Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:55 WIB | Rabu, 13 Februari 2019

Salep Daun Alpukat Siswa MAN Sergai Diganjar Perak pada IPITEX Thailand

Tim Kompetisi Inovasi Internasional (KII) siswa madrasah Aliyah Negeri (MAN) Serdang Bedagai (Sergai) berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Intellectual Property Invention Innovation And Technology Exposition (IPITEX) 2019 yang berlangsung di Bangkok Internasional Trade and Exhibition Center (BITEX) pada Sabtu (2/2) - Rabu (6/2) 2019. (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Siswa madrasah kembali mengukir prestasi di ajang internasional. Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Serdang Bedagai (Sergai), yang tergabung dalam Tim Kompetisi Inovasi Internasional (KII), berhasil meraih medali perak pada Kompetisi Intellectual Property Invention Innovation And Technology Exposition (IPITEX) 2019.

IPITEX berlangsung di Bangkok Internasional Trade and Exhibition Center (BITEX), 2 - 6 Februari 2019. Even ini diikuti ratusan tim yang berasal dari 20 negara di Asia.

“Alhamdulillah, kami meraih medali perak. Meski bukan medali emas, tapi ini sudah cukup membanggakan, apalagi ini untuk pertama kali kami ikut dalam kompetisi di luar negara,” kata  Kepala MAN Sergai melalui pesan singkat, Selasa (12/2).

“Kami akan terus bimbing siswa kami, untuk tetap berlatih dan mengembangkan kemampuan, serta terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru hasil karya mereka, sehingga siap kapan pun dikirim untuk mengikuti kompetisi," katanya.

Menurut Fahri, Tim KII MAN Sergai pada IPITEX mempresentasikan hasil inovasi ilmiah berupa "Salep Daun Alpukat (Sadukat)". Sadukat ini dijadikan alternatif untuk menyembukhan luka bakar. Inovasi ini telah diujicobakan kepada mencit (tikus percobaan), dan telah diteliti  di Laboratorium Universitas Sumatera Utara (USU).

“Selain salep, siswa MAN Sergai juga mencoba mengembangkan sabun dan lotion dengan tujuan agar luka bakar cepat sembuh dan tanpa bekas,” katanya.

Fahri berharap Tim KII MAN Sergai tidak cepat puas diri dengan keberhasilan mereka. Sepulang dari Thailand, Tim KII MAN Sergai harus tetap belajar untuk mengembangkan lagi inovasi yang sudah mereka lakukan selama ini. (kemenag.go.id)

 

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home