Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:00 WIB | Kamis, 24 November 2022

Ronaldo Keluar dari Manchester United, Akan ke Mana Dia?

Cristiano Ronaldo dari Manchester United pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan Manchester United di Villa Park di Birmingham, Inggris, Minggu, 6 November 2022. (Foto: dok. AP/Rui Vieira)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United "dengan segera," kata klub Liga Premier itu hari Selasa (22/11), beberapa hari setelah dia memberikan wawancara eksplosif yang mengkritik manajer dan pemilik klub, Erik ten Hag.

Tidak diketahui ke mana Ronaldo yang berusia 37 tahun akan pergi selanjutnya setelah gagal mengamankan kepindahan ke klub Liga Champions di musim panas.

"Menyusul percakapan dengan Manchester United, kami sepakat untuk mengakhiri kontrak lebih awal," kata Ronaldo. “Saya mencintai Manchester United dan saya mencintai para penggemar, itu tidak akan pernah berubah. Namun, rasanya ini waktu yang tepat bagi saya untuk mencari tantangan baru. Saya berharap tim sukses untuk sisa musim ini dan untuk masa depan."

Ronaldo, yang saat ini berada di Qatar bersama tim nasional Portugal karena ia bertujuan untuk memenangkan gelar Piala Dunia pertama untuk negaranya, merasa frustrasi setelah diturunkan menjadi anggota tim United musim ini.

Kapten Portugal itu mengatakan dia merasa "dikhianati" selama wawancara 90 menit dengan Piers Morgan, yang ditayangkan hari Kamis dan di mana dia juga mengkritik pemain muda.

United mengatakan pekan lalu bahwa pihaknya telah memulai langkah-langkah yang tepat untuk menanggapi komentarnya, dengan pembatalan kontraknya diharapkan secara luas.

 “Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United dengan kesepakatan bersama, dengan efek langsung,” katanya pada hari Selasa. “Klub berterima kasih padanya atas kontribusinya yang luar biasa selama dua periode di Old Trafford, mencetak 145 gol dalam 346 penampilan, dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan dia dan keluarganya.”

Pernyataan itu tidak menyampaikan kekecewaan klub setelah wawancara yang tidak sah.

Keluarnya Ronaldo secara tiba-tiba juga bisa mempercepat rencana United untuk merekrut penyerang tengah baru. Ten Hag telah merencanakan untuk mengatasi serangannya di akhir musim, tetapi sekarang mungkin harus mencari penggantinya selama Januari.

Lantas Akan ke mana Ronaldo?

Bintang Portugal itu telah menempatkan dirinya di pasar setelah wawancara pra Piala Dunia yang eksplosif yang menyebabkan pemutusan kontraknya pada hari Selasa. Pemain depan berusia 37 tahun itu sekarang memiliki kesempatan untuk mengesankan calon pelamar dan membuktikan bahwa dia masih bisa tampil di level tertinggi untuk negaranya di Qatar.

Masa depannya mungkin bergantung padanya setelah gagal mengamankan transfer ke klub Liga Champions di musim panas. Dan di pertengahan musim, pilihannya terlihat semakin terbatas jika dia akan bermain di babak sistem gugur kompetisi top klub sepak bola Eropa ketika dia kembali dari Piala Dunia.

Liga Champions sekarang turun ke 16 tim terakhir, dengan hanya sejumlah kecil dari mereka yang mampu menawarkan Ronaldo dengan gaji seperti yang dilaporkan 500.000 pound (setara Rp 9,2 miliar) sepekan yang dia peroleh di United. Dan hanya sedikit bukti bahwa mereka akan tertarik untuk mengontraknya.

Wawancara Ronaldo dengan Piers Morgan, di mana dia mengkritik manajer United Erik ten Hag dan pemilik klub, memperjelas bahwa dia masih percaya dia adalah salah satu pemain sepak bola top di planet ini. Tapi di dunia mana karirnya akan membawanya selanjutnya?

Klub Liga Champions

Hanya ada 16 tim yang bisa dipilih jika Ronaldo berambisi bermain di kompetisi saat dilanjutkan pada Februari. Maka itu adalah pertanyaan tentang siapa yang mampu membelinya.

Skenario impian adalah melakukan hubungan terakhir dengan klub yang benar-benar elite. Tapi mungkin peluang terbaiknya adalah sebagai perbaikan jangka pendek hingga akhir musim.

Striker Real Madrid, Karim Benzema, telah absen dari Piala Dunia karena cedera dan begitu juga Sadio Mane dari Bayern Munich. Mungkin Ronaldo akan menjadi opsi darurat yang menarik jika salah satu dari klub-klub itu takut kekurangan pemain di paruh kedua musim.

Klub Liga Primer

Chelsea mempertimbangkan untuk pindah di musim panas, tetapi itu tidak pernah terwujud. Dan Ronaldo tampaknya tidak cocok dengan rencana jangka panjang manajer baru Graham Potter, yang sudah harus berurusan dengan satu striker tua Pierre-Emerick Aubameyang.

Penggemar Arsenal Piers Morgan mendorong untuk pindah ke klubnya, tetapi pemimpin Liga Premier telah berinvestasi dalam membangun tim muda di bawah manajer Mikel Arteta dan Ronaldo akan meninggalkan itu.

Bisakah Newcastle yang didukung Arab Saudi tergoda untuk membuat pernyataan pertama yang benar-benar ditandatangani di bawah kepemilikan barunya?

Kembali ke Rumah

Untuk mengakhiri karirnya di mana ia dimulai di Sporting Lisbon akan memberikan bookend romantis untuk Ronaldo, sementara klub Portugal bisa memberinya rute kembali ke Liga Champions musim depan.Dia harus mengambil potongan gaji yang cukup besar jika dia mengambil opsi ini.

Ke Arab Saudi?

Satu-satunya minat serius pada Ronaldo di musim panas datang dari Arab Saudi. Sementara kepindahan ke sana kemungkinan besar akan menghadirkan opsi yang paling menguntungkan baginya, itu akan menjadi langkah mundur yang nyata dalam hal ambisi olahraganya yang tersisa.

Itu akan menyangkal kesempatannya untuk memperpanjang rekornya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions, dengan 140 gol, dan memberikan kesempatan kepada saingan besarnya, Lionel Messi, yang memiliki 129, untuk menyalipnya.

Atau MLS?

Mungkin sudah waktunya untuk membawa mereknya ke Amerika Serikat dan menjadi bintang terbesar yang pernah bermain di liga Amerika Serikat, MLS (Major League Soccer).

Dia tidak bisa berharap untuk menyamai gajinya dan dia harus menerima hari-harinya bermain di Liga Champions sudah berakhir.

Namun bagi pria yang memiliki lebih dari setengah miliar pengikut di Instagram, ini akan menjadi kesempatan untuk pindah ke pasar terbesar di dunia di luar lapangan, dan mungkin jadi sebuah petualangan baru. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home