Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:32 WIB | Rabu, 21 Oktober 2015

Satu Tahun Jokowi-JK, Publik Puas Kinerja Menteri Agama

Ilustrasi. Mengintip strategi partai politik menjelang pemilu 2014. Sosial media menjadi salah satu strategi kampanye bagi partai politik seperti yang disampaikan Katapedia dalam hasil survei selama 30 hari. (Foto : Dok.satuharapan.com/ Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Satu tahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) beberapa lembaga mengadakan survei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan saat ini.

Survei nasional Poltracking Indonesia misalnya, menyebutkan bahwa hanya empat menteri di kabinet kerja Jokowi-JK yang diberi nilai puas oleh publik.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin masuk dalam tiga besar jajaran menteri Kabinet Jokowi-JK dengan popularitas tertinggi. Menag menduduki posisi ketiga 46,42 persen sebagai menteri paling populer. Peringkat  teratas diperoleh  Susi Pujiastuti 63,79 persen dan Anies Baswedan 49,47 persen. Sementara Menteri Sosial  Khofifah Indar Parawansa menduduki peringkat keempat 46,11 persen.

Sejalan dengan popularitas tersebut, keempat menteri ini juga memperoleh penilaian tingkat kepuasan kinerja tertinggi dari publik. Secara berurutan, tingkat kepuasan publik kepada kinerja Menteri dari yang teratas adalah Susi Pujiastuti 55,68 persen, Anies Baswedan 44,53 persen Lukman Hakim Saifudin 43,16 persen dan Khofifah Indar Parawansa 40,74 persen.

“Keempat Menteri tersebut Susi, Anies, Lukman, dan Khofifah. Publik membaca presepsi, popularitas, dan kerjanya juga dianggap positif,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, dalam Evaluasi Publik 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK meneropong Kinerja Menteri Kabinet Kerja di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta Pusat, hari Selasa (20/10).

Selain itu, kata Hanta, komunikasi politik para menteri tersebut juga dianggap cukup baik, sehingga publik merasa dekat dengan mereka. Sementara, untuk kinerja, harus menggunakan data kualitatif. Penilaian harus berdasarkan penilaian kinerja dari tim presiden. (kemenag.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home