Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:15 WIB | Senin, 15 Agustus 2022

Salman Rushdie Kemungkinan Alami Cacat di Mata

Hadi Matar, 24 tahun, tengah, tiba untuk dakwaan di Gedung Pengadilan Chautauqua County di Mayville, NY, Sabtu, 13 Agustus 2022. Matar, yang dituduh melakukan serangan penusukan terhadap penulis “Satanic Verses” Salman Rushdie telah masuk pembelaan tidak bersalah di pengadilan New York atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan. Seorang pengacara untuk Matar memasukkan pembelaan atas namanya selama sidang dakwaan. (Foto: AP/Gene J. Puskar)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Penulis “The Satanic Verses,” Salman Rushdie, dilepas dari ventilator dan dapat berbicara pada hari Sabtu (13/8), sehari setelah dia ditikam ketika dia bersiap untuk memberikan kuliah di bagian utara New York, Amerika Serikat.

Rushdie tetap dirawat di rumah sakit dengan cedera serius, tetapi rekan penulis Aatish Taseer mentweet di malam hari bahwa dia "tidak menggunakan ventilator dan berbicara (dan bercanda)." Agen Rushdie, Andrew Wylie, membenarkan informasi itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Sebelumnya pada hari itu, Hadi Matar, pria yang dituduh menyerangnya pada hari Jumat di Chautauqua Institution, sebuah pusat pendidikan dan retret nirlaba, mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan dalam apa yang disebut jaksa sebagai kejahatan "direncanakan".

Seorang pengacara untuk Hadi Matar memasukkan pembelaan atas namanya selama dakwaan di New York barat. Tersangka muncul di pengadilan mengenakan jumpsuit hitam dan putih dan masker wajah putih, dengan tangan diborgol di depannya.

Seorang hakim memerintahkan dia ditahan tanpa jaminan setelah Jaksa Wilayah, Jason Schmidt, mengatakan kepadanya bahwa Matar, 24 tahun, mengambil langkah-langkah untuk dengan sengaja menempatkan dirinya dalam posisi untuk menyakiti Rushdie. Dia mendapatkan izin terlebih dahulu ke acara di mana penulis berbicara dan tiba sehari lebih awal dengan membawa surat pengenal palsu.

“Ini adalah serangan yang ditargetkan, tidak diprovokasi, dan direncanakan sebelumnya terhadap Tuan Rushdie,” kata Schmidt.

Jaksa Nathaniel Barone mengeluh bahwa pihak berwenang membutuhkan waktu terlalu lama untuk membawa Matar ke depan seorang hakim sambil membiarkannya "terhubung ke bangku di barak polisi negara bagian."

"Dia memiliki hak konstitusional untuk dianggap tidak bersalah," tambah Barone.

Rushdie, 75 tahun, menderita kerusakan jantung dan putus saraf di lengan dan mata, kata Wylie hari Jumat malam. Dia kemungkinan besar akan kehilangan mata yang terluka.

Rushdie dan Inspirasi Kebebasan Menulis

Serangan itu disambut dengan kejutan dan kemarahan dari sebagian besar dunia, bersama dengan penghormatan dan pujian untuk penulis pemenang penghargaan yang selama lebih dari 30 tahun telah menghadapi ancaman pembunuhan untuk bukunya “The Satanic Verses.”

Penulis, aktivis, dan pejabat pemerintah mengutip keberanian Rushdie dan advokasi kebebasan berbicara yang sudah lama dilakukan meskipun ada risiko bagi keselamatannya sendiri. Penulis dan teman lama, Ian McEwan, menyebut Rushdie sebagai “pembela inspirasional dari penulis dan jurnalis yang teraniaya di seluruh dunia.” Aktor-penulis, Kal Penn, menyebutnya sebagai panutan “untuk seluruh generasi seniman, terutama banyak dari kita diaspora dari Asia Selatan yang kepadanya dia menunjukkan kehangatan yang luar biasa.”

Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Sabtu dalam sebuah pernyataan bahwa dia dan ibu negara Jill Biden "terkejut dan sedih" oleh serangan itu.

"Salman Rushdie, dengan wawasannya tentang kemanusiaan, dengan selera cerita yang tak tertandingi, dengan penolakannya untuk diintimidasi atau dibungkam, melambangkan cita-cita yang esensial dan universal," bunyi pernyataan itu. "Kebenaran. Keberanian. Ketangguhan. Kemampuan untuk berbagi ide tanpa rasa takut. Ini adalah blok bangunan dari setiap masyarakat yang bebas dan terbuka.”

Rushdie, penduduk asli India yang sejak itu tinggal di Inggris dan AS, dikenal dengan gaya prosa surealis dan satirnya, dimulai dengan novel pemenang Booker Prize 1981 “Midnight's Children,” di mana ia mengkritik tajam perdana menteri India saat itu, Indra Gandhi.

Fatwa Ayatollah Khomeini

“The Satanic Verses” mendapat ancaman pembunuhan setelah diterbitkan pada tahun 1988, dengan banyak Muslim menganggap penghujatan karena novel itu berdasarkan kehidupan Nabi Muhammad, di antara keberatan yang dilontarkan. Buku Rushdie telah dilarang dan dibakar di India, Pakistan dan di tempat lain sebelum pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini, mengeluarkan fatwa, atau dekrit, yang menyerukan kematian Rushdie pada tahun 1989.

Khomeini meninggal pada tahun yang sama, namun fatwa tersebut tetap berlaku. Pemimpin tertinggi Iran saat ini, Khamenei, tidak pernah mengeluarkan fatwanya sendiri untuk mencabut dekrit tersebut, meskipun Iran dalam beberapa tahun terakhir tidak berfokus pada penulisnya.

Penyelidik sedang bekerja untuk menentukan apakah tersangka, yang lahir satu dekade setelah “The Satanic Verses” diterbitkan, bertindak sendiri.

Jaksa Wilayah Schmidt menyinggung fatwa tersebut sebagai motif potensial dalam menentang jaminan. "Bahkan jika pengadilan ini menetapkan jaminan satu juta dolar, kami menghadapi risiko bahwa jaminan dapat dipenuhi," kata Schmidt.

“Sumber dayanya tidak penting bagi saya. Kami memahami bahwa agenda yang dilakukan kemarin adalah sesuatu yang diadopsi dan disetujui oleh kelompok dan organisasi yang lebih besar jauh di luar batas yurisdiksi Distrik Chautauqua,” kata jaksa.

Barone, pembela umum, mengatakan setelah sidang bahwa Matar telah berkomunikasi secara terbuka dengannya dan bahwa dia akan menghabiskan beberapa pekan mendatang untuk mencoba mempelajari tentang kliennya, termasuk apakah dia memiliki masalah psikologis atau kecanduan.

Anak Migran dari Lebanon Selatan

Matar berasal dari Fairview, New Jersey. Rosaria Calabrese, manajer State of Fitness Boxing Club, sebuah gym kecil di dekat Bergen Utara, mengatakan Matar bergabung pada 11 April dan berpartisipasi dalam sekitar 27 sesi grup untuk pemula yang ingin meningkatkan kebugaran mereka sebelum mengirim email kepadanya beberapa hari yang lalu untuk mengatakan dia ingin membatalkan keanggotaannya karena "dia tidak akan kembali untuk sementara waktu."

Pemilik gym, Desmond Boyle, mengatakan dia melihat "tidak ada kekerasan" tentang Matar, menggambarkannya sebagai orang yang sopan dan pendiam, namun seseorang yang selalu terlihat "sangat sedih." Dia mengatakan Matar menolak upaya dia dan orang lain untuk menyambut dan melibatkannya.

"Dia memiliki tampilan ini setiap kali dia masuk. Sepertinya itu adalah hari terburuk dalam hidupnya," kata Boyle.

Matar lahir di Amerika Serikat dari orang tua yang beremigrasi dari Yaroun di Lebanon selatan, kata wali kota desa, Ali Tehfe, kepada The Associated Press.

Bendera kelompok militan Syiah yang didukung Iran, Hizbullah, terlihat di seluruh desa, bersama dengan potret pemimpin Hassan Nasrallah, Khamenei, Khomeini dan Jenderal Iran, Qassem Soleimani, yang terbunuh.

Wartawan yang mengunjungi Yaroun pada hari Sabtu diminta untuk pergi. Juru bicara Hizbullah tidak menanggapi permintaan komentar.

Pemerintah teokratis Iran dan media yang dikelola pemerintah tidak menetapkan motif serangan itu. Di Teheran, beberapa orang Iran yang diwawancarai oleh AP memuji serangan terhadap seorang penulis yang mereka yakini menodai iman Islam, sementara yang lain khawatir itu akan semakin mengisolasi negara mereka.

Kurangnya Pengamanan

Pada hari Jumat, reporter AP menyaksikan penyerang menusuk atau meninju Rushdie sekitar 10 atau 15 kali. Moderator acara Henry Reese, 73, menderita cedera wajah dan dirawat dan dibebaskan dari rumah sakit, kata polisi. Dia dan Rushdie telah merencanakan untuk membahas Amerika Serikat sebagai tempat perlindungan bagi para penulis dan seniman lain di pengasingan.

Seorang polisi negara bagian dan seorang wakil sheriff daerah ditugaskan untuk kuliah Rushdie, dan polisi mengatakan polisi itu melakukan penangkapan. Tetapi setelah itu beberapa pengunjung lama ke Institusi Chautauqua mempertanyakan mengapa tidak ada keamanan yang lebih ketat mengingat ancaman terhadap Rushdie dan hadiah lebih dari US$3 juta untuk kepalanya.

Pada hari Sabtu, pusat tersebut mengatakan bahwa pihaknya meningkatkan keamanan melalui langkah-langkah seperti mengharuskan ID foto untuk membeli tiket masuk, yang sebelumnya dapat diperoleh secara anonim. Pelanggan yang memasuki amfiteater tempat Rushdie diserang juga akan dilarang membawa tas jenis apa pun.

Perubahan, bersama dengan peningkatan kehadiran petugas polisi bersenjata di tanah pedesaan, datang sebagai sesuatu yang mengejutkan bagi Chautauquans yang telah lama menikmati suasana santai yang dikenal dengan koloni liburan berusia hampir 150 tahun itu.

Buku Salman Rushdi Makin Diminati

Berita tentang penikaman telah membangkitkan minat baru pada novel “Ayat-ayat Setan”, yang menduduki puncak daftar buku terlaris setelah fatwa tersebut dikeluarkan pada tahun 1989. Hingga Sabtu sore, novel tersebut menduduki peringkat ke-13 di Amazon.com.

Ancaman pembunuhan dan hadiah yang dihadapi Rushdie atas buku itu setelah penerbitannya membuatnya bersembunyi di bawah program perlindungan pemerintah Inggris, yang mencakup penjaga bersenjata sepanjang waktu. Setelah sembilan tahun mengasingkan diri, Rushdie dengan hati-hati kembali tampil di depan umum.

Pada 2012 ia menerbitkan memoar tentang fatwa berjudul “Joseph Anton,” nama samaran yang ia gunakan saat bersembunyi.

Dia mengatakan selama pembicaraan di New York tahun itu bahwa terorisme benar-benar seni tentang ketakutan: “Satu-satunya cara Anda dapat mengalahkannya adalah dengan memutuskan untuk tidak takut.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home