Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:16 WIB | Jumat, 24 Mei 2024

Selama Penyelenggraan WWF Dilakukan Operasi Modifikasi Cuaca di Bali dan Lombok

Peta lokasi operasi modifikasi cuaca. (Foto: BNPB)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Bali yang menjadi lokasi acara World Water Forum 2024 atau WWF ke-10.

Operasi TMC yang dilaksanakan dari tanggal 18 hingga 20 mei 2024 ini sudah berhasil menebar total bahan semai Natrium Chlorida (NaCL) sebanyak 6.000 kilogram dilangit Bali dengan rincian hari pertama 2.000 kilogram dan hari kedua 4.000 kilogram.

Operasi TMC ini menargetkan awan potensial seperti pertumbuhan awan Cumulus Congestus yang dapat mencapai area target.

Pesawat berjenis Cessna Caravan 208B dengan registrasi PK-SNM ini melakukan operasi TMC penyemaian di sekitar wilayah Provinsi Bali bagian Utara, Tengah, dan Timur serta Lombok Utara untuk menghalau awan potensial mencapai area target. Untuk operasi hari ini (20/5) dilakukan penyemaian di areal perairan Bali dan NTB.

BNPB, BMKG, BRIN dan unsur lainnya bekerjasama dalam operasi TMC ini dengan tujuan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem selama kegiatan WWF ke-10 di Provinsi Bali. Diharapkan dengan adanya operasi TMC ini, dapat turut mensukseskan acara WWF dengan melakukan mitigasi dan mengantisipasi potensi risiko bencana.

Kunjungan Posko TMC

Pada hari kedua (19/5) Posko TMC yang berada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mendapatkan kunjungan dari Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik dan Perikanan Tunisia, Abdelmonaam Belaati.

Dalam kunjungannya, Abdelmonaam Belaati menyempatkan berbincang dengan para petugas tim TRC dan mendapatkan penjelasan mekanisme alur proses operasi TMC. Abdelmonaam Belaati merespon positif upaya pemerintah pusat dalam hal melakukan mitigasi potensi cuaca ekstrem terlebih dalam sebuah pelaksanaan acara internasional.

Lebih lanjut, operasi TMC ini mempunyai banyak manfaat dibeberapa bidang. Bukan tidak mungkin bahwa operasi TMC ini akan diadopsi di negaranya dengan mempertimbangkan kondisi cuaca dan kondisi geografisnya.

World Water Forum ke-10 mengusung tema besar Water for Shared Prosperity. Forum ini menghasilkan deklarasi tingkat menteri sebagai keluaran utama, yang disertai dengan kompendium atau concrete deliverables.

Agenda internasional ini bertujuan untuk menyajikan pengetahuan tentang penilaian air secara global, tantangan dan solusi konkrit. Dengan begitu, pendalaman isu-isu terkini diberbagai sektor seputar air dapat menghasilkan komitmen politik untuk perbaikan pengelolaan air kedepannya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home