá mengatakan "gempa bumi mengingatkan kita pada drama Suriah dengan cara yang luar biasa dan kami akan mencoba membantu sesuai kemampuan kami." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home