Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 21:13 WIB | Jumat, 20 Desember 2013

Robot Astronot Jepang Bicara Hadiah Natal dengan Angkasawan

Robot Astronot Jepang, Kirobo sedang bercakap dengan Angkasawan dalam tayangan video. (Sumber: abc.net.au)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Robot astronaut pertama di dunia memulai percakapan dengan komandan Jepang dari Stasiun Luar Angkasa, dalam sebuah video yang diunggah dan disebut sebagai percakapan pertamanya.

Kirobo, sebuah android berukuran mini yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan mampu mempelajari dengan tepat bagaimana merespons manusia, bahkan melakukan percakapan bertemakan Natal, mengatakan kepada Koichi Wakata bahwa ia mengharapkan kunjungan seorang pria yang membawa hadiah.

“Santa Claus akan datang ke luar angkasa,” kata Kirobo, yang menggunakan topi Santa, saat mereka melayang di dalam keadaan tanpa gravitasi ratusan kilometer di atas bumi.

“Apa yang akan kamu minta dari Santa Claus, Kirobo ” tanya astronaut Jepang itu.

“Saya ingin sebuah roket mainan...ayo minta ke Santa Claus.”

Percakapan tanpa naskah tersebut, yang dilakukan dalam bahasa Jepang, terjadi pada 6 Desember dengan tayangan yang dirilis pada Jumat (20/12). Ini merupakan bagian proyek jangka panjang untuk melihat bagaiamana sebuah robot bisa bertindak sebagai pendamping bagi orang-orang yang terisolasi, terutama untuk melihat apakah robot itu dapat mengembangkan kemampuan berbicara.

Kirobo dan lawan bicaranya berhasil melakukan percakapan spontan selama beberapa menit di International Space Station (ISS), dengan beberapa pendapat umum yang diucapkan oleh robot mungil tersebut.

“Bagaiamana rasanya ketika roket diluncurkan ” tanya Wakata kepada mesin tersebut.

“Sangat menyenangkan!” jawab Kirobo.

Kirobo dan android kembarannya, Mirata, yang tinggal di bumi diciptakan melalui kerjasama antara perusahaan periklanan Dentsu, University of Tokyo, pengembang robot Robo Garage dan Toyota. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home