Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 18:49 WIB | Senin, 11 Desember 2023

RM dan V, Anggota K-Pop BTS Menyusul Temannya, Jalani Wajib Militer

RM dan V, Anggota K-Pop BTS Menyusul Temannya, Jalani Wajib Militer
RM anggota kelompok musik K-Pop BTS. (Foto-foto: dok. AP/Lee Jin-man)
RM dan V, Anggota K-Pop BTS Menyusul Temannya, Jalani Wajib Militer
V, anggota K-Pop BTS.
RM dan V, Anggota K-Pop BTS Menyusul Temannya, Jalani Wajib Militer
Kelompok musik asal Korea Selatan, BTS.

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Penyanyi RM dan V dari band K-pop BTS memulai tugas wajib militer mereka berdasarkan hukum Korea Selatan, agensi manajemen mereka mengumumkan pada hari Senin (11/12). Ini terjadi sehari sebelum dua rekan band mereka, Jimin dan Jung Kook, juga diharapkan melapor untuk bertugas.

Tiga anggota BTS lainnya – Jin, J-Hope dan Suga – sudah menjalani wajib militer selama beberapa bulan. Tujuh penyanyi dari band K-pop populer berencana untuk bersatu kembali sebagai grup sekitar tahun 2025 setelah mereka menyelesaikan tugas mereka.

Jin dan J-Hope sedang menjalani wajib militer sementara Suga memenuhi tugasnya sebagai agen layanan sosial, sebuah bentuk alternatif dari dinas militer.

Menurut HYBE, perusahaan manajemen band, RM dan V tiba di kamp pelatihan tentara di pusat kota Nonsan untuk memulai wajib militer 18 bulan mereka.

Perusahaan mengatakan Jimin dan Jung Kook akan melapor ke tentara bersama-sama. Pihaknya tidak segera mengkonfirmasi laporan media Korea Selatan bahwa mereka akan berada di kamp pelatihan pada hari Selasa (12/12).

“Saya sangat senang menjadi bagian dari BTS selama 10 tahun terakhir… Delapan belas bulan bisa terasa panjang dan pendek pada saat yang sama dan saya yakin periode ini akan menjadi waktu yang aneh dan baru untuk mendapatkan inspirasi dan pembelajaran untuk kita semua,” kata RM dalam pernyataan yang diposting di akun Instagram-nya. “Sampai jumpa di masa depan. Saya sangat mencintaimu."

RM dan V akan menerima pelatihan tempur selama lima minggu sebelum ditugaskan ke unit dan tugas tertentu. Administrasi Tenaga Kerja Militer telah menekankan bahwa para penyanyi tersebut akan melalui proses yang sama seperti pria Korea Selatan lainnya yang wajib militer.

Berdasarkan hukum Korea Selatan, sebagian besar pria berbadan sehat harus melakukan wajib militer selama 18-21 bulan. Pengecualian khusus diberikan bagi atlet dan seniman klasik yang berprestasi dalam kompetisi internasional tertentu yang berkaitan dengan gengsi nasional. Namun hak istimewa tersebut belum diberikan kepada penyanyi K-pop.

Tahun lalu, perdebatan publik yang sengit berkobar mengenai apakah anggota BTS harus melanjutkan wajib militer mereka, dengan beberapa politisi berpendapat bahwa pencapaian artistik mereka layak untuk dikecualikan.

Wacana tersebut berakhir pada Oktober 2022 ketika perusahaan manajemen mereka mengumumkan bahwa ketujuh penyanyi band tersebut berencana untuk menjalani wajib militer sepenuhnya. Pada bulan Desember, Jin menjadi anggota BTS pertama yang masuk wajib militer. Ia menarik permintaannya untuk menunda wajib militer.

BTS diluncurkan pada tahun 2013 dan memiliki banyak pendukung global yang menyebut diri mereka “Tentara.”

Setelah mengumpulkan banyak pengikut di Asia, BTS memperluas popularitasnya di Barat dengan lagu megahit tahun 2020 “Dynamite,” lagu berbahasa Inggris pertama milik band yang menduduki puncak Billboard's Hot 100. Band ini telah tampil di arena yang terjual habis secara global dan bahkan diundang untuk berbicara pada pertemuan PBB.

Laki-laki muda yang direkrut menjadi tentara terpaksa menunda studi atau karir profesional mereka, menjadikan wajib militer sebagai isu yang sangat sensitif di Korea Selatan yang telah memicu perdebatan sengit dan bahkan ketegangan gender di pasar kerja yang sangat kompetitif. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home