Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 15:57 WIB | Rabu, 21 Juni 2023

Seoul Akan Mandi Warna Ungu, Rayakan 10 Tahun Grup Musik BTS

Seorang model memperlihatkan lembaran prangko yang menandai peringatan 10 tahun debut band K-pop BTS di sebuah kantor pos di Seoul, Korea Selatan, Senin, 12 Juni 2023. Kantor pos mulai menjual prangko tersebut pada hari Selasa. (Foto: AP/Ahn Young-joon)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Gedung pencakar langit, jembatan, dan bangunan penting lainnya di Seoul, ibu kota Korea Selatan menyala dengan warna ungu pada hari Senin (12/6) saat negara itu mulai merayakan ulang tahun ke-10 band K-pop BTS, yang popularitas globalnya menjadi sumber kebanggaan nasional.

Lampu-lampu tersebut akan menjadi latar untuk berbagai acara berbasis media sosial yang menandai debut grup beranggotakan tujuh orang tersebut pada tahun 2013, yang sekarang mengambil jeda karena para penyanyinya mulai menjalankan tugas wajib militer mereka.

Mulai hari Senin malam, banyak bangunan Seoul, termasuk Balai Kota, Menara Lotte World 123 lantai, beberapa jembatan Sungai Han, dan DDP futuristic, kubah aluminium dan beton rancangan Zaha Hadid yang sering digunakan untuk seni visual, akan dimandikan di ungu, warna yang terkait dengan BTS, menurut pejabat kota dan perusahaan manajemen grup, Hybe.

Pesan ucapan selamat kepada BTS ditampilkan di layar digital di gedung-gedung di seluruh Seoul, sementara otoritas pos mengeluarkan perangko yang menandai ulang tahun grup tersebut, yang akan tersedia di kantor pos mulai Selasa.

Pejabat Seoul berharap perayaan yang akan berlangsung sekitar dua pekan ini akan meningkatkan pariwisata. Kota ini telah menetapkan lebih dari selusin situs yang terkait dengan BTS, termasuk tempat di mana grup tersebut mengadakan pertunjukan besar atau merekam beberapa video terkenal mereka.

Kembang api direncanakan di taman dekat Sungai Han pada hari Sabtu malam, beberapa jam setelah salah satu penyanyi BTS, RM, mengadakan obrolan langsung dengan penggemar yang akan disiarkan secara online.

Dengan cepat mengumpulkan banyak pengikut di Asia setelah debut mereka, popularitas BTS meluas ke seluruh dunia dengan megahit 2020 mereka "Dynamite", lagu berbahasa Inggris pertama milik band yang menjadikannya artis K-pop pertama yang menduduki puncak Hot 100 Billboard dan yang terjual habis di seluruh dunia dan diundang untuk berbicara di pertemuan Perserikatan Bangsa-dangsa, didukung oleh legiun pengikut global yang menyebut diri mereka "Angkatan Darat".

Aktivitas BTS sebagai grup penuh saat ini terhenti karena para artis mulai menjalani wajib militer. Dua penyanyi BTS, Jin dan J-Hope, telah memulai layanan wajib militer 18 bulan mereka dan anggota lainnya akan menyusul dalam beberapa bulan mendatang, yang kemungkinan berarti grup tersebut akan berkumpul kembali sekitar tahun 2025.

Di Korea Selatan, semua laki-laki berbadan sehat diwajibkan untuk wajib militer selama 18-21 bulan di bawah sistem yang dimaksudkan untuk mencegah agresi dari saingan Korea Utara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home