Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 00:59 WIB | Selasa, 06 Desember 2022

Rusia Tolak Batas Harga Minyak Oleh G7 dan Eropa Sebesar US$ 60 Per Barel

Rusia Tolak Batas Harga Minyak Oleh G7 dan Eropa Sebesar US$ 60 Per Barel
Sebuah bangunan, bagian dari bandara internasional Kherson terlihat rusak selama pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia di Kherson, Ukraina, Jumat, 2 Desember 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Rusia Tolak Batas Harga Minyak Oleh G7 dan Eropa Sebesar US$ 60 Per Barel
Tentara yang baru-baru ini dimobilisasi oleh Rusia untuk operasi militer di Ukraina berdiri pada sebuah upacara sebelum naik kereta api di stasiun kereta api di Tyumen, Rusia, Jumat, 2 Desember 2022. Perintah Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk memobilisasi pasukan cadangan untuk konflik tersebut mendorong sejumlah besar orang Rusia meninggalkan negara itu. (Foto: AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Rusia menolak batasan harga minyak negara yang ditetapkan oleh Barat pendukung Ukraina dan mengancam untuk berhenti memasok negara-negara yang mendukungnya.

Australia, Inggris, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, dan 27 negara Uni Eropa pada hari Jumat (2/12) sepakat untuk membatasi apa yang akan mereka bayarkan untuk minyak Rusia pada harga US$ 60 per barel. Batas tersebut mulai berlaku hari Senin (5/12), bersamaan dengan embargo Uni Eropa terhadap minyak Rusia yang dikirim melalui laut.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia perlu menganalisis situasi sebelum memutuskan tanggapan khusus tetapi tidak akan menerima batas atas harga. Perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov, memperingatkan bahwa Eropa akan menyesali keputusan mereka.

"Mulai tahun ini, Eropa akan hidup tanpa minyak Rusia," cuit Ulyanov. “Moskow telah menjelaskan bahwa mereka tidak akan memasok minyak ke negara-negara yang mendukung pembatasan harga anti pasar. Tunggu, UE akan segera menuduh Rusia menggunakan minyak sebagai senjata.”

Kantor Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, sementara itu, menyerukan pada hari Sabtu (3/12) untuk batas harga yang lebih rendah, dengan mengatakan bahwa yang diadopsi oleh UE dan ekonomi terkemuka Kelompok Tujuh (G7) tidak berjalan cukup jauh.

“Penting untuk menurunkannya menjadi US$30 untuk menghancurkan ekonomi musuh lebih cepat,” kata Andriy Yermak, kepala kantor Zelenskyy, menulis di Telegram, mempertaruhkan posisi yang juga disukai oleh Polandia, seorang kritikus terkemuka Presiden Rusia, Vladimir Putin, tentang perang di Ukraina.

Di bawah perjanjian hari Jumat, perusahaan asuransi dan perusahaan lain yang diperlukan untuk mengirimkan minyak hanya akan dapat menangani minyak mentah Rusia jika harga minyak berada pada atau di bawah batas. Sebagian besar perusahaan asuransi berlokasi di UE dan Inggris Raya dan mungkin diminta untuk mematuhi batas atas.

Minyak mentah Rusia telah dijual sekitar US$ 60 per barel, diskon besar dari patokan internasional Brent, yang ditutup Jumat di US$ 85,42 per barel.

Kedutaan Besar Rusia di Washington bersikeras bahwa minyak Rusia "akan terus diminati" dan mengkritik batas harga sebagai "membentuk kembali prinsip dasar berfungsinya pasar bebas". Sebuah postingan di saluran Telegram kedutaan memperkirakan batas per barel akan menyebabkan “peningkatan ketidakpastian yang meluas dan biaya yang lebih tinggi bagi konsumen bahan mentah.”

"Apa yang terjadi di China akan membantu menentukan apakah batasan harga memiliki kekuatan," kata Jim Burkhard, analis pasar minyak di IHS Markit. Dia mengatakan berkurangnya permintaan dari China berarti sebagian besar ekspor minyak mentah Rusia sudah dijual di bawah US$ 60.

Pembatasan harga bertujuan untuk menekan ekonomi Rusia dan semakin mengurangi kemampuannya untuk membiayai perang yang telah menewaskan banyak warga sipil dan pejuang, mendorong jutaan orang Ukraina dari rumah mereka dan membebani ekonomi dunia selama lebih dari sembilan bulan.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina melaporkan bahwa sejak Jumat pasukan Rusia telah menembakkan lima rudal, melakukan 27 serangan udara dan melancarkan 44 serangan penembakan terhadap posisi militer Ukraina dan infrastruktur sipil.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, mengatakan serangan itu menewaskan satu warga sipil dan melukai empat lainnya di wilayah Donetsk Ukraina timur.

Menurut Kementerian Pertahanan Inggris, pasukan Rusia “terus menginvestasikan sebagian besar dari keseluruhan upaya militer dan daya tembak mereka” di sekitar kota kecil Bakhmut di Donestsk, yang telah mereka coba kuasai selama beberapa pekan.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, hari Sabtu bertemu di Minsk dengan presiden dan menteri pertahanan Belarusia, yang menampung pasukan dan artileri Rusia. Belarus mengatakan pasukannya sendiri tidak ambil bagian dalam perang, tetapi para pejabat Ukraina sering menyatakan keprihatinan bahwa mereka dapat dibujuk untuk menyeberangi perbatasan ke Ukraina utara.

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengatakan pada pertemuan itu bahwa pasukannya dan pasukan Rusia berlatih dalam koordinasi. “Kami mempersiapkan diri sebagai satu kelompok, satu tentara. Semua orang tahu itu. Kami tidak menyembunyikannya,” katanya seperti dikutip kantor berita Interfax. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home