Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 20:25 WIB | Rabu, 02 Maret 2016

Sejumlah Daerah Coba Raih Peluang Wisata GMT

Ilustrasi: Gerhana Matahari Total. (Foto: Dok. satuharapan.com).

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah Daerah mencoba meraih peluang ekonomis dari sektor pariwisata menjelang fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang diperkirakan akan terjadi Rabu (9/3).

Di Palembang, Sumatera Selatan pengrajin songket  menambah berbagai macam cendera mata. "Persiapan kita dalam menyambut gerhana matahari total nanti dengan menambah cendera mata," kata Manajer Operasional Fikri Koleksi M Hasan di Palembang, hari Rabu (2/3).

Hasan menjelaskan  cendera mata yang dijual seperti kotak tisu, dompet wanita dan pria serta tas wanita berbahan songket khas Palembang.

Kemudian ada juga miniatur Jembatan Ampera, rumah limas, guci, gantungan kunci, jilbab dan sebagainya dengan harga bervariasi.

Ia menjelaskan harga cendera mata itu yang paling murah Rp 15.000, sedangkan yang paling mahal Rp 250.000 untuk tas wanita dari bahan baku songket.

Hasan menjelaskan  untuk kain songket harganya mulai Rp 2 juta hingga Rp 50 juta per lembar.

Di tempat terpisah di Sampit, Kalimantan Tengah sektor hunian hotel dalam rangka menyambut Gerhana Matahari Total masih sepi pemesan.

Manajer Komunikasi Hotel Aquarius Sampit, Ogto mengatakan  tamu yang akan menyaksikan GMT tersebut manajemen Hotel Aquarius menyediakan sedikitnya 30 kamar. Dari jumlah kamar yang telah disediakan itu sampai saat ini baru 50 persen yang dipesan.

"Yang sudah memastikan menginap di hotel kami sampai saat ini baru 10 orang. Kami juga belum bisa mengetahui apakah kamar hotel yang dipesan itu akan ditempati wisatawan asing atau bukan, namun yang jelas pemesannya warga kita," katanya. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home