Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:34 WIB | Minggu, 05 April 2015

Ribuan Pengungsi di Suriah Diungsikan Diserang ISIS

Para pejuang Syiah dari unit Popular Mobilisation mengangkat tangannya di Tikrit pada 1 April 2015, sehari setelah Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menyatakan kemenangan dalam perang selama beberapa pekan untuk merebut kota di Irak utara tersebut dari tangan kelompok Islamic State (ISIS). Pasukan Irak berperang melawan militan terakhir yang ada di Tikrit untuk menyegel kemenangan pemerintah yang digambarkan sebagai tonggak dalam upaya membersihkan negara dari kelompok militan tersebut. (Foto: AFP)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM - Ribuan orang telah diungsikan dari tempat pengungsi Palestina, Yarmuk, di Damaskus Suriah setelah kelompok Negara Islam (ISIS) merebut sebagian besar wilayah itu, kata seorang pejabat Palestina, Minggu (5/4).

Pejabat Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Anwar Abdul Hadi menyatakan pasukan Suriah telah membantu proses evakuasi, yang dilakukan saat pasukan Palestina berjuang untuk menahan para petempur Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang telah menguasai sebagian besar wilayah itu sejak Rabu.

"Sekitar 400 keluarga, kurang lebih 2.000 orang, bisa meninggalkan tempat pengungsi pada Jumat dan Sabtu (4/4) melalui dua jalan aman ke distrik Zahira, yang berada di bawah kendali militer," kata Anwar Abdul Hadi, seorang pejabat Organisasi Pembebasan Palestina.

Sejak keberhasilan kelompok itu, pasukan pemerintah juga menghancurkan tempat penampungan dan menjatuhkan bom di atasnya, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Para pejabat Palestina dan badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk pengungsi Palestina telah mendesak akses kemanusiaan ke tempat pengungsian itu, tempat sekitar 18.000 orang masih berada di bawah pengepungan pemerintah. (Ant/AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home