Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:47 WIB | Jumat, 19 Februari 2021

Sedang Diuji Vaksin COVID-19 untuk Perempuan Hamil

Seorang perempuan hamil menerima vaksin untuk penyakit akibat virus corona (COVID-19) di Skippack Pharmacy di Schwenksville, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 11 Februari 2021. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Pengembang vaksin COVID-19 sedang memulai uji coba pada perempuan hamil, dan berusaha memberikan kepastian bahwa suntikan itu aman untuk ibu hamil.

Pfizer Inc. dan mitra Jerman-nya, BioNTech SE, memberi dosis pada pasien pertama dalam percobaan vaksin messenger RNA mereka pada 4.000 perempuan pada tahap akhir kehamilan, kata perusahaan tersebut pada hari Kamis (18/2).

Para mitra akan menjalankan studi di tengah tahapan untuk 350 sukarelawan antara usia kehamilan 27 dan 34 pekan untuk memastikan keamanan, sebelum melanjutkan ke uji coba lanjutan untuk perempuan hamil antara 24 dan 34 minggu.

AstraZeneca Plc. dan Johnson & Johnson berencana menjalankan uji coba dalam beberapa bulan mendatang. Ini kabar baik bagi orang hamil, yang hingga saat ini menghadapi dilema yang sulit: dikecualikan dari studi vaksin, namun lebih rentan terhadap COVID-19 yang parah. Beberapa penelitian juga menghubungkan penyakit ini dengan kelahiran prematur.

“Meskipun kabar baik bahwa uji coba vaksin pada perempuan hamil akhirnya dimulai, hasil dari uji coba ini kemungkinan tidak akan tersedia sebelum musim gugur, kata Marian Knight, profesor kesehatan populasi ibu dan anak di Universitas Oxford.

Perempuan hamil dijauhkan dari studi vaksin karena kurangnya informasi keselamatan dan potensi risiko efek samping yang lebih tinggi, meskipun ada seruan dari banyak ilmuwan dan dokter untuk dimasukkan. Akibatnya, Amerika Serikat, Inggris, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan agar tidak memvaksinasi perempuan hamil, kecuali mereka berisiko tinggi, seperti petugas kesehatan garis depan.

Peserta Uji Coba Ternyata Hamil

Studi Pfizer-BioNTech akan dijalankan di AS, Eropa, Amerika Selatan dan Afrika dan berfokus pada trimester ketiga kehamilan untuk meminimalkan risiko pada bayi yang belum lahir, kata BioNTech dalam pernyataan melalui email.

Perusahaan akan mengevaluasi apakah antibodi pelindung yang berpotensi ditransfer ke bayi, dan perempuan yang mendapatkan plasebo dalam penelitian ini akan diberi kesempatan untuk mendapatkan vaksinasi setelah melahirkan.

Sebagian besar perusahaan juga telah menyiapkan register untuk memantau peserta yang hamil setelah mengambil bagian dalam uji coba vaksin. Astra dan mitranya, Oxford mengatakan kepada panel AS pada Januari bahwa 21 tentang perempuan dari uji coba ternyata telah hamil setelah vaksinasi, sementara 23 perempuan dari studi Pfizer-BioNTech melaporkan tahun lalu bahwa mereka sedang hamil.

Andrew Pollard, peneliti utama pada uji coba Oxford-Astra Inggris, mengatakan universitas akan melaporkan temuan setelah semua bayi yang dikandung dalam populasi penelitian telah ditindaklanjuti. Panduan Inggris saat ini menyarankan agar dosis vaksin kedua ditunda jika seorang perempuan berisiko rendah hamil setelah suntikan pertama.

Uni Coba pada Anak-anak

Uji coba vaksin untuk anak-anak juga baru dimulai dalam beberapa bulan terakhir, dengan data pertama diharapkan keluar pada musim panas. Meskipun anak-anak umumnya tidak menderita COVID-19 yang parah, mereka bisa menjadi kunci untuk mencegah penularan ke orang yang rentan, termasuk perempuan hamil di rumah.

“Ini adalah celah dan salah satu yang kami cari untuk melihat bagaimana kami dapat mengatasinya, June Raine, kepala eksekutif Badan Pengatur Produk Kesehatan & Obat-obatan Inggris, mengatakan pada rapat dewan hari Selasa (16/2).

“Kami sangat menghargai adanya kebutuhan akan beberapa data yang lebih kuat,” katanya.

Institut Kesehatan Nasional AS mengatakan pada hari Rabu (17/2) bahwa mereka memulai penelitian tentang efek remdesivir pengobatan COVID-19 pada perempuan hamil. Obat antivirus dari Gilead Sciences Inc. telah terbukti mempercepat pemulihan dari penyakit parah dan telah disetujui oleh AS untuk digunakan pada pasien COVID-19 tahun lalu. (Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home