Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:19 WIB | Jumat, 24 Mei 2024

Tornado Melanda Iowa, AS Saat Badai Dahsyat Melanda Midwest, Diduga Banyak Korban

Orang-orang bekerja di antara reruntuhan rumah akibat tordano pada hari Selasa (21/5) di Greenfield, Iowa, AS. (Foto: AP/Charlie Neibergall)

GEENFIELD-IOWA, SATUHARAPAN.COM-Banyak orang tewas ketika tornado melanda Greenfield dan menyebabkan banyak rumah hancur, mobil roboh, dan pepohonan patah, sementara di luar kota kecil di Iowa, turbin angin berukuran besar tertekuk dan terpelintir hingga jatuh ke tanahakibat kencangnya angin yang menderu.

Setelah menghancurkan kota berpenduduk 2.000 jiwa pada hari Selasa (21/5), badai bergerak ke arah timur menghantam sebagian Illinois dan Wisconsin, memutus aliran listrik ke lebih dari 130.000 pelanggan di kedua negara bagian tersebut.

Rumah sakit Greenfield termasuk di antara bangunan yang rusak di kota itu, yang berarti setidaknya selusin orang yang terluka harus dibawa ke fasilitas lain, menurut Sersan Patroli Negara Bagian Iowa, Alex Dinkla.

“Sedihnya kami dapat memastikan bahwa ada korban jiwa,” kata Dinkla pada konferensi pers hari Selasa (21/5) malam, tanpa menyebutkan berapa jumlahnya. “Kami masih menghitungnya saat ini.”

Dia mengatakan dia mengira mereka telah menghitung seluruh penduduk kota itu, tetapi pencarian akan dilanjutkan jika ada yang dilaporkan hilang. Sistem Kesehatan Kabupaten Adair mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada Selasa malam bahwa mereka telah mendirikan pusat triase di sekolah menengah Greenfield dan orang-orang yang membutuhkan perhatian medis harus pergi ke sana.

Tornado tersebut menghancurkan sebagian besar Greenfield, yang terletak sekitar 55 mil (90 kilometer) barat daya Des Moines, pada siang hari yang menyaksikan banyak tornado, hujan es, dan hujan lebat di beberapa negara bagian.

Pihak berwenang mengumumkan jam malam wajib di kota tersebut dan mengatakan mereka hanya akan mengizinkan penduduk memasuki Greenfield hingga hari Rabu pagi. Mereka juga memerintahkan perwakilan media untuk meninggalkan kota pada Selasa malam.

Setelah badai terjadi, gundukan kayu pecah dari rumah, dahan, bagian mobil, dan puing-puing lainnya berserakan di tempat bekas rumah-rumah berdiri. Beberapa pohon yang masih berdiri telah dicabut dahan dan daunnya. Warga saling membantu menyelamatkan perabotan dan barang-barang lainnya yang berserakan di segala penjuru.

Rogue Paxton mengatakan dia berlindung di ruang bawah tanah rumahnya ketika badai melanda. Dia mengatakan kepada WOI-TV bahwa dia mengira rumahnya hilang, namun dia mengatakan bahwa keluarganya beruntung.

“Tetapi yang lainnya tidak begitu, seperti saudara laki-laki saya Cody, rumahnya baru saja disapu bersih,” kata Paxton. “Kemudian Anda melihat semua orang di sini saling membantu. ... Semuanya akan baik-baik saja karena kita memiliki satu sama lain, tapi itu akan menjadi sangat, sangat sulit. Ini berantakan.”

Beberapa tornado dilaporkan terjadi di seluruh negara bagian itu, dan satu tornado juga tampaknya menghancurkan beberapa turbin angin setinggi 250 kaki (76 meter) di barat daya Iowa. Beberapa turbin terbakar, menimbulkan kepulan asap ke udara. Ladang angin dibangun untuk menahan tornado, angin topan, dan angin kencang lainnya.

Greenfield menyebut dirinya di situs webnya sebagai tempat yang “bersahabat dengan ombak saat Anda berjalan” dengan jalanan yang dipenuhi pepohonan – sebelum badai – dan sebagai “tempat yang sempurna untuk bertumbuh.”

Mary Long, pemilik Long’s Market di pusat kota Greenfield, mengatakan bahwa dia berhasil melewati badai di bisnisnya di alun-alun kota bersejarah komunitas tersebut, yang sebagian besar lolos dari kerusakan. Long mengatakan tampaknya kerusakan meluas di sisi timur dan selatan kota. “Saya bisa mendengar suara gemuruh ini, seperti pepatah kereta barang, dan kemudian selesai begitu saja,” katanya.

Gubernur Kim Reynolds mengatakan dia berencana mengunjungi Greenfield pada Rabu pagi. “Baru beberapa pekan yang lalu tornado melanda beberapa komunitas Iowa lainnya, dan sulit dipercaya hal ini terjadi lagi,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Warga Iowa kuat dan tangguh, dan kita akan melewati ini bersama-sama.”

Iowa telah bersiap menghadapi cuaca buruk setelah Pusat Prediksi Badai dari Layanan Cuaca Nasional memberikan peluang besar bagi sebagian besar negara bagian tersebut untuk mengalami badai petir hebat dengan potensi tornado kuat. Peringatan badai dan tornado diterapkan di Wisconsin pada Selasa malam dan malam.

Sebelumnya pada hari itu, penduduk di sebelah barat di Omaha, Nebraska, terbangun karena sirene yang menggelegar dan pemadaman listrik yang meluas ketika hujan lebat, angin kencang, dan hujan es besar melanda daerah tersebut. Banjir melanda ruang bawah tanah dan menenggelamkan mobil. Stasiun televisi KETV menunjukkan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan orang-orang dari kendaraan.

Di Illinois, badai debu menyebabkan pihak berwenang menutup dua jalan antar negara bagian karena jarak pandang yang rendah.

Badai tersebut terjadi setelah cuaca ekstrem selama berhari-hari yang melanda sebagian besar wilayah tengah negara itu. Angin kencang, hujan es lebat dan tornado menyapu sebagian wilayah Oklahoma dan Kansas pada hari Minggu malam, merusak rumah-rumah dan melukai dua orang di Oklahoma.

Badai lainnya pada Senin malam melanda Colorado dan Nebraska bagian barat dan menyaksikan kota Yuma, Colorado, diselimuti hujan es sebesar bola bisbol dan bola golf, mengubah jalanan menjadi sungai air dan es.

Di Texas, badai mematikan melanda wilayah Houston pekan lalu, menewaskan sedikitnya delapan orang. Meskipun Badai yang terjadi pada hari Kamis mematikan ratusan ribu listrik selama berhari-hari, menyebabkan banyak orang berada dalam kegelapan dan tanpa AC selama cuaca panas dan lembab. Angin kencang menghancurkan tempat usaha dan bangunan lainnya menjadi puing-puing dan pecahan kaca di gedung pencakar langit di pusat kota.

Bob Oravec, ketua peramal cuaca di Layanan Cuaca Nasional, mengatakan sistem tersebut diperkirakan akan berbelok ke selatan pada Rabu, membawa cuaca yang lebih buruk ke beberapa bagian Texas, Oklahoma, Arkansas, dan Missouri selatan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home