Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:47 WIB | Sabtu, 11 Februari 2017

Senat AS Setujui Pengecam Obamacare Menjadi Menkes

Tom Price. (Foto: PolitiFact)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Senat Amerika Serikat (AS) pada hari Jumat (10/2) mengonfirmasi Tom Price sebagai pilihan Presiden Donald Trump untuk menjadi menteri kesehatan, menunjuk seorang pengecam Obamacare yang ingin menjalankan janji Republik untuk mencabut undang-undang reformasi layanan kesehatan itu.

Price, anggota kongres dari Georgia sekaligus mantan dokter bedah ortopedi, dikonfirmasi sebagai kepala Kementerian Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan melalui suara partai dengan selisih tipis, dengan 52 suara memilih dari Republik dan 47 suara menolak dari Demokrat.

Mengumumkan Price (62) sebagai pilihannya bulan lalu, Trump menilainya “sangat memenuhi kualifikasi untuk mamandu komitmen kami dalam mencabut dan mengganti Obamacare serta memberikan layahan kesehatan terjangkau dan mudah diakses bagi setiap warga Amerika.”

Namun, para senator Demokrat berargumen menolak konfirmasi Price saat sidang yang berlangsung hingga Jumat dini hari. Mereka mengatakan Price akan menyakiti jutaan warga Amerika yang bergantung pada reformasi layanan kesehatan yang dicetuskan mantan presiden Barack Obama tersebut.

Secara resmi dikenal dengan nama Undang-Undang Layanan Terjangkau, langkah itu menyediakan penggantian biaya kesehatan bagi 20 juta warga Amerika dan menekan tingkat orang yang tidak mendapat asuransi menjadi kurang dari 10 persen, terendah dalam sejarah. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home