Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:52 WIB | Kamis, 21 Juli 2022

Rishi Sunak dan Liz Truss Bersaing untuk Jabatan PM Inggris

Rishi Sunak dan Liz Truss Bersaing untuk Jabatan PM Inggris
Menteri Luar Negeri Inggris untuk Urusan Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan, Liz Truss, menerima tepuk tangan dari timnya di dekat Parlemen di London, Rabu, 20 Juli 2022. (Foto: AP/Frank Augstein)
Rishi Sunak dan Liz Truss Bersaing untuk Jabatan PM Inggris
Rishi Sunak, kandidat lain untuk MP Inggris. (Foto: dok. Ist)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Dua kandidat bersaing untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya memulai pertarungan langsung pada Kamis (21/;7) untuk mendapatkan suara anggota Partai Konservatif yang akan memilih pemimpin baru negara itu.

Mantan kepala Departemen Keuangan, Rishi Sunak, menjanjikan kehati-hatian fiskal, sementara Menteri Luar Negeri, Liz Truss, menawarkan pemotongan pajak langsung. Mereka menyampaikan kepada partai pemerintahan kanan-tengah, yang terpecah dan terdemoralisasi setelah tiga tahun penuh gejolak di bawah Perdana Menteri Boris Johnson yang akan berakhir jabatannya.

Sunak dan Truss dipilih pada hari Rabu (20/7)oleh anggota parlemen Konservatif, dari awal 11 bidang, sebagai finalis untuk menggantikan Johnson, yang mundur sebagai pemimpin partai pada 7 Juli setelah berbulan-bulan skandal etika. Dia tetap menjadi perdana menteri sampai penggantinya dipilih. Hasil kontes kepemimpinan partai dijadwalkan pada 5 September.

Hanya sekitar 180.000 anggota Partai Konservatif yang memiliki hak suara dalam memilih pemimpin negara berikutnya. Sisa dari 67 juta orang Inggris harus menonton kampanye dari “pinggir lapangan”, saat para kandidat berdebat di televisi dan pertemuan partai, dengan latar belakang melonjaknya harga, meningkatnya iklim ekstrem dan perang di Ukraina.

Pemenang kontes Konservatif tidak harus menghadapi pemilih Inggris sampai 2024, kecuali dia memilih untuk mengadakan pemilihan umum awal.

Oddsmakers mengatakan favoritnya adalah Truss, yang telah memimpin tanggapan Inggris terhadap invasi Rusia ke Ukraina dan berjalan sebagai sosok konservatif mirip Margaret Thatcher.

Dalam wawancara hari Kamis, Truss mengatakan dia memiliki "ketangguhan" dan "ketabahan" untuk memimpin negara di masa-masa sulit. “Kami berada di masa yang sangat sulit. Kita harus berani,” katanya kepada BBC. “Kami tidak dapat menjalankan bisnis seperti biasa untuk tantangan yang kami hadapi.”

Sunak, yang mengarahkan ekonomi Inggris melalui pandemi sebelum mundur dari pemerintahan Johnson bulan ini, juga mengklaim memakai jubah Thatcher, yang kebijakan pasar bebasnya mengubah ekonomi Inggris pada 1980-an.

 Sunak berpendapat bahwa pemotongan pajak tidak bertanggung jawab sebelum inflasi terkendali. Dia memenangkan suara di antara anggota parlemen partai, tetapi perannya sebagai kepala pajak Inggris mungkin kurang baik dengan akar rumput Tory.

Anggota parlemen Robert Jenrick, seorang pendukung Sunak, mengatakan "adalah kebalikan dari Thatcherisme untuk membuat janji pajak yang tidak didanai hanya untuk memenangkan kontes kepemimpinan."

Sunak juga menghadapi permusuhan terbuka dari sekutu Johnson, yang menganggapnya sebagai pengkhianat karena mundur dari pemerintah awal bulan ini, sebuah langkah yang membantu menjatuhkan perdana menteri.

Johnson tetap menjabat selama berbulan-bulan skandal atas keuangan dan penilaiannya, menolak untuk mengundurkan diri ketika dia didenda oleh polisi atas partai-partai pemerintah yang melanggar aturan penguncian COVID-19.

Dia akhirnya berhenti setelah satu skandal terlalu banyak, menunjuk seorang politisi yang dituduh melakukan pelanggaran seksual, mendorong menteri-menterinya untuk mengundurkan diri secara massal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home